-->

iklan banner

√ Pengertian Akuntansi, Siklus Akuntansi, Dan Sejarah Akuntansi Dasar

Pengertiaan akuntansi – Akuntansi yakni proses yang dimulai dari mencatat, mengelompokkan, mengeolah serta menyajikan data, sehingga menghasilkan warta yang memungkinkan untuk pengambilan keputusan bahkan evaluasi bagi orang yang berkompeten. Pengertian akuntansi sebagai seni, akuntansi yakni proses mencatat, mengelompokan hingga dengan menyajikan data keuangan sanggup dikatakan sebagai seni sebab dilihat dari cara penerapannya.


Pengertian akuntansi sebagai sains, suatu bidang pengetahuan fenomena akuntansi secara objektif dan bebas nilai sebab sanggup dilihat dari cara penjelasannya. Pengertian akuntansi sebagai teknologi pengetahuan ilmiah untuk penyediaan warta keuangan untuk mencapai tujuan sosial dan ekonomi. Dapat dilihat dari perekayasaan laporan keuangannya.


Ngomong-ngomong mengenai pengertian akuntansi, apa sih akuntansi dasar itu? Akuntansi dasar yaitu aktivitas yang mencakup debit – kredit, penjurnalan, memosting jurnal ke buku besar, pembuatan neraca saldo, neraca percobaan dan penyajian laporan keuangan. Sejarah akuntansi, akuntansi ada semenjak insan mengenal uang dan mengesahan uang sebagai alat sah pembayaran.


 Akuntansi yakni proses yang dimulai dari mencatat √ Pengertian Akuntansi, Siklus Akuntansi, dan Sejarah Akuntansi Dasar


Pencatatan keluar masuk uang, adanya utang piutang, dan teransaksi lainnya berawal dan di catat di atas lempengan tanah liat kemudian berganti memakai lontar yang berupa naskah. Naskah tersebut berasal dari mesir yang merupalan jajahan romawi. Naskah yang dari lontar tersebut di temukan di babilonia pada 3600 M hingga kini masih disimpan dengan baik. Setelah beberapa waktu bangsa romawi memakai angka mereka sendiri hingga mereka menemukan kesulitan dan pada kesudahannya mereka memakai angka arab yang sudah dikenal bangsa mesir.


Perkembangan akuntansi terjadi beriringan dengan ditemukannya sistem pembukuan berpasangan yang ditemukan oleh pedagang populer pada abat itu. Pembukuan berpasangan tersebut merupakan pencatatan seluruh transaksi yang dibagi dalam 2 aspek yaitu debet kredit yang orientasinya imbang. Pada tahun 1494 akuntansi berkembang di italia kemudian keluar lah buku pertama perihal akuntansi yang memiliki sistem – sistem akuntansi. Dan sistem akuntansi itu terus berkembang hingga ketika ini.


Itu lah singkat ulasan perihal sejarah akuntansi, kini kita beralih mengenai siklus akuntansi. Siklus akuntansi yakni proses penyusunan laporan keuangan perusahaan yang sanggup diterima dan dipertanggung jawabkan. Berikut tahapan siklus akuntansi beserta penjelasannya.


Sikluis Akuntansi :


• Analisis transaksi akuntansi

Mencari warta yang berkaitan dengan jenis transaksi yang sudajh terjadi dalam satu periode.


• Pembuatan jurnal (pencatatan dalam jurnal)

Setelah mencari warta kemudian melaksanakan pencatatan dalam sebuah jurnal.


• Pemindahan catatan (posting) ke buku besar

Setelah melaksanakan pencatatan selanjutnya melaksanakan pemindahan dari jurnal ke buku besar.


• Pembuatan neraca saldo

Setelah melaksanakan pemindahan ke buku besar kemudian melaksanakan pembuatan neraca saldo, lengkap dengan data saldo pada periode tertentu.


• Mencatat (posting) dalam jurnal penyesuaian

Fungsi dari jurnal pembiasaan yakni untuk mengetahui pendapatan dalam periode tertentu pada ketika pendapatan telah sah menjadi hak peusahaan. Jurnal ini brtujuan untuk pencatatan beban biaya dan meyakinkan bahwa siklus akuntansi benar actual adanya.


• Menyusun neraca saldo serelah penyesuaian

Neraca saldo pembiasaan untuk memastikan balace atau tidak antara jumlah debit dengan saldo kredit. Neraca saldo pembiasaan merupakan acuan utama penyusunan laporan keuangan.


• Membuat laporan keuangan

Tahap terpenting dalam siklus akuntansi. Dalam pembuatan laporan keuangan sesuai pada bukti transaksi yang ada.


• Melakukan pencatatan dan posting di jurnal penutup

Jurnal yang menciptakan saldo akun nominal diantaranya penghasilan, bebab, dan deviden itu menjadi nol.


• Membuat neraca saldo sesudah penutupan

Tahapan akir siklus akuntansi menyusun neraca sado sesudah semuajurnal epilog selesai di posting di buku besar.


Baca juga : Pengertian Bisnis


Dan pembahasan yang terakhir yaitu pengantar akuntansi, pengantar akuntansi yakni seni keterampilan mencatat dan mengolah data keuangan dengan tujuan menghasilkan laporan keuangan. Kaprikornus menyerupai bangunan pengantar akuntansi itu menjadi pndasinya. Sekian sajian warta lengkap mengenai pengertian akuntansi dan juga siklus akuntansi. Semoga sanggup memperlihatkan manfaat untuk sahabat sahabat semuanya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pengertian Akuntansi, Siklus Akuntansi, Dan Sejarah Akuntansi Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel