-->

iklan banner

Cara Budidaya Kura Kura Ambon Dan Perawatannya

 menjadi topik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini Cara Budidaya Kura Kura Ambon dan PerawatannyaCara Budidaya Kura Kura Ambon, menjadi topik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Kura kura menjadi salah satu jenis binatang reptil yang paling banyak dipelihara alasannya dianggap paling tidak berbahaya dan gampang dekat dengan manusia.


Salah satunya ialah jenis kura kura ambon yang merupakan jenis kura kura batok lingkaran yang relatif popular dikalangan pecinta kura kura lantaran dianggap lebih gampang erat dengan insan ketimbang jenis lainnya.


Meskipun mempunyai nama kura kura ambon namun sebetulnya kura kura ini bukanlah binatang orisinil kawasan tersebut. Nama tersebut hanya disematkan semoga masyarakat lebih gampang mengingat, fakta nya binatang ini terdapat di kawasan Sulawesi. Bagi anda yang tertarik untuk mulai membudidayakan nya dan meraup laba dari budidaya tersebut maka harus memperhatikan teknik budidaya yang benar sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.


Yuk disimak, Cara budidaya kura kura ambon – tahap perawatan lengkap.


Cara Memilih Indukan kura kura Ambon


Tahap awal dalam budidaya kura kura ambon ialah tentu harus menyiapkan indukan yang berkualitas.


Dengan demikian maka tentu akan didapatkan hasil anakan yang juga sama berkualitas nya mirip pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag. Lantas, bagaimanakah indukan yang berkualitas tersebut, tentunya haruslah memenuhi beberapa kriteria utama berikut ini :



  • 1 Indukan merupakan indukan jantan dan betina yang dalam kondisi sehat dan tidak terkena serangan penyakit apapun.

  • 2 Pengerakan kedunya lincah dan tidak terlihat lemah.

  • 3 Kedua indukan dalam kondisi yang stabil dalam artian tidak stress.

  • 4 Tentunya keduanya juga merupakan indukan yang sudah siap kawin, sehingga anda tidak lagi harus melaksanakan proses perkenalan yang pastinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

  • 5 Untuk mengetahui indukan yang siap kawin maka anda tinggal mendekatkan keduanya dalam satu kandang, jikalau keduanya tidak terlibat pertengkaran maka pastilah kedua indukan tersebut sudah siap untuk kawin.


Cara Mempersiapkan Kandang yang ideal


Persyaratan utama untuk memulai budidaya kura kura ambon yang sukses ialah menyediakan sangkar yang ideal untuk proses budidaya sebagaimana jenis flora yang cocok di tanah merah. Selama hal tersebut terpenuhi dan didukung dengan perwatannya optimal maka niscaya budidaya akan sukses, nah bagaimanakah sangkar yang ideal untuk kura kura ambon.


Pada dasarnya kita harus ketahui karakteristik binatang kura kura ambon yang menyukai hidup di daratan, namun juga jangan lupakan bahwa binatang yang satu ini juga membutuhkan air tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan minumnya tapi juga untuk sarana perkembangannya.


Maka dari itu sangkar harus dilengkapi dengan bak yang diisi oleh air, tidak perlu terlampau dalam yang penting cukup untuk kura kura sanggup berenang sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon .


Bagian daratan dalam sangkar sanggup dibentuk dari tanah berpasir yang tentunya ditambahkan bebatuan dan flora alami semoga Nampak mirip habitat alaminya. Selain itu juga sangkar haruslah tertutup dimana bab sekitar sangkar dilengkapi dengan pagar yang tingginya mencapai 1 meter dilengkapi dengan pintu untuk keluar masuk anda ketika akan member makan kura kura.







Siapkan juga tempat bersarang didalam sangkar semoga nantinya dikala indukan betina siap bertelur paling tidak ia sudah mempunyai tempat yang kondusif dan nyaman untuk menyimpan telurnya. Dalam satu sangkar berukuran kecil 1×2 meter sebaiknya ditempatkan sepasang indukan, jikalau ingin menempatkan lebih dari satu pasang maka ukuran sangkar haruslah diperbesar.


Cara Merawat Kura Kura Ambon


Tahapan selanjutnya ialah melaksanakan pemeliharaan dan perawatan sampai kura kura ambon sanggup menghasilkan telur. Adapun tahapan tersebut mencakup hal hal berikut ini:



  • Pakan dan Minum


Pada dasarnya kebutuhan utama kura kura ambon ialah tersedianya pakan dengan baik sehingga bisa memenuhi kebutuhan untuk kura-kura sanggup tumbuh dan berkembang biak. Makanan yang sanggup diberikan ialah berupa daun daunan, kebutuhan pakan diberikan secara sedikit demi sedikit yakni 3 kali dalam sehari, dan dikala betina siap bertelur maka sumbangan kebutuhan pakan harus ditingkatkan.


Untuk minum anda sebaiknya tidak perlu menyediakannya alasannya bak yang biasa digunakan kura kura yang telah tersedia didalam sangkar juga merupakan sarana untuk minum binatang tersebut. Paling utama ialah melaksanakan pergantian air secara rutin sehingga kualitas air minum untuk kura kura ambon akan terjaga.








  • Mengawinkan indukan


Sebenarnya proses ini sanggup berlangsung secara alamiah, anda hanya harus menempatkan kedua indukan yang siap kawin didalam satu kandang, maka dengan begitu proses perkawinan alamiah akan sanggup berlangsung dengan sendirinya yang berbeda dengan Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.



  • Merawat anakan kura kura ambon


Setelah indukan betina bertelur maka sebaiknya indukan jantan dikeluarkan dri dalam kandang, semoga indukan betina nantinya sanggup fokus merawat anak anak nya dikala telur sudah menetas. Biasanya dari indukan bertelur sampai masa telur menetas memerlukan waktu 40-60 hari.


Setelah telur menetas biarkan indukan betina merawat anakan nya sendiri anda hanya perlu menyediakan pakan dan nutrisi yang cukup. Setelah anakan berumur 3 bulan maka anakan kura kura ambon sanggup dipisahkan semoga indukan sanggup melaksanakan perkawinan kembali.


Itulah tadi, Cara budidaya kura kura ambon – tahap perawatan lengkap, semoga bermanfaat,



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Kura Kura Ambon Dan Perawatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel