-->

iklan banner

Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan

Pernah mendengar pepatah bagai pinang dibelah dua? Hehe pepatah itu tidak ada hubungannya dengan topik yang akan saya bahas. Saya cuma menyinggung sejumlah manfaat buah pinang mulai dari asal, kandungan sampai manfaatnya.


Tanaman pinang mempunyai ciri-ciri pohon yang menyerupai dengan pohon kelapa. Batangnya menjulang tinggi antara 20-25 meter dan berdaun menyerupai daun kelapa tetapi lebih. Buahnya tumbuh bergerombol dalam suatu tandan.


Buah pinang sendiri berbentuk lingkaran telur agak lonjong berukuran 3.5-7 cm. Warna kulit buah oranye, kalau dibelah, di tengahnya terdapat biji yang bergerombol dikelilingi dengan dinding buah yang berserabut.


Hampir semua potongan tanaman buah pinang sanggup dimanfaatkan. Mulai dari batangnya, batang pohon buah pinang yang menjulang tinggi dan berpengaruh sanggup dimanfaatkan kayunya. Biasanya digunakan sebagai tiang dalam aneka macam struktur bangunan. Atau, paling tenar digunakan untuk arena panjat pinang.


Daunnya mempunyai kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi manusia. Buahnya terutama biji buah pinang bahkan telah menjadi salah satu hasil bumi yang diekspor Indonesia.


Biasanya, biji buah pinang akan dikeringkan, dimanfaatkan sebagai obat sampai dijadikan permen dalam bentuk kecil-kecil. Buah pinang secara keseluruhan mengandung beberapa unsur yang sanggup dimanfaatkan untuk kesehatan insan menyerupai alkaloida, arecaidine, guvac0l1ne dan zat bermanfaat yang lainnya.


Manfaat buah pinang


Di kalimat judul saya menuliskan bahwa buah pinang sanggup menyembuhkan segala macam penyakit. Memang benar, ada banyak jenis penyakit yang sanggup disembuhkan dengan mengkonsumsi tanaman buah pinag secara teratur. Beberapa penyakit yang sanggup disembuhkan ialah sebagai berikut:


a. Nyeri pinggang


Nyeri pinggang sanggup disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kekakuan otot pinggang lantaran kurangnya pergerakan sampai pasca terjadinya cidera sehingga menjadikan stress berat otot pinggang. Orang yang mengalami nyeri pinggang akan merasa tidak nyaman bergerak dan beraktifitas lantaran pinggang merupakan persendian paling besar yang dimiliki manusia.


Dengan memanfaatkan tumbukan daun pinang yang sudah dihangatkan terlebih dahulu sanggup menghambat stimulasi faktor-faktor nyeri pada otot sehingga mengurangi nyeri pinggang.


Caranya cukup oleskan tumbukan daun pinang tersebut pada pinggang yang sakit. Selain nyeri pinggang, sanggup juga diaplikasikan pada segala jenis nyeri yang permukaan potongan nyeri sanggup dijangkau.


b. Penyakit kulit kudis


Kudis ialah salah satu gangguan kulit yang ditendai dengan gatal dan basah biasanya terjadi pada bagian-bagian badan yang terjepit atau tersembunyi dan seringkali terkena air. Cara penanganannya cukup gampang yaitu dengan parutan biji buah pinang dan dioleskan secara teratur pada potongan yang sakit.


c. Mengembalikan ukuran rahim sehabis melahirkan


Ini sangat bermanfaat bagi perempuan hamil yang ingin segera langsing perutnya pasca melahirkan. Perut yang tetap membesar pasca melahirkan biasanya disebabkan oleh diameter rahim yang tak pribadi mengecil. Maka dari itu banyak orang bau tanah yang menyarankan supaya mengkonsumsi air rebusan buah pinang


d. Sakit gigi


Mengobati sakit gigi dengan buah pinang mungkin sama halnya dengan mengobatai nyeri pinggang. Karena pada pada dasarnya sama-sama untuk mengurangi rasa nyeri yang tidak nyaman. Caranya, iris sedikit potongan buah pinang lalu sumpalkan atau gigit pada potongan gigi yang sakit.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel