-->

iklan banner

Pelajaran Jurusan Ips: Daftar Lengkap

Pelajaran jurusan IPS yang ada di Sekolah Menengan Atas atau sederajat antara lain Sosiologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Antropologi dan Akuntansi. Namun demikian pada umumnya, tidak semua sekolah menyediakan mata pelajaran jurusan IPS tersebut. Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi menjadi empat diantaranya yang pokok. Akuntansi di banyak sekolah menjadi penggalan dari ekonomi. Antropologi, menjadi penggalan dari sosiologi.


Postingan kali ini akan berisi ihwal klarifikasi ringkas pelajaran jurusan IPS tingkat mengah atas. Penjelasan ini sengaja dipaparkan semoga pembaca memperoleh citra ihwal apa isi dari Ilmu Pengetahuan Sosial yang merupakan salah satu jurusan favorit di SMA.






IPS sebagai jurusan favorit?


IPS sebagai jurusan favorit sering kali disambut dengan rasa heran. ”Bagaimana bisa?” IPS yaitu jurusan favorit terutaman bagi yang memilihnya. Siswa yang jatuh cinta pada sastra biasanya menentukan jurusan Bahasa. Siswa yang suka ilmu-ilmu alam, seharusnya menentukan IPA. Siswa IPS? Ialah mereka yang suka pada dunia sosial, dunia empati, dunia sikap manusia, dan dunia kemasyarakatan.


Jika kau tertarik pada salah satu atau beberapa mata pelajaran yang akan dijelaskan di bawah ini, jadilah anak IPS. Ilmu yang dipelajari di jurusan IPS saling terkait satu sama lain. Keterkaitan pelajaran tersebut mungkin sanggup dijelaskan dengan satu istilah: kemanusiaan. Ya, pelajaran jurusan IPS yaitu pelajaran ihwal kemanusiaan. Kamu akan lebih tau detailnya pada klarifikasi di bawah ini.


Sebelumnya, saya akan sebutkan dulu apa saja daftar pelajaran jurusan IPS itu semoga penjelasannya sanggup sistematis dan gampang ditangkap oleh pembaca. Persamaan dan perbedaannya juga akan diulas secara ringkas khusus untuk pembaca blog ini.


Baca juga Jurusan Kuliah IPS: Daftar Lengkap






Daftar pelajaran jurusan IPS



  • Sosiologi

  • Sejarah

  • Geografi

  • Ekonomi

  • Antropologi

  • Akuntansi


Apa saja yang dipelajari?



  • Sosiologi


Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari ihwal masyarakat. Pengertian ini tentu saja cukup luas. Apa yang dipelajari dari masyarakat meliputi banyak hal, mulai dari perilakunya, interaksinya, organisasinya, dan segala macam hal yang bekerjasama dengan kehidupan sosial.


Mata pelajaran sosiologi di tingkat Sekolah Menengan Atas umunya dimulai dengan pengenalan ihwal apa itu sosiologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, seperti; interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi, sikap menyimpang dan bagaimana sosiologi diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.


Selanjutnya, pembelajar sosiologi akan dikenalkan dengan istilah yang sering muncul menyerupai apa itu struktur sosial, konflik sosial, mobilitas sosial, kelompok sosial, perubahan sosial, forum sosial, dan masyarakat Indonesia yang multikultural. Pada penggalan akhir, pembelajar akan menerima pengetahuan ihwal bagaimana membuat, merancang dan melaksanakan penelitian sosial.



  • Sejarah


Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari ihwal kehidupan insan di masa lampau. Pelajaran jurusan IPS ini sangat penting tidak hanya bagi siswa, melainkan juga seluruh manusia. Kita perlu mengerti sejarah untuk melangkah ke masa depan akar kesalahan di masa kemudian tidak terulang.


Siswa yang berguru sejarah, awal mulanya akan dikenalkan dengan pengertian ihwal apa itu sejarah. Secara lebih spesifik, sejarah yang dipelajarai di Sekolah Menengan Atas selalu dalam konteks keindonesiaan. Materi yang dipelajari tentu saja ihwal sejarah Bangsa Indonesia dari pra abjad hingga modern.


Selanjutnya, ilmu yang dipelajari di mata pelajaran ini yaitu mengenai sejarah peradaban Bangsa Indonesia, dari sebelum anutan Hindu-Budha masuk hingga kala kolonialisme. Tak hanya hingga di situ, masa-masa awal berdirinya negara Indonesia juga diulas secara detail hingga dengan bagaimana struktur sosial dan politik Indonesia kala kontemporer. Dengan bekal pengetahuan sejarah ini, semestinya kecintaan kita pada Indonesia meningkat.


Pelajaran jurusan IPS yang ada di Sekolah Menengan Atas atau sederajat antara lain Sosiologi Pelajaran Jurusan IPS: Daftar Lengkap



  • Geografi


Geografi yaitu ilmu ihwal bumi dan penghuninya. Mata pelajaran ini masuk dalam pelajaran jurusan IPS alasannya sangat terkait dengan tempat dimana insan dan makhluk hidup lainnya tinggal; bumi. Perlu digarisbawahi, meskipun geografi masuk dalam pelajaran jurusan IPS di SMA, di tingkat universitas seringkali masuk dalam jurusan kuliah IPA. Hal ini barangkali alasannya di level perguruan tinggi tinggi, geografi yang dipelajari yaitu murni ihwal ilmu bumi dan sedikit sekali menyinggung manusianya.


Pembelajar geografi di Sekolah Menengan Atas pada mulanya akan dikenalkan dengan hakikat keilmuan geografi, tata surya dan bumi, batuan dan tanah, serta cuaca dan iklim. Semua konten pelajaran awal tersebut menjadi fondasi sebelum melangkah lebih jauh dan mempelajari kaitannya dengan kehidupan manusia.


Selanjutnya, pembelajar geografi akan mempelajari tetang tumbuhan dan fauna sebagai dua habitat penting di bumi selain manusia. Setelah tumbuhan dan fauna, sumber daya insan dan pelestarian lingkungan menjadi fakus bahasan berikutnya. Di tamat penggalan dari keseluruhan pelajaran, siswa akan mempelajari materi geografi yang lebih spesifik, seperti: peta, penginderaan jauh, sistem gosip geografi, dan perencanaan wilayah.



  • Ekonomi


Ekonomi seringkali dipahami sebagai ilmu yang mempelajari ihwal bagaimana masyarakat mencapai kesejahteraan. Pengertian lain yang cukup gampang dipahami yaitu ilmu ihwal penawaran dan permintaan. Ekonomi merupakan penggalan dari kehidupan sosial kemasyarakatan.


Pada awal mata pelajaran, siswa akan mempelajari ihwal kebutuhan manusia. Konsep ekonomi menyerupai produsen dan konsumen dikenalkan pada siswa. Kedua konsep ekonomi tersebut akan dikaitkan dengan undangan dan penawaran. Setelah memahami konsep dasar, pembelajar ekonomi akan mempelajari ihwal kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi. Siswa mulai terekspose dengan forum ekonomi negara termasuk bank dan sistem keuangan.


Selanjutnya, materi ekonomi yang dipelajari meliputi pembangunan ekonomi di Indonesia, anggaran pendapatan dan belanja baik tempat maupun negara (APBD dan APBN), pasar modal, dan sistem ekonomi secara umum. Menjelang akhir, pembelajar ekonomi akan banyak membahas ihwal akuntansi.


Baca juga Jurusan IPS: Prospek dan Peluang Kerja







  • Antropologi


Antropologi mempunyai irisan materi pelajaran dengan sosiologi. Hubungan keduanya sangat erat. Di beberapa fakultas di Indonesia, sosiologi dan antropologi berada dibawah naungan fakultas yang sama. Atau bahkan melebur menjadi satu departemen dengan nama departemen sosiologi dan antropologi. Antropologi yaitu ilmu yang mempelajari ihwal kebudayaan manusia.


Siswa Sekolah Menengan Atas yang mempelajari antropologi awalnya akan dikenalkan dengan hakikat ilmu antropologi. Kemudian, siswa akan berkenalan dengan keragaman bentuk dan perkembangan seni di Indonesia. Agama dan aliran kepercayaan yag ada di indonesia juga dipelajari, termasuk fungsi dan sikap agama dan aliran kepercayaan tersebut.


Selanjutnya, materi antropologi akan menyentuh aspek perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membuat dinamika budaya. Menjelang tamat materi, fokus studi banyak membahas ihwal metode penelitian yang biasa dipakai dalam riset antropologi menyerupai etnografi dan fenomenologi.



  • Akuntansi


Sudah disinggung di awal, bahwa akuntansi merupakan penggalan dari mata pelajaran ekonomi. Akuntansi yaitu studi ihwal perencanaan, penghitungan, penilaian dan auditing keuangan. Sebagai cabang dari ilmu ekonomi, siswa yang berguru akuntansi akan mempelajari materi ilmu ekonomi di awal.


Materi akuntansi yang dipelajari meliputi siklus keuangan perusahaan, neraca saldo, koperasi, administrasi tubuh usaha, dan kewirausahaan. Masing-masing penggalan akan membahas secara detail dan disertai praktik perhitungan matematis. Siswa yang mempelajari akuntansi akan bersahabat dengan rumus excel.


Tidak hanya mempelajari ihwal perencanaan dan penghitungan neraca keuangan, pembelajar akuntansi juga mempelajari sistem tubuh perjuangan dan kewirausahaan. Sistem koperasi yang dikenalkan oleh bapak koperasi Indonesia Bung Hatta juga dikenalkan. Beberapa sekolah memfasilitasi proses pembelajaran dengan berkunjung ke koperasi sekolah. Siswa akuntansi juga diperlukan mempunyai jiwa kewirausahaan nantinya.








Penjelasan singkat ihwal pelajaran jurusan IPS di atas banyak merujuk pada buku rujukan tingkat Sekolah Menengan Atas lintas kurikulum. Kesemuanya sudah saya rangkum dalam versi yang sangat singkat. Bila kita teliti lebih secama, ada persamaan diantara semua pelajaran jurusan IPS yang telah disebutkan. Persamaan tersebut yaitu ihwal ”kehidupan manusia”. Semua mata pelajaran jurusan IPS itu pada prinsipnya sama saja, beragamnya dimensi kehidupan manusia-lah yang mau tak mau membuat keberagaman aspek yang tercermin dalam keragaman daftar mata pelajaran jurusan IPS.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pelajaran Jurusan Ips: Daftar Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel