-->

iklan banner

Cara Merawat Motor Matic Injeksi Dan Karburator Semoga Awet

Cara Merawat Motor Matic – Perawatan sepeda motor harus dilakukan secara terpola supaya kondisi motor selalu terjaga. Hal tersebut juga berlaku bagi motor matic bermesin injeksi ataupun masih karburator. Perawatan motor matic juga tidak berbeda jauh dengan motor angsa ataupun motor sport. Dimana kita harus selalu melaksanakan perawatan secara rutin untuk mengecegah kerusakan yang tidak dinginkan.


Semua orang niscaya menginginkan motor miliknya nyaman dikendarai dan terhindar dari kerusakan mesin ataupun potongan lainnya. Oleh alasannya ialah itulah kita harus melaksanakan perawatan motor matic secara rutin. Namun sayangnya masih banyak orang yang masa ndeso terhadap kondisi motor miliknya, sehingga sering kali membiarkannya begitu saja tanpa melaksanakan perawatan.




Lagi pula cara merawat motor matic tergolong simpel dan biayanya tak terlalu besar. Palingan kita hanya butuh uang untuk membeli oli ataupun mengganti beberapa komponen yang mengalami kerusakan dikarenakan masa pakainya sudah habis. Yah, semua komponen motor niscaya mempunyai masa pakai. Apabila umurnya sudah terlalu tua, maka harus diganti dengan yang baru.


Bagi motor matic yang tidak pernah dirawat, tentu komponennya akan cepat rusak. Bahkan beberapa komponen harus diganti sebelum masa pakainya habis. Untuk menghindari hal itu, lebih baik kita meluangkan waktu sejenak untuk melaksanakan perawatan rutin pada moto yang kita miliki. Lalu bagaimana cara merawat motor matic yang sempurna ? Nah unuk mengetahui bagaimana caranya, silahkan simak dibawah ini


Tips Cara Merawat Motor Matic Agar Awet Perawatan sepeda motor harus dilakukan secara terpola supaya kondisi motor selalu terjaga Cara Merawat Motor Matic Injeksi dan Karburator Agar Awet


1. Ganti Oli Secara Berkala


Mengganti oli secara terpola merupakan kewajiban semua pemilik kendaraan bemotor, tak terkecuali motor matic Injeksi maupun Karburator. Tujuannya ialah untuk menjaga komponen mesin dari korosi dan keausan, sehingga motor tetap nyaman dikendarai. Selain itu, penggantian oli juga mencegah mesin mengalami overheat yang sanggup berakibat terhadap kerusakan komponen mesin dan menciptakan pemakaian materi bakar menjadi lebih boros.


2. Memilih Oli Matic Yang Tepat


Ada berbagai pilihan oli motor matic terbaik di Indonesia, menyerupai buatan Motul, Federal, Yamalube, Shell Advance Scooter, dll. Setiap jenis oli mempunyai karakteristik berbeda-beda yang harus diubahsuaikan dengan spesifikasi motor matic yang dimiliki. Masbro harus menentukan oli dengan tingkat kekentalan yang pas sesuai yang dianjurkan masing-masing pabrikan. Itu artinya kita dilarang sembarangan menentukan oli, alasannya ialah kana sangat besar lengan berkuasa terhadap performa dan kesehatan mesin.


3. Rutin Memanaskan Mesin Di Pagi Hari


Tujuan memanaskan mesin motor matic ialah supaya oli mencapai suhu optimal dalam melumasi seluruh potongan mesin sehingga semua komponen mesin sanggup bekerja secara optimal. Masbro hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit hingga akhinya motor siap digunakan. Apabila cara merawat motor matic ini tidak dilakukan, maka sanggup berakibat motor menjadi brebet dan terasa kurang bertenaga.


4. Jangan Kehabisan Bensin


Banyak orang beranggapan bahwa kehabisan bensin akan menciptakan motor matic injeksi mengalami kerusakan. Sebenarnya anggapan tersebut salah besar, alasannya ialah kehabisan bensin tidak akan berpengarun apa-apa terhadap kesehatan mesin. Namun ada baiknya kita jangan hingga kehabisan bensin yang otomatis menciptakan motor menjadi mogok atau tidak sanggup dihidupkan.


5. Mengecek Kondisi Vanbelt dan Roller


Motor matic membutuhkan Vanbelt untuk menghubungkan mesin dengan roda. Vanbelt tersebut terbuat dari karet yang sewaktu-waktu sanggup putus alasannya ialah di makan usia. Masa paka Vanbelt sekitar 20.000 hingga 25.000 km. Makara apabila sudah melewati itu, maka cara merawat motor matic yang paling sempurna ialah dengan mengganti Vanbelt. Selain itu, jangan lup menyidik kondisi roller yang menjadi satu potongan dengan Vanbelt.


6. Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas


Cara merawat motor matic selanjutnya ialah menggunakan bakan bahar berkualitas. Masbro harus menggunakan materi bakar yang kadar oktan sesuai dengan yang disarankan pabrikan. Semakin tinggi kadar oktan atau ron sebuah materi bakar, maka semakin baik kualitasnya. Namun bagi pengguna motor matic bermesin 150cc ke bawah, maka menggunakan Pertalite atau Pertamax sudah lebih dari cukup. Sedangkan untuk motor matic 250cc ke atas, kami sarankan menggunakan Pertamax atau Pertamax Turbo.


7. Mengganti Oli Shockbreaker


Kenyamanam motor matic sangat bergantung dari shockbeaker. Apabila shockbreaker tak pernah dirawat, maka oli yang ada didalamnya akan mengering, sehingga shockbreaker terasa keras dan kurang empuk. Oleh alasannya ialah itulah kami sarankan untuk mengganti oli shock motor setiap 10.000 km supaya kondisi shockbreaker selalu terjaga. Selain itu, teman juga sanggup mengganti shock bawaan dengan shock yang lebih berkualitas, menyerupai buatan Ohlins atau YSS.


8. Menggunakan Nitrogen


Perawatan pada potongan ban juga sangat penting. Apabila ban sudah gundul, maka harus segera diganti. Selain itu, kami sarankan untuk menggunakan Nitrogen supaya angin di dalam ban menjadi lebih stabil. Pasalnya partikel molekum pada nitrogen lebih besar dibandingkan angin biasa sehingga menciptakan ban tidak simpel kempes.


9. Perawatan Pada Aki


Kami rasa semua pemilik sepeda motor pernah mengalami aki soak atau ngedrop. Ada banyak faktor yang mengakibatkan aki mengalami kerusakan, menyerupai pemakaian aksesoris yang berlebihan, air aki kurang, hingga aki sudah berumur. Nah supaya kondisi aki selalu terjaga, maka masbo harus selalu melaksanakan pengecekan terhadap kondisi aki. Kami juga menyarankan untuk mengurangi pemakaian aksesoris yang berhubung dengan sistem kelistrikan, menyerupai klakson, lampu projie, dll.


10. Memacu Motor Pada Kecepatan Stabil


Terlalu sering memacu motor matic pada kecepatan tinggi, tentu akan sangat besar lengan berkuasa terhadap kesehatan komponen mesin. Pasalnya komponen mesin akan bekerja terlalu keras untuk menghasilkan akselerasi yang maksimal. Terlebih jikalau kecepatan berkendara tidak stabil, tentu sanggup merusak mesin serta vanbelt motor matic. Makara cara merawat motor matic yang paling sempurna ialah dengan cara menstabilkan kecepata gas supaya komponen mesin tak bekerja terlalu ekstra.


11. Hindari Membawa Beban Berlebihan


Setiap pabrikan memberi batasan beban maksimal yang sanggup diangkut motor matic. Apabila membawa beban terlalu berat, maka sanggup menjadikan kerusakan pada shockbreaker dan menjadikan mesin bekerja terlalu ekstra. Oleh alasannya ialah itulah kami menyaranan untuk menghindari membawa beban terlalu berat yang melebihi batas maksimal yang disarankan setiap pabrikan.


11. Jangan Menerjang Banjir


Sering kali motor matic mengalami kerusakan yang dikarenakan knalpot kemasukan air. Biasanya hal tersebut terjadi pada motor matic yang melewati jalanan tergenang banjir. Berkaca akan hal itu, maka cara merawat motor matic yang paling sempurna ialah menghindari jalanan banjir. Apabila terpaksa melewatinya, maka pilihlah jalan yang banjirnya tak hingga melewati batas lubang knalpot.


12. Service Rutin Di Bengkel


Dengan service secara berkala, maka kita sanggup mengetahui semua kondisi potongan motor, sehingga sanggup mengetahui apabila ada potongan motor yang mengalami kerusakan. Biasanya service rutin mencakup penggantian oli, investigasi karburator, hingga setinggi injeksi. Kami sendiri menyarankan untuk service rutin dibengkel resmi, sehingga sanggup membeli spare-part original apabila ada yang berlu diganti.


13. Rajin Mencuci Motor


Ada pepatah yang mengatakan, bahwa Kebersihan Pangkal Kesehatan. Yah, pepatah tersebut memang benar adanya. Pasalnya motor matic yang selalu dicuci akan terhindari dari kotoran-kotoran yang apabila dibiarkan saja sanggup mengakibatkan karatan.


14. Memakai Spare Part Original


Kualitas spare part sangat besar lengan berkuasa dari mereknya. Kami sendiri lebih menyarankan menggunakan spare part original yang sediakan setiap pabrikan. Pasalnya kualitas spare part original sudah niscaya sangat baik dan sudah sesuai standar yang ditetapkan masing-masing pabrikan. Meskipun dari segi harga sedikit lebih mahal, namun akan sebanding dengan kualitas yang didapatkan.


15. Menjaga Tekanan Angin Ban


Selain menggunakan nitrogen, salah cara merawat motor matic injeksi maupun karburator ialah dengan menjaga tekanan angin ban. Jangan hingga mengendarai motor matic dalam keadaan ban kembes, alasannya ialah sanggup merusak velg dan menciptakan motor kurang nyaman dikendarai.









Kesimpulan


Nah itulah bermacam-macam cara merawat motor matic injeksi ataupun karburator supaya motor tetap nyaman dikendarai dan awet. Bisa dikatakan perawatan motor matic gampang-gampang susah. Yang paling penting kita harus melaksanakan perawatan secara rutin untuk mengetahui kondisi setiap komponen motor, mulai dari kaki-kaki, mesin, body, aki, ban, dan bermacam-macam komponen lainnya.






Overall

5














































Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Syarat Membuat SKCK Cek Dinamo Starter Mobil
Cara Cek Plat Nomor Motor Harga Oli Shell Helix 

Dengan melakun perawatan secara rutin, tentu kondisi motor akan selalu terjaga yang otomatis menciptakan motor matic semakin nyaman dikendarai tanpa perlu mengalami duduk masalah kerusakan yang sering kali membutuhkan budget cukup besar. Nah cukup sekian gosip cara merawat motor matic injeksi dan karburator kali ini, semoga tips otomotif di atas bermanfaat bagi pengunjung otomotifo.com



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merawat Motor Matic Injeksi Dan Karburator Semoga Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel