-->

iklan banner

Prediksi Soal Latihan Usbn Sd/Mi 2019 Dan Kunci Jawaban

Prediksi Soal Latihan USBN SD/MI 2019 Dan Kunci Jawaban – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas materi pola – pola soal wacana USBN tingkat SD/MI tahun 2019 beserta kunci jawabannya.

Mata pelajaran yang akan kita bahas pada artikel ini yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk lebih jelasnya mari kita simak materinya dibawah berikut ini!

Mata pelajaran yang akan kita bahas pada artikel ini yakni Bahasa Indonesia Prediksi Soal Latihan USBN SD/MI 2019 Dan Kunci Jawaban

Apa Itu USBN?

USBN kepanjangan dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional merupakan sebuah ujian yang dilaksanakan pada simpulan kelulusan siswa pada tingkat sekolah baik itu SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Ujian ini dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia dan dengan sistem dan pelajaran yang sama, dengan tingkat kesulitan yang sama, artinya tidak ada perbedaan mau itu di pelosok atau dikota, semua sama.

Perlu kita ketahui bahwa soal US jenjang SD/MI tahun 2019 ini dibentuk oleh pemerintah provinsi berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota didasarkan kisi-kisi yang telah dibuat. Bentuk soal US SD/MI tahun 2019 yakni Pilihan Ganda. yang terdiri dari Bahasa Indonesia sebanyak 50 soal, Matematika 40 soal, serta IPA 40 soal

USBN ini juga merupakan salah satu penentu lulus atau tidaknya seorang siswa. Apabila siswa sanggup lulus menempuh ujian ini, maka sudah dipastikan siswa tersebut sanggup lulus sekolah dan begitu sebaliknya.

Untuk itu penting sekali bagi kita untuk berguru wacana kisi-kisi ujian USBN ini, semoga kita mempunyai persiapan yang matang untuk menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional tersebut.

Prediksi Soal USBN SD Tahun 2019

Berikut ini ada beberapa pola soal yang mungkin saja keluar pada  soal USBN SD/MI 2019 nanti :

PETUNJUK UMUM
1. Tulis nama pada sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti dan cermat.

3. Kerjakan terlebih dahulu soal yang dianggap paling mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada pengawas.

Bahasa Indonesia

Berilah Tanda Silang (X) Pada Huruf A, B, C, atau D Pada Jawaban Yang Tepat!

1. Pertandingan sepakbola antara PSS melawan Persebaya berakhir dengan kemenangan Persebaya.

Baca Juga

Suasana pertandingan berlangsung sangat meriah. Para suporter telah membanjiri Stadion
Maguwoharjo sebelum pertandingan dimulai. Mereka saling menjaga diri untuk tidak membuat
keributan hingga pertandingan usai.
Makna kata suporter dalam paragraf tersebut yakni ….
A. penonton
B. pendukung
C. peminat
D. pemirsa
2. Bertani jagung dimulai dengan menanam bijinya. Setelah tiga hingga empat hari bakal tumbuhan akan
muncul di permukaan tanah. Petani sanggup memanen jagung sesudah tumbuhan berusia tiga setengah
bulan. Itulah tahapan petani dalam menanam jagung.
Ide pokok paragraf tersebut yakni ….
A. teknik bertani jagung
B. awal mula bertani jangung
C. tahapan bertani jagung
D. usia jagung dipanen
3. Air limbah yang berasal dari industri tekstil sangat berbahaya. Air itu mengandung racun. Racun
tersebut sanggup mengganggu kesehatan manusia.
Makna kata limbah pada paragraf tersebut yakni ….
A. sesuatu yang tidak dipakai
B. sisa proses produksi
C. sisa materi industri
D. materi sortiran pabrik
4. Pohon itu kelihatan pendek.
Antonim kata pendek dalam kalimat tersebut yakni ….
A. besar
B. tinggi
C. panjang
D. rimbun

5. Belanda ingin mengalahkan Diponegoro namun belum berhasil. Belanda berbohong untuk
mengalahkannya. Pimpinan Belanda, akal-akalan mengajak Diponegoro berunding di Magelang. Akan
tetapi, Diponegoro ditangkap. Beliau diasingkan ke Batavia, lalu Manado. Akhirnya Diponegoro
dipindahkan ke Makasar hingga wafat 8 Juni 1855.
Bagaimana cara Belanda mengalahkan Diponegoro?
Cara Belanda mengalahkan Diponegoro dengan ….
A. penangkapan
B. penipuan
C. pengasingan
D. penculikan
6. Setiap sekolah menggalakkan gerakan literasi dengan beberapa kegiatan. Salah satu diantaranya adalah
membaca buku sepuluh menit sebelum pelajaran dimulai. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan
kebiasaan membaca. Dengan membaca, pengetahuan dan wawasan siswa semakin luas.
Mengapa literasi perlu digalakkan?
Literasi perlu digalakkan ….
A. semoga sanggup membaca buku sebelum pelajaran dimulai
B. untuk menumbuhkan kebiasaan dalam membaca
C. supaya pengetahuan membaca kita semakin banyak
D. semoga wawasan buku yang kita baca semakin luas
7. Kita sanggup menciptakan kompas dengan cara sederhana. Cara membuatnya dengan menimbun sampah
dedaunan di dalam lubang. Sebaiknya, lubang dibentuk di daerah teduh. Hal ini dilakukan untuk
mempercepat proses pembusukan.
Jika timbunan sampah dedaunan tidak diletakkan di daerah teduh yang terjadi yakni ….
A. daerah teduh akan mempercepat pembusukan
B. kelembaban udara mempercepat dedaunan busuk
C. sampah dedaunan tidak akan cepat membusuk
D. sampah dedaunan tidak akan pernah busuk
8. Bacalah teks percakapan berikut dengan cermat!
Erwin : “Han, ayahmu berada di rumah?”
Hani : “Tidak. Kau jadi akan berguru cara mencangkok pohon?”
Erwin : “Ya. Dimana beliau?”
Hani : “Ayahku masih bekerja.”
Erwin : “Kapan dia pulang?”
Hani : “Biasanya sore.”
Erwin : “Baiklah, nanti sore saya kembali ke sini.”

Topik teks percakapan tersebut yakni ….
A. berguru mencangkok pohon
B. mencangkok pohon bersama
C. rencana berguru mencangkok
D. cara mencangkok pohon
9. Baca cuplikan teks laporan berikut dengan cermat!
Siswa kelas VI SD Mulia mengadakan kunjungan ke Museum Kraton Yogyakarta. Kunjungan tersebut
dilaksanakan pada Selasa, 9 Januari 2018. Museum Kraton Yogyakarta terletak di dalam area Kraton
Yogyakarta. Di dalam museum, para siswa sangat tertib dan bersikap sopan. Siswa tidak memegang
barang yang dilarang disentuh. Mereka mengamati benda koleksi museum dengan tenang.
Isi laporan tersebut yakni ….
A. ketertiban siswa kelas VI SD Mulia di dalam Museum Kraton Yogyakarta
B. siswa SD Mulia mengamati bangunan-bangunan di dalam Kraton Yogyakarta
C. pada Selasa, 9 Januari 2018, siswa kelas VI SD Mulia mengunjungi kraton
D. Museum Kraton Yogyakarta menerapkan banyak sekali peraturan bagi pengunjung.
10. Perhatikan cuplikan pidato berikut!
Teman-teman, waktu ujian sekolah semakin dekat. Jangan terlena dan bermalas-malasan, bila tidak
ingin kecewa. Nilai ujian sekolah yang memuaskan harus diraih. Dengan demikian kita dapat
melanjutkan ke sekolah lanjutan yang diinginkan. Marilah berguru dengan lebih rajin semoga menerima nilai
ujian yang memuaskan!
Isi pidato tersebut yakni ….
A. berguru rajin semoga memperoleh nilai ujian sekolah yang memuaskan
B. siswa dilarang terlena terhadap nilai ujian sekolah yang memuaskan
C. sesudah lulus, siswa sekolah dasar harus melanjutkan ke sekolah lanjutan
D. siswa yang bermalas-malasan niscaya tidak sanggup melanjutkan ke sekolah lanjutan

Kunci Jawaban!

1.B
2.C
3.B
4.B
5.B
6.B
7.C
8.C
9.A
10.A

Matematika

Berilah Tanda Silang (X) Pada Huruf a, b, c atau d Di Depan Jawaban Yang Paling Benar !

1. Hasil dari 7.598 – 1.637 – 2.893 + 4.716 yakni ….
a. 7.784
b. 7.812
c. 7.856
d. 7.903

2. Hasil pengerjaan dari 64 x 826 : 28 yakni ….
a. 1.678
b. 1.762
c. 1.888
d. 1.916

3. Suhu udara di puncak gunung pada pukul 03.00 yakni -10° C. Setelah matahari terbit,
energi matahari menaikkan suhu udara di puncak gunung tersebut. Jika setiap jam suhu
udara di puncak guning naik 5° C, suhu udara pada pukul 15.00 menjadi …. C°
a. 23
b. 24
c. 26
d. 28
4. Bus Harapan Jaya berangkat dari terminal setiap 30 menit sekali. Bus Pelita Indah berangkat
dari terminal setiap 45 menit sekali, dan bus Barokah berangkat setiap 60 menit sekali. Jika

ketiga bus berangkat tolong-menolong pada pukul 05.00, ketiga bus akan berangkat bersama-
sama lagi pada pukul ….

a. 07.00
b. 08.00
c. 09.00
d. 10.00

5. Herlina ingin menciptakan gelang. Ia membeli manik-manik warna merah 80 butir, hijau 75
butir, dan biru 50 butir. Herlina akan menciptakan gelang dari manik-manik tersebut dengan
serpihan warna yang sama. Banyaknya manik-manik pada setiap gelang yakni ….

a. manik-manik merah 20, manik-manik hijau 15, manik-manik biru 10
b. manik-manik merah 18, manik-manik hijau 16, manik-manik biru 12
c. manik-manik merah 18, manik-manik hijau 15, manik-manik biru 10
d. manik-manik merah 16, manik-manik hijau 15, manik-manik biru 10

6. KPK dari 85, 90, dan 125 dalam bentuk faktorisasi prima yakni ….
a. 2 x 3 x 52
b. 2 x 32 x 52
c. 2 x 33 x 52
d. 2 x 32 x 53

7. Hasil dari √ x √ yakni ….
a. 1.015
b. 1.050
c. 1.085
d. 1.120

8. Ada 5 kotak berbentuk kubus ditumpuk. 2 kotak berukuran besar, 3 kotak berukuran kecil.
Volume kotak besar 1.728 cm dan kotak kecil 343 cm. Tinggi tumpukan kelima kotak
tersebut yakni …. cm.
a. 40
b. 45
c. 50
d. 55

9. Urutan pecahan 110 % ; 1 2/3 ; 1, 68 ; 7/5 dari yang terbesar yakni ….
a. 1 2/3 ; 1,68 ; 7/5 ; 110%
b. 1,68 ; 1 2/3 ; 110% ; 7/5
c. 7/5 ; 1 2/3 ; 110% ; 1,68
d. 1,68 ; 1 2/3 ; 7/5 ; 110%

10. Hasil dari 8/5 – 90% + 0,45 × 1 1/2 yakni ….
a. 1,325
b. 1,375
c. 1,415
d. 1,425

Kunci Jawaban!

  1. A
  2. C
  3. C
  4. B
  5. D
  6. D
  7. A
  8. B
  9. D
  10. B

Ilmu Pengetahuan Alam

Berilah Tanda Silang (X) Pada Salah Satu Jawaban A, B, C, atau D Yang Kamu Anggap Paling Benar!

1. Simbiosis mutualisme ditunjukkan oleh ….
A. tali putri dengan teh-tehan
B. gulma dengan tumbuhan padi
C. anggrek dengan pohon besar
D. kerbau dengan burung jalak
2. Perhatikan gambar berikut!

Peran musang dan tikus pada rantai makanan menyerupai pada gambar yakni ….

Mata pelajaran yang akan kita bahas pada artikel ini yakni Bahasa Indonesia Prediksi Soal Latihan USBN SD/MI 2019 Dan Kunci Jawaban
A. konsumen I dan III
B. konsumen I dan IV
C. konsumen II dan I
D. konsumen II dan III
3. Perhatikan urutan binatang berikut!
1 cumi-cumi memancarkan cahaya
2 Trenggiling Mengeluarkan wangi menyengat
3 Ikan lele Memiliki misai
4 Burung pelatuk Paruh runcing dan melengkung
Pasangan nama binatang dan cara pembiasaan yang benar ditunjukkan nomor ….
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 2 dan 3
D. 1 dan 4

4. Perhatikan gambar berikut!

Mata pelajaran yang akan kita bahas pada artikel ini yakni Bahasa Indonesia Prediksi Soal Latihan USBN SD/MI 2019 Dan Kunci Jawaban

Hewan yang mempunyai bentuk pembiasaan yang sama dengan berpura-pura mati ditunjukkan nomor ….
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
5. Pelestarian gajah di Taman Nasional Way Kambas bertujuan untuk ….
A. mempertahankan populasinya
B. menjaga habitat alami gajah
C. mengurangi jenisnya
D. melestarikan flora
6. Curah hujan yang tinggi di wilayah perbukitan menciptakan lahan pertanian berkurang kesuburannya
alasannya erosi. Cara yang sanggup kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut yakni ….
A. melaksanakan rotasi tanaman
B. menciptakan teras bertingkat
C. mengganti jenis tumbuhan palawija
D. melaksanakan sistem tumpang sari
7. Fungsi utama batang pada tumbuhan yakni untuk ….
A. fotosintesis dan perkembangbiakan generative
B. menopang berdirinya tumbuhan dan transportasi
C. pernapasan dan menyerap unsur hara
D. menyerap unsur hara dan transportasi
8. Perhatikan gambar!

Mata pelajaran yang akan kita bahas pada artikel ini yakni Bahasa Indonesia Prediksi Soal Latihan USBN SD/MI 2019 Dan Kunci Jawaban

Hewan yang mengalami metamorfosis menyerupai gambar tersebut yakni ….
A. nyamuk dan lebah
B. lalat dan rayap
C. lebah dan belalang
D. jangkrik dan kecoa

9. Petani mengalami gagal panen alasannya serangan hama wereng. Tahapan daur hidup wereng yang
merugikan petani yakni ….
A. dewasa
B. pupa
C. nimfa
D. telur
10. Perhatikan gambar!

Mata pelajaran yang akan kita bahas pada artikel ini yakni Bahasa Indonesia Prediksi Soal Latihan USBN SD/MI 2019 Dan Kunci Jawaban

Arah gerak sendi yang dipegang yakni ….
A. dua arah
B. satu arah
C. segala arah
D. bergeser

Kunci Jawaban!
1. D
2. C
3. A
4. B
5. A
6. B
7. B
8. A
9. A
10. B

Baca Juga:


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prediksi Soal Latihan Usbn Sd/Mi 2019 Dan Kunci Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel