-->

iklan banner

Rumus Roi Dan Cara Menghitung Return Of Invesment

Rumus ROI – Ulasan kali ini kita akan berguru bagaimana caranya menghitung Cara Menghitung Return Of Invesment dengan memakai Rumus ROI yang benar dan tepat. Nah, dalam semua perjuangan bisnis, tentunya kita harus cermat dan jeli dalam melihat peluang perjuangan mana yang lebih menjanjikan dan menguntungkan atas uang yang akan kita tanamkan. Juga kita harus bisa menghitung apakah suatu perjuangan yang kita jalankan tersebut akan memperlihatkan keuntungan menyerupai yang kita harapkan.

Oleh sebab itu perlu bagi kita untuk mengetahui tingkat keuntungan atas investasi yang telah kita lakukan dalam suatu usaha. Begitupun hal ini berlaku bagi investor sebelum melaksanakan investasi atas dana yang mereka miliki, perlu untuk mempertimbangkan prediksi ROI yang sempurna yang akan ditawarkan oleh rekan bisnis kita.

Apakah yang dimaksud dengan ROI itu? Definisi ROI adalah rasio keuntungan atau kerugian yang dibentuk pada tahun fiskal yang dinyatakan dalam bentuk investasi. Hal tersebut dinyatakan dalam hal persentase kenaikan atau penurunan nilai investasi sepanjang tahun yang bersangkutan.

 Ulasan kali ini kita akan berguru bagaimana caranya menghitung Cara  Rumus ROI dan Cara Menghitung Return Of Invesment

Sedangkan pengertian Return Of Invesment ialah kepanjangan daripada ROI yang juga mempunyai artian sama yakni dari abreviasi bahasa Inggris : return on investment) atau ROR (singkatan bahasa Inggris: rate of return) yang mana dalam bahasa Indonesia disebut keuntungan atas investasi – ialah rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi, relatif terhadap jumlah uang yang di investasikan.

Jumlah uang yang diperoleh atau hilang tersebut sanggup disebut bunga atau laba/rugi. Investasi uang sanggup dirujuk sebagai aset, modal, pokok, basis biaya investasi. ROI biasanya dinyatakan dalam bentuk persentase dan bukan dalam nilai desimal.

Selain itu berguru rumus ROI atau return on invesment juga sangat menarik sebab ini ialah metrik yang sangat terkenal sebab fleksibilitas dan kesederhanaannya dalam menghitung keuntungan atau rugi. Intinya, keuntungan atas investasi sanggup dipakai sebagai ukuran dasar dari profitabilitas investasi.

Rumus ROI bisa sangat gampang untuk menghitung dan menafsirkan dan sanggup diterapkan pada banyak sekali jenis investasi. Artinya, jikalau investasi tidak mempunyai ROI yang positif, atau jikalau investor mempunyai peluang lain yang tersedia dengan ROI yang lebih tinggi, maka nilai ROI ini sanggup menginstruksikan kepadanya investasi mana yang lebih disukai daripada yang lain.

Cara Menghitung ROI Return Of Invesment

Rumus ROI = ( Total Penjualan – Investasi ) / Investasi x 100%

Contoh soal perhitungan ROI, jikalau investasi sebesar Rp 10.000.000 menghasilkan penjualan sebesar Rp 15.000.000, berarti diperoleh keuntungan sebesar Rp 5.000.000.

Maka secara sederhana perhitungan ROI dalam presentase ialah = ((Rp 15.000.000 – Rp 10.000.000) / Rp 10.000.000) x 100% ialah sebesar 50%. Maka sanggup disimpulkan tingkat ROI nya ialah sebesar 50%.

Seringkali kita hanya berfokus pada margin keuntungan atas produk atau jasa, akan tetapi kita seharusnya juga menghitung ROI secara akurat untuk mendapat kepastian dan keyakinan bahwa perjuangan yang dijalankan bisa terus berkembang.

Dalam menjalankan bisnis, seorang entrepeneur harus memperhatikan jumlah dana yang harus diinvestasikan dalam mencapai sasaran penjualan, jumlah margin keuntungan yang diperoleh dan belahan dari margin keuntungan tersebut yang akan dipakai untuk membuatkan bisnis.

Apabila investasi yang dilakukan hanya menghasilkan margin keuntungan yang sedikit, maka perjuangan tersebut akan mengalami kesulitan untuk berkembang di masa yang akan tiba dan bahkan dalam jangka panjang akan mengalami kegagalan.

Baca juga : Cara menghitung PPN

Contoh Soal Rumus ROI

Sebagai referensi menghitung Return Of Invesment ialah investasi Bisnis A sebesar Rp 1000 menghasilkan untung Rp 100 (ROI = 10%) dibandingkan dengan investasi Bisni B Rp 100 menghasilkan untung Rp 50 (ROI = 50%).

Investasi Bisnis B memperlihatkan jumlah/nominal lebih kecil namun rasio ROI nya jauh lebih besar daripada investasi pada Bisnis A. Bisa kita katakan dalam hal ini investasi pada Bisnis B lebih baik dibandingkan dengan investasi pada bisnis A. Sekian ulasan kita tentang Rumus ROI dan Cara Menghitung Return Of Invesment yang benar dan sempurna kali ini. Semoga sanggup bermanfaat.


Sumber http://b1ixbux.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Roi Dan Cara Menghitung Return Of Invesment"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel