-->

iklan banner

3 Langkah Gampang Mengetik Soal 2 Dan 1 Kolom Memakai Microsoft Word

Anda ingin menciptakan soal ulangan/ujian pilihan ganda dengan dua bak dan satu kolomnya lagi, berbentuk essay? Tulisan berikut ini, merupakan panduan 3 langkah gampang mengetik soal 2 dan 1 kolom memakai Microsoft Word.

Versi Ms. Word yang digunakan?

Saya memakai Ms. Office Word 2007, bagi Anda yang memakai versi sebelumnya (2003) atau yang terbaru 2010, 2013, 2016.. tidak masalah, semua versi dapat digunakan.

#Langkah pertama

Silahkan ketikan soal pelajaran yang ingin anda buat, biarkan semuanya menjadi satu kolom terlebih dulu..

Contoh: aku mengetikan soal TIK dengan 5 soal PG, dan 5 essay. Ini hanya sebuah pola ya, pada umumnya soal-soal ulangan sebuah mata pelajaran di sekolah itu, minimal 20-an soal PG lebih.

Lihat gambar di bawah ini:

ujian pilihan ganda dengan dua bak dan satu kolomnya lagi 3 Langkah Praktis Mengetik Soal 2 dan 1 Kolom Menggunakan Microsoft Word

#Langkah Kedua

Oke, sesudah semua soal anda ketikkan, langkah selanjutnya yakni memblok area goresan pena yang ingin dijadikan dua kolom. Ingat, hanya yang dua kolom saja!

Blok tulisan, menyerupai gambar di bawah ini:

ujian pilihan ganda dengan dua bak dan satu kolomnya lagi 3 Langkah Praktis Mengetik Soal 2 dan 1 Kolom Menggunakan Microsoft Word

Artikel terkait: Posisi Jari pada papan ketik (keyboard) untuk mengetik 10 jari

Setelah di blok, silahkan pilih sajian tab PAGE LAYOUT, kemudian klik two/dua kolom.. dan hasil kesudahannya akan tampak menyerupai gambar di bawah ini:

ujian pilihan ganda dengan dua bak dan satu kolomnya lagi 3 Langkah Praktis Mengetik Soal 2 dan 1 Kolom Menggunakan Microsoft Word

Selain membagi dua kolom dengan bentuk menyerupai gambar di atas, anda juga dapat menawarkan garis di tengah kolomnya. Caranya? Pilih tab sajian page layout ==> More Columns ==>Two kemudian ceklist line between.

#Langkah Tambahan/Ketiga

Soal yang anda buat, terkadang diharuskan di print ke dalam kertas kop sekolah yang sudah disediakan. Umumnya, kertas yang disediakan ada bab header-nya berukuran 4-6 cm dengan ukuran Legal/F4. Atau kalau anda ingin menciptakan header sendiri, silahkan setting sesuai dengan keperluan.

Sebelumnya, aku pernah menciptakan artikel pengaturan microsoft word dalam pembuatan tulisan, dimana untuk setting langkah perhiasan ini, pernah aku tulis panduannya di artikel tersebut.

Tetapi, akan aku tuliskan kembali langkah singkatnya, kurang lebih menyerupai berikut ini.

Untuk merubah ukuran kertas, kalau default word anda memakai paper A4, letter/kuarto,dll. Lalu anda ingin mengubahnya menjadi legal/F4. Silahkan pilih tab sajian PAGE LAYOUT ==> Margins ==> Custom Margins.

Setelah mengklik custom margins, anda akan dibawa ke halaman PAGE SETUP, silahkan ganti margin Top/atas sesuai dengan ukuran header kertas anda. Kalau ragu dengan ukurannya, anda dapat memastikan dengan mengukurnya terlebih dahulu memakai penggaris, berapa TOP/tinggi (dalam cm/centi meter) headernya.

Setelah margins diganti, misanya 5,5 cm, lanjutkan dengan menentukan PAPER, ganti HEIGHT/tinggi-nya menjadi ukuran 33 cm (Customize).


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Langkah Gampang Mengetik Soal 2 Dan 1 Kolom Memakai Microsoft Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel