-->

iklan banner

Contoh Rpp Bahasa Arab Mts Kelas Vii Semester Ii

Berikut ini saya suguhkan pola RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pelajaran Bahasa Arab untuk MTs kelas VII pada semester II. RPP ini digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siklus Pertama.

Pelajaran bahasa Arab masih jarang digunakan di sekolah-sekolah umum, biasanya pelajaran bahasa Arab hanya digunakan di sekolah-sekolah tertentu adalah sekolah-sekolah Islam.

Misalnya Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu dan sekolah-sekolah yang sederajat. Berikut ini kami sajikan pola RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Pelajaran Bahasa Arab untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama dan MTs atau yang sederajat.

RPP

***
YAYASAN DARUL AMANAH

MADRASAH TSANAWIYAH DARUL AMANAH
LUBUK KAMAL KALIANDA
Akta
Notaris Nomor 2 Tanggal 5 Februari 1993
Alamat:
Jln. Trans Sumatra Lubuk Kamal Kalianda 35513 No. 29 Lampung Selatan
============================================================



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( R P P )
 Pertemuan I Siklus I
Sekolah                       :
MTs
Darul Amanah
Kalianda
Mata Pelajaran          : Bahasa
Arab
Kelas/Semester          : VII/II
Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Standar Kompetensi
Menyimak (Mendengar);
§  Memahami isu verbal melalui acara mendengarkan
dalam bentuk paparan atau obrolan sederhana perihal
البيت
KOMPETENSI DASAR
Menyimak (Mendengar);
§  Mengidentifikasi bunyi aksara hijaiah dan
ujaran (kata, frasa atau kalimat) perihal
البيت
§  Menemukan isu dari wacana lisan
sederhan perihal
البيت
§  Merespon gagasan yang terdapat pada
wacana verbal atau obrolan sederhana perihal
البيت
Tujuan Pembelajaran
Menyebutkan kosakata
yang terdapat pada wacana verbal atau obrolan sederhana perihal البيت
Materi Pembelajaran
§  الخبر المقدم والمبتدأ المؤخر
§  النعت
Metode Pembelajaran
§ 
Tanya Jawab: Metode ini digunakan untuk memulai acara pembelajaran terutama untuk
acara awal.
§ 
Kerja kelompok:
acara ini digunakan untuk mengumpulkan isu perihal البيت
§ 
Diskusi : Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan bahan kegiatan
pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
1.     
Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa beberapa
kosa kata
tentang البيت
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
keuntungannya dalam kehidupan
2.     
Kegiatan inti
  • Guru membacakan
    teks perihal
    البيت secara baik dan benar, kemudian siswa
    diperintahkan untuk mendengarkan dan menirukan bacaan guru
  • Guru menunjuk
    beberapa kata yang gres dalam teks, kemudian menandakan artinya
  • Siswa diperintahkan
    membaca teks dengan bunyi keras secara berjama’ah tanpa bimbingan
    guru sehabis sebelumnya dengan bimbingan guru
  • Siswa
    diperintahkan membaca teks dengan kelompok kecil 5-6 siswa
  • Guru menunjuk
    beberapa siswa dari perwakilan setiap kelompok untuk membacanya secara
    sendiri-sendiri
3.     
Kegiatan penutup.
§  Guru melakukan penilaian verbal
§  Guru memperlihatkan soal-soal kandungan teks yang diajarkan
15
Menit
55 Menit
10 Menit
Sumber Pembelajaran
§ 
Buku paket Bahasa Arab
kelas VII
§ 
Media lainnya
Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang
telah didengar
Tanya
jawab
Uraian
§  Sebutkanlah kata-kata yang berkaitan dengan lingkungan
rumah
Mengetahui
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Drs.
Abdul Wahab
NIP.
Kalianda,
1
5 Maret 2011
Guru Peneliti
Mahyudin
NPM. 20911305

***
YAYASAN DARUL AMANAH

MADRASAH TSANAWIYAH DARUL AMANAH
LUBUK KAMAL KALIANDA
Akta
Notaris Nomor 2 Tanggal 5 Februari 1993
Alamat:
Jln. Trans Sumatra Lubuk Kamal Kalianda 35513 No. 29 Lampung Selatan
============================================================



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Pertemuan II Siklus I
Sekolah                       :
MTs
Darul Amanah
Kalianda
Mata Pelajaran          : Bahasa
Arab
Kelas/Semester          : VII/II
Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Standar Kompetensi
Berbicara/Kalam
§  Mengungkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara verbal dalam bentuk paparan atau obrolan sederhana perihal
البيت
KOMPETENSI DASAR
Berbicara
§  Melakukan obrolan sederhana perihal البيت
§  Menyampaikan isu secara lisan
dalam kalimat sederhana perihal
البيت
Tujuan Pembelajaran
▪   Mampu menyebutkan mufrodat gres perihal البيت  dengan benar.
▪   Mampu
mendemonstrasikan bahan hiwar perihal البيت
dengan lafal dan intonasi yang benar. 
Materi Pembelajaran
§  الخبر المقدم والمبتدأ المؤخر
§  النعت
Metode Pembelajaran
§ 
Tanya Jawab: Metode ini digunakan untuk memulai acara pembelajaran terutama untuk
acara awal.
§ 
Kerja kelompok:
acara ini digunakan untuk mengumpulkan isu perihal البيت
§ 
Diskusi : Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan bahan kegiatan
pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
1.     
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi
:
§  Menanyakan kepada siswa beberapa
kosa kata
tentang البيت
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
keuntungannya dalam kehidupan
2.     
Kegiatan inti
  • Guru
    membacakan teks perihal
    البيت secara baik dan
    benar, kemudian siswa diperintahkan untuk mendengarkan dan menirukan
    bacaan guru
  • Guru menunjuk
    beberapa kata yang gres dalam teks, kemudian menandakan artinya
  • Siswa
    diperintahkan untuk menanyakan kata yang belum dipahami artinya
  • Siswa
    diperintahkan membaca teks dengan bunyi keras secara berjama’ah
    tanpa bimbingan guru sehabis sebelumnya dengan bimbingan guru
  • Siswa
    diperintahkan membaca teks dengan kelompok kecil 5-6 siswa
  • Guru menunjuk
    beberapa siswa dari perwakilan setiap kelompok untuk membacanya secara
    sendiri-sendiri
3.     
Kegiatan penutup.
§  Guru melakukan penilaian verbal
§  Guru memperlihatkan soal-soal kandungan teks yang diajarkan
15
Menit
55 Menit
10 Menit
Sumber Pembelajaran
§ 
Buku paket Bahasa Arab
kelas VII
§ 
Media lainnya
Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Melafalkan kosa kata
dan kalimat  dengan pelafalan yang
sempurna dan benar
Tanya
jawab
Uraian
Sebutkanlah kata-kata yang berkaitan
dengan lingkungan rumah
Mengetahui
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Drs.
Abdul Wahab
Kalianda,
1
6 Maret 2011
Guru Peneliti
Mahyudin


YAYASAN DARUL AMANAH
MADRASAH TSANAWIYAH DARUL AMANAH
LUBUK KAMAL KALIANDA
Akta
Notaris Nomor 2 Tanggal 5 Februari 1993
Alamat:
Jln. Trans Sumatra Lubuk Kamal Kalianda 35513 No. 29 Lampung Selatan
============================================================



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Pertemuan III Siklus I
Sekolah                       :
MTs
Darul Amanah
Kalianda
Mata Pelajaran          : Bahasa
Arab
Kelas/Semester          : VII/II
Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Standar Kompetensi
Membaca
§  Memahami wacana tertulis dalam bentuk
paparan atau obrolan sederhana perihal
البيت
KOMPETENSI DASAR
Membaca
§  Melafalkan aksara hijaiyah, kata, frasa,
kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar perihal
البيت
§  Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat
dan wacana tertulis sederhana perihal
البيت
§  Menemukan makna, gagasan atau fikiran
dari wacana tertulis sederhana perihal
البيت
Tujuan Pembelajaran
▪   Mampu menyebutkan mufrodat gres perihal البيت  dengan benar.
▪   Mampu melafalkan mufrodat perihal البيت dengan lafal dan intonasi yang benar. 
Materi Pembelajaran
§  الخبر المقدم والمبتدأ المؤخر
§  النعت
§  Mufrodat perihal البيت
Metode Pembelajaran
§ 
Tanya Jawab: Metode ini digunakan untuk memulai acara pembelajaran terutama untuk
acara awal.
§ 
Diskusi : Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan bahan acara pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
§  Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa beberapa
kosa kata
tentang البيت
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
keuntungannya dalam kehidupan
§  Kegiatan inti
§  Guru membacakan
teks perihal
البيت
secara baik dan benar, kemudian siswa diperintahkan untuk mendengarkan dan
menirukan bacaan guru
§  Guru menunjuk
beberapa kata yang gres dalam teks, kemudian menandakan artinya
§  Siswa diperintahkan
untuk menanyakan kata yang belum dipahami artinya
§  Siswa diperintahkan
membaca teks dengan bunyi keras secara berjama’ah tanpa bimbingan guru
sehabis sebelumnya dengan bimbingan guru
§  Siswa diperintahkan
membaca teks dengan kelompok kecil 5-6 siswa
§  Guru menunjuk
beberapa siswa dari perwakilan setiap kelompok untuk membacanya secara
sendiri-sendiri
§  Kegiatan penutup.
§  Guru melakukan penilaian verbal
§  Guru memperlihatkan soal-soal kandungan teks yang diajarkan
15
Menit
55 Menit
10 Menit
Sumber Pembelajaran
§ 
Buku paket Bahasa Arab
kelas VII
Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang sempurna dan benar
Tanya
jawab
Uraian
§  Sebutkanlah kata-kata yang berkaitan dengan lingkungan
rumah
Mengetahui
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Drs.
Abdul Wahab
Kalianda,
2
2 Maret 2011
Guru Peneliti
Mahyudin





YAYASAN DARUL AMANAH
MADRASAH TSANAWIYAH DARUL AMANAH
LUBUK KAMAL KALIANDA
Akta
Notaris Nomor 2 Tanggal 5 Februari 1993
Alamat:
Jln. Trans Sumatra Lubuk Kamal Kalianda 35513 No. 29 Lampung Selatan
============================================================



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Pertemuan Terakhir Siklus I
Sekolah                       :
MTs
Darul Amanah
Kalianda
Mata Pelajaran          : Bahasa
Arab
Kelas/Semester          : VII/II
Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Standar Kompetensi
Menulis
§  Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman dan isu melelui acara menulis perihal
البيت
KOMPETENSI DASAR
Menulis
§  Melulis kata, frasa atau kalimat
sederhana perihal
البيت
§  Mengungkapkan isu dan gagasan
secara tertulis dalam kalimat sederhana perihal
البيت
Tujuan Pembelajaran
▪   Mampu menerjemahkan kosakata dan kalimat perihal البيت  dengan benar.
Materi Pembelajaran
§  Mufrodat perihal البيت
Metode Pembelajaran
§  Tes/Evaluasi
§  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
§  Pendahuluan :
§  Apersepsi dan Motivasi
§  Kegiatan inti
  • Guru membagikan
    soal penilaian perihal
    البيت
  • Guru
    memerintahkan siswa untuk menjawab soal-soal yang diberikan
§  Kegiatan penutup.
§  Guru melakukan penilaian tulis
§  Guru membahas soal-soal kandungan teks yang diberikan
15
Menit
55 Menit
10 Menit
Sumber Pembelajaran
§ 
Buku paket Bahasa Arab
kelas VII
Mengetahui
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Drs.
Abdul Wahab
NIP.
Kalianda,
2
3 Maret 2011
Guru Peneliti
Mahyudin
NPM. 20911305
Mengetahui
Kepala Madrasah

Suwardi, S.Ag

Sumber http://www.berpendidikan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Arab Mts Kelas Vii Semester Ii"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel