-->

iklan banner

Ciri-Ciri Dan Manfaat Tanah Gambut

Tanah gambut merupakan jenis tanah yang mempunyai kandungan materi organik tinggi yang terbe Ciri-Ciri dan Manfaat Tanah Gambut
Tanah gambut banyak terdapat pada lahan-lahan lembap ibarat rawa-rawa, pantai, air payau atau cekungan.

Tanah gambut merupakan jenis tanah yang mempunyai kandungan materi organik tinggi yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang belum sepenuhnya membusuk alasannya kondisi lingkungan yang miskin hara dan jenuh air. Lahan gambut mempunyai lapisan tanah hasih pelapukan sisa-sisa tumbuhan, lumut, sampai hewan mati yang umurnya sudah jutaan tahun. Tanah gambut banyak terdapat pada lahan-lahan lembap ibarat rawa-rawa, pantai, air payau atau cekungan.


Secara umum tanah gambut mempunyai unsur hara dan tingkat kejenuhan basa (KB) yang rendah sedangkan kadar keasamannya (pH) tinggi. Indonesia mempunyai lahan gambut yang tersebar luas di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Papua yang mencapai ketebalan 1-12 meter.


Ciri-ciri Tanah Gambut


Tanah gambut merupakan jenis tanah yang mempunyai kandungan materi organik tinggi yang terbe Ciri-Ciri dan Manfaat Tanah Gambut
Tanah gambut berwana kecoklatan (gelap) dengan tekstur yang lembek/lunak.

Berikut ciri-ciri tanah gambut:



  1. Gambut mempunyai tekstur yang lunak, lembek, lembap dan apabila ditekan dengan keras, akan keluar kandungan air yang tedapat di dalamnya

  2. Banyak terdapat pada kondisi lembap ibarat rawa-rawa

  3. Sifatnya asam

  4. Warnanya cokelat renta atau coklat kemerahan (gelap)


Manfaat Tanah Gambut


Berikut manfaat tanah gambut yang berhasil kami sadur:


1. Lahan pertanian


Tanah gambut merupakan jenis tanah yang mempunyai kandungan materi organik tinggi yang terbe Ciri-Ciri dan Manfaat Tanah Gambut
Pemanfaatan lahan gambut sebagai lahan pertanian ibarat sayur-sayuran.

Pembibitan yang dilakukan di tanah gambut mempunyai tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan tanah biasa, juga menghasilkan bibit yang lebih kokoh dan kuat. Pemanfaatan lahan tanah gambut sebagai lahan pertanian cukup menjanjikan utamanya untuk sayuran, buah-buahan, dan pertanian ibarat kopi, kelapa sawit, kelapa, dan karet.


2. Lahan peternakan


Tanah gambut tidak hanya dimanfaatkan sebagai lahan peternakan tetapi mempunyai kegunaan juga sebagai lokasi peternakan ibarat unggas dan sapi. Hal ini terjadi ampir di beberapa provinsi di Indonesia.


3. Lahan sumber air


Tanah gambut sangat bermanfaat sebagai tanah resapan, sumber air, dan cadangan air. Lahan gambut mempunyai kemampuan sebagai tempat menampung aur hujan sehingga kawasan yang mempunyai lahan gambut akan menjadi sumber air yang bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang.


4. Mengurangi pemanasan global


Keberadaan lahan gambut juga sangat penting dalam mengurangi efek pemanasan global. Lahan gambut mamp menahan gas-gas rumah beling (seperti metan dan karbon) yang merupakan salah satu penyebab terjadi perubahan iklim dan pemanasan global.


5. Sumber energi


Tanah gambut sanggup dijadikan sebagai sumber energi. Bahan dari tanah gambut sanggup dibentuk menjadi briket yang dipakai sebagai materi bakar.


Bahan gambut di Indonesia diketahui mempunyai mutu tinggi alasannya kandungan abun yang dimilikinya tergolong rendah dengan nilai kalori yang tinggi. Gambut juga sanggup diolah menjadi tenaga listrik di pedesaan yang belum terjangkau PLN.


6. Pupuk


Tanah gambut sanggup diolah menjadi pupuk yang sangat diminati dunia internasional.


Itulah isu mengenai ciri-ciri dan manfaat tanah gambut. Semoga infromasi ini bermanfaat 🙂


Temukan aneka macam kebutuhan berkebun Anda di bibitbunga.com. Cek yukkk ada produk apa aja yang kami jual disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-Ciri Dan Manfaat Tanah Gambut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel