-->

iklan banner

√ Pengertian Filsafat, Ilmu Pengetahuan, Dan Filosofi Berdasarkan Para Ahli

Filsafat Ilmu dan Filosofi – Pengertian filsafat secara umum, secara etimologi dan definisi berdasarkan para ahli, definisi dari negara barat, timur maupun Indonesia. Filsafat ialah kajian permasalahan umum dan dasar mengenai problem eksisitensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran dan bahasa. Pengertian filsafat secara umum sanggup di definisikan salah satu kebijaksanaan hidup (filosofia) supaya memperlihatkan pandangan hidup secara menyeluruh dengan dasar refleksi atas pengalaman hidup atau pengalaman ilmiah.


Selain itu arti filsafat juga bisa didefinisikan sebagai ilmu yang berusaha mecari alasannya ialah dengan sedalam mungkin  sesuatu dengan berdasarkan pikiran atau rasio. Filsafat  merupakan pandangan hidup sesorang atau kelompok orang yang merupakan konsep dasar perihal kenidupan yang dicitakan.


Apa itu Filsafat ?


Pengertian filsafat ialah ilmu pengetahuan yang mempunyai logika, metode dan sistem. Tetapi filsafat beda dengan ilmu pengetahuan perihal kehidupan. Maka dari itu juga mempunyai objek sendiri yang luas. Filsaftjuga sebuah studi mengenai semua insiden kehidpan dan pemikiran insan dengan kritis dan dijelaskan dengan konsep dasar.


Filsafat tidak didalami degan cara eksperimen dan percobaan, akan tetapi mengutarakan kasus dengan sama, mencari solusi, memperlihatkan argument dan memperlihatkan alasan yang sempurna untuk suatu solusi tertentu.


 secara etimologi dan definisi berdasarkan para jago √ Pengertian Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Filosofi Menurut Para Ahli


Proses tersebut diakhiri dengan memasukan ke sebuah proses dialektika. Studi falsafat harus dan mutlak diharapkan kecerdikan untuk berpikir dan kecerdikan bahasa. Maka dari itu filsafat merupakan ilmu yang hanya di sisi tertentu mempunyai cii eksak disamping dengan nuansa khas filsafat, menyerupai spekuasi, keraguan, rasa ingin tau dan ketertarikan. Selain itu juga diaritikan perjalanan menuju hal yang sangat dalam, hal yang biasa tidak tersentuh disiplin ilum lain yang bersikap skeptic dengan pertanyaan semua hal.


Dari klarifikasi di atas sanggup di simpulakan bahwa filsafat mempunyai hubungan dengan perjuangan mencari kebenaran mengenai hakikat hal yang ada melalui pemakaian kemampuan kecerdikan degnan optimal. Beneran dihasilkan dari pemikiran filsafat yaitu jawban dalam bentuk gagasan atau ide.


Pengertian filsafat secara etimolgi ialah sebanding degan kata falsafah dalam bahasa arab yang berasal dari bahasa yunani yaitu philein (mencintai) atau philia (prsahabatan) dan Sophos  (kebijaksanaan, keterampilan, pengalaman simpel dan integensi). Makara secara etimologis diartikan sebagai cinta atau cenderung akan kebijaksanaan atau cinta kepengetahuan ya bijaksana. Pengertian filsafat berdasarkan para jago sebagai berikut :


Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli



  1. Cicero


filsafat merupakan ibu dari semua seni, slain itu beliau juga mengartikan filsafat sebagi seni kehidupan.



  1. Aristoteles


filsafat merupakan harus mempunyai kewajiban dalam memeriksa alasannya ialah dan asas semua benda. Maka dari itu filsafat bersifat ilmu umum.



  1. Ibnu sina


Merupakan sesuatu pertama yang dihadapi seorang filsuf bahwa ada yang berbeda beda ada di yang hanya “mungkin ada”


Definisi Filosofi


Pengertian filosofi  berdasarkan etimologi filosofi ialah kata serapan bahasa inggris yaiu philosophy. Sedangkan philoshopy ialah kata serapan dari bahasa yunani yaitu merupakan campuran antar kata philo yang berarti cinta sedangkan Sophos berarti kebijaksanaan sehingga dijadikan sebuah kata khusus menjadi philosphia yang berarti cinta kebijaksanaan.


Pengertian filosofi ialah rangka berpikir kritis dalam mencari solusi atas semua permasalahan. Solusi yang didapat untuk mengatasi problem dengan cara berpikir dengan kritis yaitu buah dari pemikiran filosofis. Jika solusi problem tidak dipikir dengan matang dan kritis itu bukan buah pemikiran filosofis tetapi hanya asal bicara saja.


Dengan pengertian filosofi tersebut merupakan hal yang umum, tetapi memang benar. Filosofi membahas nilai, baik – buruk, estetika, pengetahuan dan subjek umum dan lainnya. Tetapi tidak dengan subjek tertentu yang bisa ditelaah dengan kritis, jadi subjek itu bisa menjadi bahan pengertian filsafat berdasarkan Louis O. Kattsoff.


Apabila dilihat dari sejarahnya filsafat barat pertama kali muncul di yunani asumsi pada kurun ke – 7 sebelum masehi. Sokrates, plato, dan aris toteles ialah pola filsuf yunani yang sering di dengar namanya. Folosofi ialah nama yang mengacu satu benda yang sama. Lalu apa filosofi itu ? berikut pengertiannya berdasarkan para jago :


Pengertian Filosofi Menurut Para Ahli



  1. Chin dank rammer


Fiosofi ialah disiplin ilmu yang hanya focus pada pencairan dasar dan klarifikasi nyata.



  1. Moya davis


Filosofi ialah ungkapan seorang perihal sikap, ilia dan keyakinan meskipun pada waktu lain ungkapan itu jadi ideology kelompok atau keyakinan kelompok.



  1. Pearson dan Vaughan


Filosofis ialah pendekatan berfikir mengenai kenyataan menyerupai tradisi, agama, marxime, existentialisme dan insiden yang mempunyai hubungan degna kesehatan masyarakat.


Pengertian filsafat semakin beragam, maka dikala ini ada beberapa perbedaan pada pengertian filsafat ilmu. Filsafat ilmu mempunyai konsep dasar yaitu kedudukan, focus, cakupan, tujuan dan fungsi yang berafiliasi dengan kebijakan sehari hari.


Fisafat ilmu membahas sistematika, permasalahan, keragaman pendekatan dan pola piker dalam mempelajari ilmu dan dimensi ontologies, episomologis an aksiologis. Lalu mempelajari perihal makna, kebijakan filsafat ilmu untuk dasar rangka memperkembangkan ilmu, pendidikan dengan menggunakan alternative metodologi penelitan, dan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, bahkan perbaduan keduanya.


Pengertian Filsafat Ilmu Menurut Para Ahli


Pengertian filsafat ilmu dalam arti luas ialah menjadi penampung kasus mengenai hubungan diluar aktivitas ilmiah misalnya tatasusila yang menjadi anutan penyelenggara ilmu. Sedangkan dalam arti sempit menjadi penampung kasus yang mengenai dengan hubungan dalam yang ada di dalm ilmu menyerupai menyangkut sifat pengetahuan ilmiah, dan cara berusaha dan mencapai pengetahuan ilmiah.


Pengertian filsafat ilmu berdasarkan beberapa para jago sebagi beriku :



  1. Robert Ackerman


Filsafat ilmu ialah dalam suatu segi yang tinjauan kritis mengenai pendapat ilmiah remaja dengan membandingakan kepada kriteria yang dikembangkan maka dari itu, tetapi filsafat ilmu bukan kemandirian cabang ilmu dari praktek ilmiah actual.



  1. Lewis White Beck


Filsafat ilmu ialah membahas dan melaksanakan penilaian metode pemikiran ilmmiah dan mencoba menemukan dan seberapa penting upaya ilmiah bagi suatu keseluruhan.



  1. Cornelius Benjamin


Filsafat ilmu ialah yang sistematis mengartiakan sifat dasar ilmu, utamanya perihal metode, konsep, dan pra anggapan, dan letaknya dalam kerangka umum dari cabang pengetahuan intelektual. Sehingga posisinya dalam kerangka umum caang pengetahuan intelektual.



  1. May Brodbeck


Filsafat ilmu ialah pengertian mengenai kecerdikan intern dari teori ilmiah dan hubungan antar percobaan dan teori yaitu metode ilmiah.



  1. Stephen R. Toulmin


Filsafat ilmu ialah unsur yang terlibat pada proses penyidikan ilmiah mekanisme pengamatan, pola perbincangan, metode penggtian dan perhitungan, pra anggapan metafisis dan lainnya lalu  menilai dasar bagi kesalahannya dari sdut tinjauan kecerdikan formal, metodologi simpel dan mtafsika.


Baca juga : contoh cerpen


Berikut beberapa pola filosofi yakni filosofi pendidikan, filosofi bisnis, filosofi  organisasi, filosofi administrasi, sedangkan pola filsafah yakni berpindah daerah waktu makan, berselitun menggunakan tikar, berfoto dalam jumlah ganjil, gadis basuh rambut pada hari sabtu, bulu mata yang jatuh atau rontok, malin kundang, bernyanyi dan bersiul dikala makan.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pengertian Filsafat, Ilmu Pengetahuan, Dan Filosofi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel