-->

iklan banner

Belajar Memilih Kecepatan Rata-Rata Dan Kelajuan Rata-Rata

Pagi teman bangkusekolah.com niscaya kabarnya baik-baik saja bukan alasannya yaitu suasana pagi ini sangatlah cerah dan cocok untuk berguru serta rutinitas hari ini kita mash dalam mata pelajaran yang sama ibarat kemaren yaitu fisika. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata dalam kehidupan sehari kita sudah banyak menjumpai hal-hal yang berafiliasi dengan yang namanya kecepatan dan kelajuan tetapi kita tidak menyadari itu. Nah kita eksklusif bahas saja apa itu kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata. Ok kita sebelum masuk bahasan kita berdoa agar belajarnya cepat mengerti dan paham.


Belajar Menentukan Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata


Nah pernah tidak teman melihat Speedometer? Jika teman pernah memakai sepeda motor niscaya sudah melihatnya, lagi pula jaman kini mana ada yang tidak tahu hal itu. Tapi siapa tahu ada yang tidak tahu, ini kami jelaskan Speedometer berada didepan sepeda motor. Speedometer yaitu suatu alat  yang dipakai untuk mengukur kecepatan sesaat sepeda motor bukan untuk mengukur kecepatan rata. Nah apa itu kecepatan rata-rata?baik saja bukan alasannya yaitu suasana pagi ini sangatlah cerah dan cocok untuk berguru serta ruti Belajar Menentukan Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata


Ok kita akan kupas tuntas apa itu kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata. Kecepatan rata-rata didefinisikan sebagai suatu perpindahan yang ditempuh terhadap waktu. Jika suatu benda bergerak sepanjang sumbu-x dan posisinya dimisalkan dengan koordinat-x, secara matematis persamaan kecepatan rata-rata sanggup kita ditulis sebagai berikut.baik saja bukan alasannya yaitu suasana pagi ini sangatlah cerah dan cocok untuk berguru serta ruti Belajar Menentukan Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata


Jika kita membahas kecepatan maka kita akan nyambung dengan kelajuan, kadang kala kecepatan tersebut hampir ibarat dengan kelajuan. Kelajuan rata-rata merupakan jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Secara matematis sanggup kita dituliskan sebagai berikut.baik saja bukan alasannya yaitu suasana pagi ini sangatlah cerah dan cocok untuk berguru serta ruti Belajar Menentukan Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata


Supaya teman lebih paham kita berlanjut ke teladan soalnya saja yang pastinya berkaitan dengan kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata. Ok kita eksklusif saj ke teladan soalnya.


Contoh soal kecepatan dan kelajuan rata-rata


Alex berlari dengan rute ACB, dari posisi A pada x1 = 4 m menuju ke arah kiri dan hingga pada posisi x2 = 6 m di titik C, lalu berbalik ke posisi x3 = 9 m di titik B, kalau waktu yang harus dipakai yaitu 2 sekon, berapakah kecepatan dan kelajuan rata-rata Alex?


Pembahasan


Diketahui :


A → x1 = 4 meter (posisi awal)


B → x2 = 6 meter (posisi akhir)


Δt = 2 sekon


Ditanya :



  1. kecepatan rata-rata

  2. kelajuan rata-rata


Jawab :



  1. a) Δx = xakhir – xawal


= 6 – 2 = 4 m


kecepatan rata-rata: Δx/ Δt


kecepatan rata-rata: 4m/2s


kecepatan rata-rata: 2 m/s


Jadi, kecepatan rata-rata Alex yaitu 2 m/s.



  1. b) sACB = sAC + sCB = 2 m + 3 m = 5 m


tACB = 2 sekon


kelajuan rata-rata (v) = s/t


kelajuan rata-rata (v) = 5 m/2 s


kelajuan rata-rata (v) = 2,5 m/s


Jadi, kelajuan rata-rata Leo sebesar 2,5 m/s.


Bagaimana sudah paham tidak? Kalu belum paham kita bahas teladan soal yang lain ok.


Sebuah keluarga yang senang yang mana keluarga tersebut beranggotakan ayah, ibu, abang dan adik yang masih bayi berumur 1 tahun ia berguru berjalan. Dia berjalan dari posisi kursi ke ayah = 1 m dan menuju ke ibu = 1 m dan terakhir ke abang = 2 m. Jika waktu yang dipakai 1 sekon, berapakah kecepatan adik bayi?


Pembahasan


Diketahui :


A → x1 = 1 meter (posisi awal)


B → x2 = 1 meter (posisi akhir)


Δt = 1 sekon


Ditanya :



  1. kecepatan rata-rata


Jawab :



  1. Δx = xakhir – xawal


= 2 – 1 = 1 m


kecepatan rata-rata: Δx/ Δt


kecepatan rata-rata: 1m/2s


kecepatan rata-rata: 1/2 m/s


Jadi, kecepatan rata-rata Alex yaitu 1/2 m/s.


Nah kita sudah membahas beberapa soal diatas, pastinya sudah paham akan bahasannya. Seperti yang kita lihat perbedaan antara kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata itu sendiri. Kecepatan rata-rata ditentukan dengan cara melihat arah geraknya, sedangkan kelajuan rata-rata tidak bergantungan pada arah geraknya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Memilih Kecepatan Rata-Rata Dan Kelajuan Rata-Rata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel