-->

iklan banner

√ Pengertian Marketing / Pemasaran Beserta Konsep, Taktik Dan Tugasnya

Pengertian Marketing / Pemasaran – Sebuah perusahaan tidak akan pernah terlepas dari yang namanya marketing atau pemasaran. Salah satu jabatan yang menjadi ujung tombak sebuah perusahaan ini tentunya membutuhkan skill yang mumpuni. Bagaimana tidak, marketing Pengertian pemasaran yaitu aktivitas wajib perusahaan jasa maupun dagang yang berkaitan dengan kelangsungan hidup usahanya. Dimana aktivitas pemasaran ini berafiliasi eksklusif dengan konsumen. Dengan kata lain pengertian pemasaran yaitu aktivitas insan yang berkaitan eksklusif dengan konsumen. Beberapa andal mengungkapkan pengertian pemasaran sebagai berikut.


Pengertian Marketing /Pemasaran  Menurut Para Ahli :


a. Kotler (2001)

Pemasaran yaitu kegiaan pasar yang mempunyai target demi mewujudkan pertukaran yang potensial dengan tujuan memenuhi kebutuhan atau impian manusia, dengan kata lain keberhasilan pemasaran yaitu kunci kesuksesan suatu perusahaan.


b. Stanton (2001)

Pengertian pemasaran yaitu sistem keseluruhan dari aktivitas bisnis yang dibentuk untuk merncanakan, memilih harga, memproduksi barang atau jasa yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan pembeli.


 Sebuah perusahaan tidak akan pernah terlepas dari yang namanya marketing atau pemasaran √ Pengertian Marketing / Pemasaran Beserta Konsep, Strategi dan Tugasnya


Biasanya pengertian marketing salah diartikan oleh sebagian banyak orang, banyak orang menyebut marketing yaitu sales padahal dengan terang bahwa marketing yaitu bahasa inggris dari pemasaran. Kaprikornus intinya pengertian marketing dan pemasaran itu sama, sama – sama melaksanakan aktivitas eksklusif dengan konsumen dan menjadi kunci sukses sebuah perusahaan.


Agar mengetahui kunci sukses suatu perusahaan membutuhkan konsep pemasaran, diantarnya untuk dijadikan pijakan sebelum menjual barangnya kepada konsumem. Berikut ini ada 6 konsep pemasaran sebagai berikut.


Konsep Marketing / Pemasaran :


a. Konsep Produksi

Konsep dimana para konsumen menyukai produk tertentu yang dapat ditemukan dimana saja dan berharga relatif murah. Maka efisiensi produk tinggi dan meluasanya area distribusi yang menjadi orientasi. Maka dari itu perusahaan harus memperbanyak produk sebanyak – banyaknya supaya konsumen dapat mendapat barang dimana saja.


b. Konsep Produk

Konsep ini yang membahas atau yang mendasari perihal kualitas, mutu, bahkan performa yang baik. Kaprikornus suatu perusahaan harus memproduksi barang yang mempunyai kualitas, mutu dan performa yang terbaik. Selain itu packaging yang menarik akan menarik perhatian konsumen.


c. Konsep Penjualan

Sebuah konsep yang dibentuk untuk menjual dan memasarkan produk perusahaan baik dengan cara promosi dan periklanan untuk memperkenalkan detail produk kepada konsumen.


d. Konsep Pemasaran

Konsep yang memperhatikan impian pasar, penentuan kebutuhan konsumen serta menawarkan kepuasan yang efektif dan efisien dari kompetitornya.


e. Konsep Pemasaran Sosial

Pada konsep ini perusahaan akan memilih keinginan, kebutuhan, kepentingan paar dan harus menawarkan kepasan tanpa melupakan kesejahteraan sosial masyarakat.


f. Konsep Pemasaran Global

Konsep ini olebih konsentrasi pada lingkungan yang dapat menghambat marketing. Eksekutif manager harus mempunyai managemen yag strategis.


Dalam menjalankan usahanya perusahaan harus mempunyai seni administrasi pemasaran. Ada 5 unsur yang mendasari dalam penentuan atau pembuatan seni administrasi pemasaran diantaranya.


Strategi Pemasaran / Marketing :


a. Penentuan Pasar

menentukan pasar mana saja yang di layain ibarat kalangan remaja, kalangan pelajar

atau mahasiswa. Ini merupakan seni administrasi awal dalam berusaha alasannya yaitu sebelum kita memilih pasar kita tidak dapat mempromosikan bahkan memproduksi barang yang akan kita jual.


b. Perncanaan Produk

setelah kita memilih pasar mana yang akan kita layani gres kita bis memilih produk apa yang akan kita jual sesuai kebutuhan dan impian pasar. Selain itu kita dapat memilih berapa banyak produk dan kemasan yang menarik.’


c. Manajemen Harga

salah satu cara yang strategis dalam mengawali persaingan, ibarat memilih harga promosi, eceran, grosir maupun reseller. Selain itu pasar juga ikut memilih harga dan memberi respon terhadap produk perusahaan.


d. Distribusi

perusahaan harus mempunyai rantai distribusi yang baik apabila rantai distribusi macet maka produk tidak akan hingga ke tangan konsumen dengan cepat. Sehingga gambaran perusahaan akan rendah di mata konsumen.


e. Komunikasi dan Promosi

strategi ini yaitu awal pertemuan dan hubungan berupa informasi. komunikasi yang baik akan meningkatkan gambaran perusahaan yang baik terhadapp konsumen ke perusahaan.


Setelah kita membahas pengertian, konsep hingga seni administrasi pemasaran kini kita beranjak dan beralih ke kiprah marketing. Ada beberapa kiprah marketing yang harus di kerjakan untuk kelancaran perusahaan diantaranya.


Tugas kiprah Marketing :


a. merencanakan produk

Bagian kiprah marketing disini harus merencanakan produk apa yang akan di produksi dan mengamati minat pasar terlebih dahulu.


b. menetapkan harga

Bagian marketing akan mencermati harga produk di pasaran berapa dan akan menetapkan harga sesuai dengan harga pasar.


c. promosi

Bagian marketing harus mempromosikan produk yang akan di jual ke konsumen dapat lewat media online, menawarkan promo, voucher supaya konsumen tertarik kepada produk yang di produksi.


Demikianlah serangkaian isu mengenai apa itu marketing dan apa saja tanggung jawab dan kiprah tugasnya. Untuk menambah wawasan anda dalam dunia bisnis, jangan lupa juga untuk mengulas sajian isu lainnya dari kami, ibarat pada artikel pengertian supervisor. Sekian dan semoga bermanfaat!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pengertian Marketing / Pemasaran Beserta Konsep, Taktik Dan Tugasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel