-->

iklan banner

Materi Besaran Vektor Dan Besaran Skalar

Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar - Selamat pagi mitra - mitra semua. Jumpa lagi nih dengan ilmu sains online. Pada pertemuan kita kemarin, kita telah membahas perihal Besaran dan Satuan. Nah, pada pertemuan kita pagi hari ini, Kita akan berguru mengenai besaran vektor. Besaran Vektor merupakan salah satu sub penggalan yang ada didalam bahan besaran dan satuan. Kalian ada yang tahu apa itu Vektor? Jika belum, simak saja bahan berikut ini.

Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar
Google Image - Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar
Pengertian dan pembahasan Materi Vektor. Sebelum kita masuk kedalam bahan yang lebih dalam lagi mengenai vektor, Kita harus paham terlebih dahulu mengenai besaran. Secara umum, besaran - besaran yang ada didalam ilmu fisika dibedakan menjadi dua, yaitu Besaran Vektor dan Besaran Skalar. Apa sih pengertian kedua besaran tersebut? Yuk simak klarifikasi lengkap mengenai vektor berikut ini.


Pengertian dan Pembahasan Besaran Vektor dan Skalar


Seperti yang telah ilmu sains online jelaskan, bahwa besaran dibagi menjadi dua yaitu Besaran Vektor dan Besaran Skalar. Besaran Vektor merupakan besaran yang mempunyai nilai, besaran dan arah. Sedangkan Besaran Skalar yaitu Besaran yang hanya mempunyai nilai dan besaran saja, tidak mempunyai arah. Berikut ini istilah - istilah dalam besaran Vektor.

1. Resultan


Pengertian resultan adalah jumlah dari dua fektor. Suatu operasi penjumlahan atau pengurangan vektor sanggup dilakukan dengan cara analitis yaitu dengan cara menciptakan jajar genjang atau persegi dimana vektor yang dijumlahkan dan dikurangkan menjadi sisi - sisi dari jajar genjang atau persegi tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini:


F1 dan F2 merupakan gaya - gaya sedangkan R merupakan Resultan. Dari gambar tersebut, kita sanggup melihat bahwa besaran fektor tesebut mempunyai arah yaitu searah Resultan. 

2. Penguraian Vektor


Sebuah vektor sanggup diuraikan menjadi dua buah vektor yang tegak lurus dimana komponen vektor diuraikan kedalam sumbu x dan y. dari gambar diata, kita sanggup tahu bahwa F1 sanggup kita misalkan sebagai sumbu y dan F2 kita misalkan sebagai sumbu x. masing - masing dari sumbu tersebut memilik nilai yang berbeda.


Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar - Nah, inilah bahan yang sanggup ilmu sains online berikan untuk mitra - mitra semua. Bagi kalian yang belum faham, sanggup eksklusif ditanyakan saja. Saya harap kalian sanggup mendapat ilmu sesudah membaca artikel diatas. Besok kita akan bertemu kembali dengan bahan gres dan lebih menarik lagi ya mitra - kawan. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Besaran Vektor Dan Besaran Skalar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel