-->

iklan banner

Materi Besaran Dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap

Materi Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap - Sore mitra - mitra semua, jumpa lagi nih dengan ilmu sains online. pada sore hari ini, kita akan bahas bahan gres nih. Kita akan mencar ilmu wacana fisika dasar ya mitra - mitra semua. Diantara kalian niscaya ada yang demen nih mencar ilmu fisika, hehe. Pada postingan kita kali ini, kita akan bahas wacana Besaran dan Satuan terbeih dahulu. alasannya yakni dari yang dasar dahulu gres lalu kita masuk ke inti hehe.

 Kita akan mencar ilmu wacana fisika dasar ya mitra  Materi Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap
Google Image - Materi Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap

Materi Besaran dan Satuan merupakan bahan fisika kelas 10 SMA. sebelum kita mengetahui apa itu pengertian besaran dan satuan, kita harus tahu terlebih dahulu pengertian dari fisika. Apasih fisika itu? fisika merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan yang memerlukan berbagai pengukuran - pengukuran misalnya, panjang, berat, massa, eaktu, dan sebagainya. Nah, pengukuran - pengukuran tersebut butuh besaran menyerupai besaran panjang, besaran massa dan lain - lain. untuk tahu lebih dalam lagi, yuk simak materinya berikut ini

Pengertian Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10


Besaran adalah segala sesuatu yang mempunyai nilai dan sanggup dinyatakan dengan angka. Misal panjang penggaris itu yakni 30cm. nah panjang merupakan besaran alasannya yakni mempunyai nilai. Didalam ilmu fisika, Besaran terdiri dari dua macam taitu Besaran pokok dan Besaran turunan. Mau tahu apa Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan? simak penjelesannya dibawah ini.

Besaran Pokok dan Satuannya


Pada dasarnya, terdapat dua macam sistem satuan yang sering kita gunakan didalam ilmu fisika dan ilmu teknik, yaitu:

Sistem Inggris dan,
Sistem Metrik.

1. Sistem Inggris


Sistem satuan ini didasarkan pada gaya (F), Panjang (L) dan Waktu (T). Sistem Inggris ini biasanya digunakan di negara - negara yang berbahasa inggris pada kehidupannya sehari - hari. Selain itu, Sistem ini digunakan juga untuk bahasa mesin.

a. Satuan Gaya
Untuk satuan gaya, berdasarkan Sistem Inggris satuan gaya yakni Pound, dimana satu pound = 0,45 kilogram. 

b. Satuan Panjang
Menurut Sistem Inggris, satuan panjang yakni Foot (kaki), dimana satu kaki = 0,3 meter. Standard ini tidak diakui secara resmi, nemun telah digunakan secara luas dalam industri dan perdagangan.

c. Satuan Massa
Satuan dari massa dalam sistem Inggris yakni Slug, dimana 1 slug  sama dengan 14,6 kilogram.

2. Sistem Matrik


sistem metrik atau disebut juga dengan sistem metrik sewenang-wenang didasarkan pada panjang (L), Massa (M), dan waktu (T). Sistem ini Secara resmi digunakan pertama kali pada tahun 1866 di prancis. Sistem Metrik ini dibagi menjadi dua bab yaitu:

Sistem MKS (meter - kilogram - sekon), dan
Sistem CGS (centimeter - gram - sekon).

a. Sistem MKS
Sistem MKS disebut juga dengan sistem satuan absolut. mengapa disebut demikian? Karena meter, kologram, dan sekon didefinisikan berdasarkan cara yang tidak dipengaruhi medan gravitasi bumi. Satuan - satuan yang digunakan dalam sistem MKS yakni sebagai berikut:

# Panjang memakai satuan meter (m).
# Massa memakai satuan Kilogram (kg).
# Waktu memakai satuan sekon atau detik (s atau det).

b. Sistem CGS
Berbeda dengan sistem MKS. Perbedaannya terletak pada pemakaian centimeter dan gram yang merupakan satuan kelipatan dari meter dan kilogram. Satuan - satuan yang digunakan dalam CGS yakni sebagai berikut:

# Panjang memakai satuan Centimeter (cm).
# Massa memakai satuan gram (gr).
# Waktu memakai satuan sekon atau detik (s atau det).


Materi Besaran dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap - Inilah yang sanggup ilmu sains online berikan pada malam hari ini. Fisika memang sangat menyenangkan ya mitra - kawan. Semoga kalian sanggup mengambil ilmu yang dari artikel diatas. Terus simak klarifikasi yang akan kami posting setiap harinya ya kawan. Terimakasih, dan jangan lupa di share ya, alasannya yakni ini merupakan warta untuk kemajuan pendidikan kita semua.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Besaran Dan Satuan Fisika Kelas 10 Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel