Panduan Lengkap Tata Cara Registrasi Stan
Pendaftaram STAN tahun 2017 kemudian dilaksanakan pada tanggal 9-31 Maret 2017. Untuk tahun 2018, ketika ini belum ada info resmi mengenai jadwal pendaftaran STAN. Kaprikornus panduan ini dibentuk berdasarkan info tahun 2017 lalu.
***
Di SBMPTN atau di ujian masuk PTN, biasanya pendaftaran dilaksanakan secara online. Kaprikornus sehabis kau mendaftar dan membayar, maka kau sudah sanggup pribadi mendapat nomor penerima ujian dan tinggal pribadi tiba ke daerah ujian pada hari H.
Di PKN STAN, dan beberapa Perguruan Tinggi Kedinasan lainnya, BERBEDA. Tidak sesederhana itu.
Mulai beberapa tahun ini, pendaftaran STAN terintegrasi dengan Panselnas Menpan. Kaprikornus kau mesti mendaftar di dua website yang berbeda. Lalu tahapan verifikasi pendaftaran yang mana mengharuskan semua penerima tiba sendiri pribadi ke lokasi ujian. Kaprikornus technically, menurutku, pendaftaran STAN lebih ribet daripada ujian lain menyerupai SBMPTN atau seleksi mandiri.
So, buat kau yang pengen masuk STAN, kau mesti perhatikan dengan secama hukum dan ketentuan pendaftaran USM STAN.
Di artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan sekaligus menyederhanakan alur atau proses tata cara pendaftaran STAN dengan tetap menjaga detail informasi.
Karena namanya Panduan Super Lengkap, maka goresan pena ini akan cukup panjang, jadi saya saranin buat bookmark artikel ini di HP atau komputermu. Artikel ini akan saya update apabila info pendaftaran PKN STAN tahun 2018 sudah keluar.
Alur Pendaftaran USM STAN
Secara umum tata cara pendaftraan STAN saya bagi menjadi 4 tahap:
- Pendaftaran di web Panselnas Menpan
- Pendaftaran di web STAN
- Pengumuman jadwal verifikasi
- Verifikasi berkas ke lokasi ujian
Oke masing-masing tahap akan coba saya jelasin detailnya di bawah:
1. Pendaftaran di website Panselnas Menpan
Sebelum kau mendaftar di website Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), dalam hal ini PKN STAN, kau diharuskan daftar dulu di website Panselnas Menpan.
Di web Panselnas, kau tinggal mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), yang ada di KTP atau KK, dan Nomor Kartu Keluarga. Setelah masukin 2 nomor tersebut, kau akan diminta masukan email dan PTK yang kau tuju. Kalau kau pengen daftar STAN maka kau pilih STAN.
Tapi yang perlu diperhatikan…
Misalnya kau menentukan STAN, trus ternyata ada salah satu persyaratan di pendaftaran STAN yang ga sanggup kau penuhi, maka kau sudah ga sanggup daftar STAN dan ga sanggup pindah PTK lagi!
Oleh alasannya itu baca baik-baik syarat masuk STAN berikut:
- Lulusan (untuk tahun 2016 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2017) Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat (SMK, MA, MAK) untuk semua bidang keahlian/jurusan.
- Persyaratan untuk lulusan 2016 dan sebelumnya: Nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah atau ijazah sementara/SKL/SKHUN (bagi lulusan tahun 2016 yang pada ketika pendaftaran belum memperoleh ijazah) tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.
- Persyaratan untuk lulusan 2017: nilai rata-rata raport tidak kurang dari 70,00 (tujuh koma nol nol) untuk nilai skala 100,00 atau 2,80 untuk nilai skala 4,00.
- Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazahtidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2017 (lahir sehabis 1 September 1997).
- Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif ilegal lainnya).
- Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
- Khusus Program Studi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
a. Untuk Program Studi Diploma I:
− Laki-laki tinggi tubuh minimal 165 cm;
− Perempuan tinggi tubuh minimal 155 cm;
b. Untuk Program Studi Diploma III:
− Berjenis kelamin dengan tinggi tubuh minimal 165 cm;
c. Tidak buta warna;
d. Untuk pengguna beling mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan atau silindris sanggup diberikan toleransi maksimal hingga ukuran 2 dioptri. - Menyetor biaya pendaftaran USM sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan biaya yang dikeluarkan akhir transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.
Apabila kau sudah yakin memenuhi persyaratan di atas, silakan menentukan STAN.
Setelah submit kau akan mendapat username (NIK), password, dan link pendaftaran di email sesuai PTK yang lo pilih.
2. Pendaftaran di website PKN STAN
Setelah kau mendaftar di panselnas, maka langkah selanjutnya yakni mengisi form pendaftaran di website USM STAN.
Untuk login, kau sanggup pribadi menggunakan NIK dan password yang kau sanggup dari Panselnas Menpan.
Lalu kau akan diminta untuk memasukkan data-data sebagai berikut:
- Nama lengkap
- Jenis identitas berfoto (KTP/SIM/Paspor)
- Nomor identitas
- Nomor telepon/HP
- Jenis kelamin
- Tempat tanggal lahir dan umur akan terisi secara otomatis
- Jenis sekolah
- Nama Sekolah
- Jurusan sekolah
- Provinsi sekolah
- Kabupaten/kota sekolah
- Tahun lulus
- Calon lulusan 2017 mengisi nilai rapor
- Untuk lulusan 2016 dan 2015 mengisi nilai ijazah
- Rata-rata nilai akan terisi secara otomatis
- Tinggi badan
- Lokasi ujian
- Kesehatan mata
- Pilihan aktivitas studi
Beberapa poin yang perlu komplemen klarifikasi adalah:
a. Pengisian nilai rapor untuk lulusan 2017
- Nilai yang tertera pada RAPOR masing-masing TIAP SEMESTER.
- Jumlah pelajaran yang dimasukkan yakni jumlah pelajaran yang tertera pada RAPOR masing- masing TIAP SEMESTER.
- Perhitungan nilai RAPOR pada aplikasi, penerima sanggup menentukan untuk menggunakan SKALA 0- 100,00 atau 0-4,00.
- Bagaimana bila nilai semester di RAPOR menggunakan 2 macam skala, misal semester I – III menggunakan skala 0-100,00 dan semester IV – V menggunakan skala 0-4,00? Untuk perhitungan nilai tiap semester, menggunakan skala yang sama 0-100,00 atau 0-4,00. Silakan meminta DOKUMEN RESMI dari Sekolah masing-masing yang SESUAI dengan skala nilai yang akan dipilih pada aplikasi. Misal Anda menentukan skala 0-100,00 pada aplikasi, maka Anda harus mempunyai dokumen resmi dari sekolah yang berisi nilai dalam skala 0-100,00 untuk semester IV – V. Begitu juga kalau Anda menentukan skala 0-4,00 pada aplikasi, maka Anda harus mempunyai dokumen resmi dari sekolah yang berisi nilai dalam skala 0-4,00 untuk semester I – V.
- Nilai RATA-RATA MINIMAL yang diperkenankan untuk mendaftar yakni 70,00 untuk skala 0- 100,00 dan 2,80 untuk skala 0-4,00.
Contoh pertama:
Jumlahkan semua nilai angka mata pelajaran pada bab PENGETAHUAN. Dari gambar berikut ini sanggup dihitung: Jumlah Nilai = 90 + 87 + 89 + 84 + 81 + 80 + 85 + 83 + 86 + 82 + 87 + 93 + 84 + 82 = 1193 Jumlah Mata Pelajaran = 6 + 3 + 5 = 14
Contoh kedua:
Jumlahkan semua nilai angka mata pelajaran pada bab PENGETAHUAN. Dari gambar berikut ini sanggup dihitung:
Jumlah Nilai = 3.33+3.33+3.00+3.00+3.33+3.00+3.33+3.00+3.00+3.00+3.33+3.33+3.86+3.33+3.33= 48.5
Jumlah Mata Pelajaran = 6 + 3 + 6 = 15
Contoh ketiga (gabungan dari 5 semester terakhir):
Jumlahkan semua nilai angka mata pelajaran pada bab PENGETAHUAN, kemudian dibagi dengan jumlah mata pelajarannya. Dari gambar 1 sanggup dihitung:
- Nilai Kelas X Semester I 85+89+83+81+85+84+85+82+81+82+86+85+91+85+86 = 1270 (15 matpel)
- Nilai Kelas X Semester II 85+92+84+81+85+83+85+83+83+82+88+84+81+84+87 = 1267 (15 matpel)
- Nilai Kelas XI Semester I 87+83+81+79+85+86+88+85+85+83+82+91+83+90 = 1188 (14 matpel)
- Nilai Kelas XI Semester II 91+88+92+92+93+91+92+92+94+91+88+95+98+96 = 1293 (14 matpel)
- Nilai Kelas XII Semester I 93+90+95+95+94+93+95+92+94+95+96+96+94+93 = 1315 (14 matpel)
Perhitungan nilai rata-rata menjadi:
Nilai Rata-rata = Nilai Gabungan 5 Semester Terakhir / Jumlah Seluruh Mata Pelajaran Nilai Rata-rata = (1270 + 1267 + 1188 + 1293 + 1315) / (15 + 15 + 14 + 14 + 14)
Nilai Rata-rata = 6333 / 72 = 87.95
b. Pengisian nilai ijazah untuk lulusan 2016
- Pendaftar Lulusan 2016 atau sebelumnya menggunakan IJAZAH, tidak diperbolehkan menggunakan SKHU atau SKL.
- Nilai ujian yang dimasukkan yakni Nilai Rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah serta jumlah mata pelajaran yang dimasukkan sesuai dengan yang tertera pada Ijazah.
Keterangan:
- Jumlah pelajaran ujian sekolah tertulis 15 dan jumlah nilai Rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah (tertulis) 2609 ((89+85+91+93+86+93+88+87+85+92+94+89+90+91+85)+(89+85+82+93+86+80+88+87+85+93+7 5+83+75+85+85)).
- Yang dimasukkan ke aplikasi 2609 dan jumlah mata pelajaran 30=(6+4+5) +(6+4+5).
- Nilai rata-rata (86.96)
c. Lokasi ujian
Kota daerah verifikasi berkas sekaligus lokasi ujian yang sanggup kau pilih: Jakarta, Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Palu, Makassar, Sorong, Ambon, Jayapura.
d. Pilihan aktivitas studi
- Pilihan Program Studi dipilih berdasarkan prioritas peminatan.
- Pilihan harus diisi semuanya.
- Pilihan maksimum 10 dan minimum 8 (pilihan Diploma I dan Diploma III Kepabeanan dan Cukai hanya sanggup dipilih oleh pendaftar yang memenuhi syarat tertentu yang telah ditetapkan).
- Tidak boleh ada pilihan yang berulang.
KUNCI DATA (BILA SEMUA DATA SUDAH TERISI DAN BENAR).
3. Penyetoran biaya pendaftaran STAN
Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setor tunai, ATM, m-banking, atau internet banking dengan menggunakan MVA yang didapat sehabis kau menuntaskan pendaftaran online di web PKN STAN
Sebelum melaksanakan pembayaran, calon penerima harus memastikan dirinya memenuhi seluruh persyaratan dan uang yang disetor tidak sanggup diminta kembali dengan alasan apa pun
Calon penerima yang telah melaksanakan pengisian formulir pendaftaran online dan telah melaksanakan pembayaran di bank pada periode penyetoran, berhak mengikuti verifikasi berkas dan pengambilan BPU
Harap simpan bukti pendaftaran di bank alasannya akan dipergunakan dalam verifikasi berkas. Sebaiknya simpan foto dan fotokopi bukti pembayarannya buat jaga-jaga apabila bukti pembayaran orisinil hilang atau rusak.
4. Verifikasi berkas pendaftaran
Proses pendaftaran PKN STAN ketika ini dilaksanakan secara semi-online. Maksudnya semi-online gimana? Setelah mendaftar online di website, kau mesti melaksanakan verifikasi berkas secara pribadi ke lokasi ujian/offline untuk mendapat nomor ujian.
Setelah kau melaksanakan pendaftaran online, maka kau tinggal melaksanakan pembayaran dan menuggu jadwal verifikasi berkas.
Jadwal verifikasi berkas sanggup dilihat di www.kemenkeu.go.id, www.bppk.kemenkeu.go.id, dan www.pknstan.ac.id. Pengumuman jadwal penyerahan berkas akan menggunakan NOMOR URUT yang terdapat di BPO.
Verifikasi berkas dan pencetakan BPU tidak sanggup diwakilkan. Pendaftar tiba ke tempat/lokasi verifikasi berkas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Setelah melaksanakan verifikasi berkas, maka kau akan mendapat Bukti Peserta Ujian (BPU). Nah kalau sudah mempunyai BPU ini, maka proses pendaftaran STAN mu sudah selesai. BPU ini wajib kau bawa ketika ujian STAN nanti.
Contoh BPU USM STAN:
Oke demikian panduan pendaftaran USM STAN. Semoga membantu. Memang pendaftaran STAN cukup rumit dibandingkan dengan seleksi lain pada umumnya. Namun ga terlalu sudah dipahami kalau kau baca benar-benar aturannya.
Kalau ada pertanyaan, sanggup kau tulis di kolom komentar ya.
Sumber https://halokampus.com
0 Response to "Panduan Lengkap Tata Cara Registrasi Stan"
Posting Komentar