-->

iklan banner

8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ Dan Bagaimana Solusinya

Tahukah anda penyebab internet 4G ‘lemot’? Kecepatan internet yang stabil dan kencang sudah menjadi kebutuhan utama ketika ini. Ya bagi sebagian orang mungkin sanggup disetarakan dengan kebutuhan makan dan minum. Tidak percaya? Coba buat anda penggila sosial media yang sudah terbiasa menikmati layanan internet di perkotaan pindah ke kawasan terpencil yang sulit menerima sinyal.

Ditulis Oleh: Master Kuota

Hal itu juga yang menuntut operator jaringan seluler untuk terus memperbaiki infrastruktur dan kualitas jaringan pada semua daerah. Contohnya dulu kita pernah berada di zaman internet 2G GPRS, dimana kecepatan tersebut sanggup internetan saja sudah syukur. Lalu muncul internet 3G dengan jaringan UMTS-nya yang mengalami perubahan kecepatan signifikan sampai 5 Mbps. Lalu ketika ini yang sudah mulai tersebar merata yaitu internet 4G LTE dengan kecepatan 20-42 Mbps secara prakteknya.

Saat 4G sudah menjadi standar, ini seharusnya kita tidak ada keluhan lagi soal kecepatan internet. Tapi nyatanya tetap saja kita terkadang masih mengalami kasus internet lambat sehingga merasa balik ke zaman 2G. Kira-kira di-era 4G ini, apakah yang menjadi penyebab internet 4G lemot? Simak penjelasannya dibawah.

1. Sinyal lemah

 Kecepatan internet yang stabil dan kencang sudah menjadi kebutuhan utama ketika ini 8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya

Tidak semua operator sudah menjangkau semua sudut kota di Indonesia. Terlebih kawasan tersebut banyak terdapat bangunan tinggi ataupun pohon besar. Tentu itu akan menghambat distribusi frekuensi sinyal ke area tersebut. Karena semakin banyak kendala yang dilalui oleh gelombang elektromagnetik maka akan semakin lemah sinyal yang diterima.

Solusi: Carilah area atau sudut ruangan yang lebih gampang dijangkau oleh sinyal. Jika hal ini belum sanggup memperbaiki sinyal, berarti operator yang anda gunakan masih belum menjangkau penuh kawasan anda. Mungkin anda harus mengganti operator selular anda.

2. Limit bandwidth paket internet tertentu

Beberapa operator seluler mengatakan paket internet Unlimited kepada penggunanya. Awalnya menerima respon positif lantaran pelanggan sanggup internetan sepuasnya tanpa harus khawatir kehabisan kuota. Tapi apakah kita sanggup menikmati layanan ini sepuasnya tanpa batas? tentu tidak.

Operator seluler berani mengatakan paket unlimited kepada pelanggan lantaran kecepatan internet dibatasi. Berbeda dengan paket internet reguler yang menyediakan kecepatan semaksimal mungkin tapi berbatas kuota. Karena itu jangan heran ketika sedang berlangganan paket unlimited, kecepatan internet rasanya tidak memuaskan.

Solusi: Sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau kau lebih membutuhkan internet cepat yang stabil disarankan untuk tidak berlangganan paket ini.

3. Sistem operasi dan aplikasi lainnya yang melaksanakan update

 Kecepatan internet yang stabil dan kencang sudah menjadi kebutuhan utama ketika ini 8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya

Penyebab internet 4G lemot juga tanggapan hal ini. Secara default, auto-update sistem dan aplikasi ini sudah aktif. Fitur ini akan pribadi bekerja seketika ketika smartphone mendapatkan notifikasi pembaruan versi terbaru. Itulah sebabnya kita merasa internet begitu lambat padahal semua berjalan normal. Saat di cek sinyal 4G terlihat penuh dan paket data pun masih tersisa banyak.

Pada ketika update sistem dan aplikasi berjalan, bandwidth internet sedang dimaksimalkan untuk memperbarui segala sesuai yang perlu di-update. Sehingga hanya tersisa sedikit (atau bahkan nol) bandwidth untuk keperluan lain yang hendak kau lakukan.

Solusi: Matikan fitur auto-update sistem pada sajian settings smartphone dan matikan auto-update aplikasi yang biasanya ada di pengaturan aplikasi baik di Android maupun iOS.

4. Terlalu banyak pengguna di satu area

Sebagian operator masih membatasi kecepatan internet di setiap BTS pada suatu area. Hal tersebut mungkin suatu taktik yang diterapkan oleh operator seluler dalam mengatur prioritas pendistribusian bandwidth internet di suatu tempat. Kaprikornus ketika semakin banyak pengguna yang terhubung, semakin lambat pula kecepatan internetnya.

 Kecepatan internet yang stabil dan kencang sudah menjadi kebutuhan utama ketika ini 8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya

Tapi damai saja, kasus tersebut biasanya jarang terjadi pada kota besar. Karena kalau koneksi di kota besar diberlakukan mirip itu maka para pelanggan niscaya akan pindah ke lain operator.

Solusi: Cari operator seluler lain pada area tersebut yang menyediakan jaringan 4G

5. Area yang belum tercakup dengan baik oleh operator seluler

 Kecepatan internet yang stabil dan kencang sudah menjadi kebutuhan utama ketika ini 8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya

Kalau hal ini rasanya sudah semakin membaik dari waktu ke waktu. Karena setiap operator niscaya punya rencana untuk meng-ekspansi jaringan dan meng-cover area yang masih belum dijangkaunya. Tentu dengan menyesuaikan beberapa pertimbangan terlebih dahulu.

Keputusan pembangunan tower BTS sebetulnya tergantung pada kondisi masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut. Apakah sudah aktif memakai smartphone? Berapa persen penduduk yang memakai smartphone pada suatu daerah? Barulah ditetapkan sehabis kiranya area tersebut memang potensial berdasarkan prospek operator seluler.

Solusi: Untuk hal ini, anda hanya sanggup bersabar dan menunggu sampai operator memperluas jaringan. Atau silahkan anda cari operator lain yang sinyalnya lebih baik. Anda sanggup mengecek seberapa luas cakupan area 4G di situs resmi operator selular anda. Sebagai misalnya yaitu Telkomsel mirip gambar dibawah ini.

 Kecepatan internet yang stabil dan kencang sudah menjadi kebutuhan utama ketika ini 8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya

6. Pengaturan tipe jaringan

Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidaktahuan pengguna itu sendiri. Kita sanggup lihat status jaringan pada notification bar, apakah yang aktif itu 3G atau 4G. Kalau 3G biasanya ikon yang akan muncul yaitu karakter ‘H’ atau ‘H+’. Kalau jaringan 4G ikon yang muncul ya 4G.

Ada beberapa kasus ketika jaringan internet 4G bermetamorfosis 3G. Yaitu biasanya pada ketika pemadaman listrik, dan genset yang dipakai pada ketika itu sudah kehabisan materi bakar. Tapi kondisi mirip ini tidak begitu terlalu sering terjadi, tergantung stabilitas listrik di kawasan tempat tinggal kamu.

Solusi: Jika jaringan di tempat kau sudah mendukung 4G, segera ubah pengaturan jaringannya menjadi 4G LTE pada sajian Settings > SIM cards & mobile networks > Preferred network type di Android anda.

7. Pengaturan APN salah atau kurang maksimal

APN yaitu kependekan dari “Access Point Name” yang berfungsi untuk menjadi gateway/gerbang penghubung antara jaringan operator seluler dengan perangkat seluler pengguna. Singkatnya, kalau pengaturan APN kita ada yang salah maka koneksi internet akan terganggu atau bahkan tidak sanggup terhubung sama sekali.

Solusi: Periksa kembali pengaturan access point name di sajian setting. Berikut Cara setting APN Telkomsel 4G sebagai salah satu contohnya.

8. Kekuatan perangkat modem di dalam smartphone

Setiap smartphone mempunyai spesifikasi tersendiri sesuai tipe dan merk. Spesifikasi tersebut mencakup perangkat keras mirip prosessor, RAM dan termasuk didalamnya modem. Adapter jaringan berfungsi untuk menangkap sinyal yang dipancarkan oleh pemancar kepada smartphone. Maka semakin elok modemnya, akan semakin kuat pula sinyal yang didapat. SoC Qualcomm Snapdragon biasanya selalu mengikut sertakan produk modemnya di smartphone.

Perbedaan kekuatan modem ini akan terasa ketika kita berada disekitar orang yang juga sedang internet memakai smartphone / laptop. Kalau di ibaratkan milik kita sedang tarik menarik sabung kuat dengan perangkat pengguna lain untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Beruntung jikalau smartphone anda mempunyai modem yang kuat, maka tidak perlu khawatir akan hal ini. Tapi jikalau sebaliknya tentu akan kuat pada kecepatan internet.

Solusi: Sebelum membeli smartphone, periksa lah terlebih dulu frekuensi jaringan seluler. Frekuensi biasanya tertera dengan label  LTE grup band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 34(2000), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) mirip gambar dibawah.

 Kecepatan internet yang stabil dan kencang sudah menjadi kebutuhan utama ketika ini 8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya

Bagaimana berdasarkan anda artikel 8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya?

Dari semua daftar tersebut, mana yang berdasarkan anda paling kuat selama anda memakai internet? Mudah-mudahan artikel ini sanggup membantu anda memahami kenapa internet anda ‘lemot’ atau lambat. Artikel ini merupakan artikel yang ditulis oleh pembaca Windowsku mirip anda! Jika anda tertarik, anda sanggup menulis dan goresan pena anda sanggup tayang di situs ini! Silahkan kunjungi halaman Penulis Tamu kami untuk info lebih lanjut.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ Dan Bagaimana Solusinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel