-->

iklan banner

Busyetttttt, Soal Matematika Ini Mengecoh, Padahal Sangat Mudah


BUSYETTTTTT, SOAL MATEMATIKA INI MENGECOH, PADAHAL SANGAT MUDAH


Saya menemukan soal matematika SD yang unik di medsos, aku pun mencoba menjawab soal tersebut, awalnya aku mengira soal ini memakai konsep referensi bilangan atau deret aritmetika , ternyata jawabannya salah. Saya pun mulai tersenyum sehabis aku tahu jawabannya , ternyata sangat mudah.


Keesokan harinya aku mencoba menanyakan soal matematika SD tersebut kepada anak Sekolah Menengan Atas di daerah aku mengajar. Wahhhhhhh……. Ternyata tanggapan anak Sekolah Menengan Atas lebih bermacam-macam lagi. Ada yang menjawab 98, ada yang menjawab 108, ada yang menjawab 67 dan sebagainya. Namun ada seorang siswa yang menjawab 87, aku pun eksklusif menunjuk ia dan bertanya, “ dari mana sanggup angka 87 ? “. Dia pun menjawab “hanya menebak”

Saya pun menunjukkan waktu untuk berfikir belum dewasa untuk sanggup menjawab soal tersebut. Tapi ternyata mereka belum juga mendapat tanggapan yang tepat. Saya pun menunjukkan kode untuk menjawab tanggapan yang tepat.
Saya bertanya kepada anak-anak, “ gambar apakah di atas ? “ mereka menjawab “ gambar daerah parkir “. Nah….. kini yang akan memarkirkan mobilnya itu sopir atau pembaca?

Mereka pun membisu sejenak, dan…. Tiba-tiba seorang anak tertawa, “ hahahhaahahaha…… ternyata simpel sekali “
Saya bertanya kepada siswa tersebut, “ berapa jawabannya? “ ia pun dengan lantang menjawab 87 pak guru, dari mana kau sanggup angka 87 ? jawabnya “ gampang……, tinggal kita balik 180 derajat gambar tersebut, alasannya yakni kita melihat nomor parkir dari sudut pandang sopir, bukan dari sudut pandang pembaca, kalau kita lihat dari sudut pandang pembaca, 
maka akan terbaca angka yang tidak berurutan yaitu angka 16,06,68,88,…..,98 , akan tetapi jikalau kita lihat dari sudut pandang sopir, maka nomor daerah parkir akan terbaca angka yang berurutan yaitu 91,90,89,88,…,86. Sehingga tanggapan yang sempurna yakni no. 87 yakni angka parkir kendaraan beroda empat tersebut.




Yup…….Jawaban kau Benar, seluruh siswa di kelas tersebut tersenyum dan tertawa.




Sumber http://farijan-math.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Busyetttttt, Soal Matematika Ini Mengecoh, Padahal Sangat Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel