-->

iklan banner

5 Hal Yang Perlu Diketahui Mengenai Internet 5G

Teknologi internet nirkabel berikutnya yaitu 5G dan sudah mulaih banyak digunakan. Banyak operator jaringan internet di dunia sudah mengumumkan rencana peluncuran jaringan 5G. Nah, sekarang sudah saatnya kita mencari tahu hal apa saja yang perlu kita ketahui mengenai 5G sebelum teknologi jaringan ini mulai mendukung perangkat-perangkat mobile keluaran terbaru.


Para gamers profesional dan vlogger yang mendapatkan uang dari YouTube sebagai penghasilan utamanya sudah barang tentu sangat membutuhkan internet 5G yang jauh lebih cepat dibandingkan 4G. Sekarang banyak kegiatan yang butuh koneksi internet cepat, contohnya bermain game online battle royale multi-player, video producer atau vlogger individu yang butuh mempublikasikan banyak video dalam sehari dari lapangan atau video live streaming, dan lain sebagainya. Oleh lantaran itu, kehadiran internet 5G sudah barang tentu ditunggu-tunggu bagi siapa saja yang ketergantungan dengan internet.


Apa itu 5G?


5G yaitu jaringan nirkabel standar atau bahasa umumnya disebut dengan jaringan internet 5G. Jadi, sebelum kau bisa menikmati internet 5G yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan 4G, perlu memenuhi persyaratan yang berlaku. Sama menyerupai pada dikala internet 4G marak dipromosikan oleh operator seluler. Kita hanya bisa menikmati jaringan 4G jikalau perangkat atau gadget kita sudah mendukung jaringan 4G. Demikian juga dengan jaringan 5G, kita harus mempunyai perangkat yang bisa mendapatkan jaringan tersebut.


G yang tertera pada 5G mempunyai arti Generation atau generasi. Kaprikornus 5G yaitu teknologi jaringan nirkabel generasi kelima. Biasanya setiap generasi jaringan nirkabel gres didefinisikan dengan transmisi data. Yang mana jaringan 1G yaitu generasi teknologi standard jaringan nirkabel pertama dan 5G merupakan yang terbaru dan tercepat untuk dikala ini. Ada fitur lain yang mencolok pada jaringan 5G, yaitu latensi yang lebih rendah atau jeda keterlambatan koneksi antara si pengirim dan akseptor data sangat singkat, yaitu maksimal 10 milidetik. Dengan demikian, jaringan internet 5G sangat cocok untuk menghubungkan jumlah perangkat yang banyak yang terhubung secara bersamaan. Inilah fitur andalah jaringan internet 5G yang nantinya akan memasyarakan menyerupai layaknya 4G yang baru-baru ini ketersediaannya di daerah-daerah sudah hampir sama merata menyerupai 3G.


Kegunaan 5G


Nah, fitur low latency 5G bisa diandalkan untuk kegiatan yang membutuhkan komunikasi via jaringan internet yang secara bersamaan menghubungkan lebih dari 2 perangkat. Khususnya voice atau video chat. Contoh sederhananya menyerupai dikala kita sedang main PUBG Mobile atau game Battle Royale menyerupai PUBG yang membutuhkan voice chat semoga bisa berkomunikasi dengan tim atau musuh secara online.


Standar jaringan 5G membutuhkan transmisi data yang lebih cepat, lebih rendah latensi dan cakupan yang lebih banyak dan luas dalam koneksi perangkat secara bersamaan. Dalam arti lain, memakai jaringan 5G bisa mengunduh lebih cepat dan streaming live video hampir tanpa jeda. Dan yang lebih hebatnya lagi, bisa mengunduh film atau video 8K ​​dalam hitungan detik, bukan menit atau jam.


Kegunaan 5G bukan hanya cocok untuk konektivitas biasa saja. Karena kecepatan transfer datanya sangat tinggi dan rendah latency, teknologi jaringan ini cocok dipakai pada mobil-mobil terbang. Saat ini proses roduksi massal kendaraan beroda empat terbang belum ada lantaran tantangannya banyak dan resikonya juga besar. Hal tersebut disebabkan oleh probabilitas keselamatan pengendara kendaraan beroda empat terbang yang susah diatasi diatasi.


Nah, dengan hadirnya teknologi 5G, bisa diandalkan pada kendaraan beroda empat terbang untuk sanggup mengatasi problem keselamatan pengendara. Misalnya 5G dipasang pada jaringan komputer dengan sensor AI yang dipasang pada kendaraan beroda empat terbang. Alhasil kendaraan beroda empat terbang pun bisa mengkomunikasikan data dalam jumlah besar ke perangkat lain dengan latensi nol. Dengan demikian kendaraan beroda empat terbang sanggup bertukar data dalam waktu yang sangat sangat singkat dengan kendaraan beroda empat terbang lainnya semoga terhindar dari aneka macam faktor risiko kecelakaan. Gagasan sudah mulai dipakai pada generasi kendaraan beroda empat self-driving atau kendaraan beroda empat masa depan. Contohnya pada dikala Asian Games 2018, yang mana area luar stadion GBP dilengkapi dengan kendaraan beroda empat otomatis pengantar pengunjung yang dilengkapi dengan sensor yang didukung oleh 5G.


Bagaimana Cara Kerja Jaringan 5G?


Jika kita membahas mengenai cara kerja 5G, penjabarannya agak rumit. Banyak istilah-istila yang masih belum lazim ditelinga kita. Contohnya ada istilah full duplex, massive MiMo, atau beamforming. Istilah-istilah tersebut mungkin masih belum biasa kita dengar, apalagi artinya. Tapi setidaknya dari sudut pandang secara umum untuk memahami cara kerja 5G, hal yang perlu diketahui yaitu bahwa 5G mentransmisikan data dengan metode yang berbeda dari generasi jaringan nirkabel sebelumnya. Kenapa berbeda? Tentu saja, lantaran generasi teknologi jaringan nirkabel sebelumnya tidak sanggup mentransmisikan atau menyarkan data secepat kecepatan 5G.


Untuk menjelaskan penyaran data tersebut secara sederhana, data ditransmisikan ke-dan-dari perangkat melalui rentang grup band dan frekuensi tertentu. Sementara suatu jenis atau tingkat grup band dan frekuensi tertentu mempunyai keterbatasan penyaran data secara cepat dan dengan tingkat latensi tertentu. Nah, 5G bisa melampaui batasan tersebut dengan memakai frekuensi yang berbeda.


Salah satu alasan utama mengapa 5G bisa mengatasi keterbatasan transmisi data yaitu bahwa frekuensinya jauh lebih tinggi. Dengan demikian, jaringan 5G bisa membawa data lebih banyak. Frekuensi yang lebih tinggi tersebut dipakai untuk mentransmisikan data bervariasi dari pemancar ke pemancar. Kemungkinan 5G akan melibatkan perangkat dan teknologi baru, salahsatunya beamforming.


Kapan 5G Bisa Dinikmati Masyarakat Biasa?


Jawabannya tergantung pada penyedia layanan internet atau operator seluler, tujuan penggunaan dan kawasan tempat tinggal. Contohnya di Amerika Serikat; AT&T meluncurkan layanan seluler 5G di beberapa titik kawasan AS sampai pada selesai 2018. Akan tetapi banyak yang terhalang menikmati kualitas 5G lantaran kurangnya produk smartphone, modem ataupun router yang mendukung jaringan 5G. Singkat cerita, jikalau kau ingin menikmati sinyal 5G, berlu mempertimbangkan banyak faktor mulai dari ketersediaan perangkat yang mendukung sinyal 5G, penyedia layanan internet, lokasi, dan faktor-faktor pendukung lain.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Hal Yang Perlu Diketahui Mengenai Internet 5G"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel