-->

iklan banner

Bagaimana Cara Memilih Letak Kepingan Pada Garis Bilangan

Masih ingatkah dengan cara memilih letak bilangan bulat pada garis bilangan? Untuk mengingatkan kembali, berikut pola letak bilangan lingkaran pada garis bilangan.


Untuk memilih letak pecahan pada garis bilangan, caranya hampir sama menyerupai cara memilih letak bilangan lingkaran pada garis bilangan. Akan tetapi, bilangan pecahan terletak di antara dua bilangan bulat pada garis bilangan. Sebagai contoh, kalau pada garis bilangan di atas, jarak antara dua bilangan lingkaran yang berdekatan dibagi dua maka garis bilangannya menjadi menyerupai gambar di bawah ini.


Adapun untuk letak pecahan yang lain, sanggup kalian tentukan dengan membagi jarak antara dua bilangan lingkaran berdasarkan besarnya penyebut. Misalnya di mana letak pecahan 1/8 pada garis bilangan?

Untuk memilih letak pecahan 1/8 pada garis bilangan sanggup dilakukan dengan membagi jarak dari bilangan lingkaran 0 hingga bilangan lingkaran 1 menjadi 8 bagian, menyerupai gambar di bawah ini.


Perhatikan gambar di atas, bilangan lingkaran dari 0 hingga 1 dibagi menjadi delapan bab yang sama dan letak bilangan pecahan 1/8 yang dilingkari merah. Dari gambar di atas juga terlihat bahwa pecahan yang lebih besar berada di sebelah kanan, sedangkan pecahan yang lebih kecil berada di sebelah kiri.

Sekarang coba tentukan letak pecahan 11/8 pada garis bilangan? Bagi bilangan 11 dengan 8 maka akan diperoleh 1 sisia 3, jadi pecahan terletak antara bilangan lingkaran 1 dan 2. Kemudian bagi garis bilangan antara 1 dan 2 menjadi 8 bab yang sama, maka akan tampak menyerupai gambar di bawah ini.


Selain bilangan pecahan positif, ada juga bilangan pecahan negatif yang diletakan pada garis bilangan. Letak pecahan negatif sebelah kiri dari bilangan lingkaran 0. Pecahan negatif yakni pecahan yang nilainya lebih kecil daripada nol. Pecahan negatif memakai tanda negatif, contohnya –½ , –¼ dan –4/5. Cara meletakan bilangan pecahan sama menyerupai meletakan bilangan pecahan positif. Misalnya di mana letak pecahan –3/8 pada garis bilangan?

Untuk memilih letak pecahan –3/8 pada garis bilangan sanggup dilakukan dengan membagi jarak dari bilangan lingkaran –1 hingga bilangan lingkaran 0 menjadi 8 bagian, menyerupai gambar di bawah ini.


Nah, contoh-contoh di atas merupakan cara meletakan satu buah bilangan pecahan. Bagaimana kalau ada lebih dari satu bilangan pecahan?

Jika ada lebih dari satu bilangan pecahan maka gunakan konsep pecahan senilai dengan menyamakan penyebutnya dengan memakai konsep KPK. Misalnya tentukan letak bilangan pecahan ½ dan 2/3 pada garis bilangan?

Untuk memecahkan permasalahan menyerupai ini, terlebih dahulu samakan penyebut kedua bilangan pecahan ½ dan 2/3 dengan memakai KPK pada penyebutnya, maka:
KPK dari 2 dan 3 yakni 6, maka pecahan yang senilai dengan:
=> ½ = 3/6
=> 2/3 = 4/6
Untuk memilih letak pecahan 2/6 dan 4/6 pada garis bilangan sanggup dilakukan dengan membagi jarak dari bilangan lingkaran 0 hingga bilangan lingkaran 1 menjadi 6 bagian, gambar garis bilangannya akan tampak menyerupai gambar di bawah ini dan letak bilangan pecahan ½ dan 2/3 yang dilingkari merah.



Nah, demikian postingan Mafia Online wacana bagaimana cara memilih letak pecahan pada garis bilangan. Mohon maaf kalau ada kata atau perhitungan yang salah pada postingan ini. Untuk postingan selanjutnya silahkan baca wacana bagaimana cara memilih pecahan yang nilainya di antara dua pecahan. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Cara Memilih Letak Kepingan Pada Garis Bilangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel