-->

iklan banner

Cara Export Data Nomor Hak, Nama Pemilik, Nib, Luas, Dan Su Dari Peta Autocad Map Ke Excel

Artikel dan video ini menjelaskan Cara Export Data Nomor Hak, Nama Pemilik, NIB, Luas, dan SU Dari Peta AutoCAD Map Ke Excel. Cara ini nanti dapat anda gunakan juga untuk export data apapun yang ada di tengah bidang sebuah peta AutoCAD Map.


Materi mengenai hal ini bergotong-royong sudah pernah saya buat di Cara Export Data Dari AutoCAD Map Ke Excel. Tetapi di tutorial tersebut yang di export hanya satu data di tengah bidang adalah nomor persil. Sementara untuk yang akan kita bahas kini ini yang akan diexport ada 5 data di tengah bidang.


Lalu apakah caranya sama?


Sebenarnya tehnik yang dipakai sama. Tetapi untuk export 5 data di tengah bidang kita akan memakai sedikit trik dan improvisasi. Kenapa dapat begitu?


Karena intinya AutoCAD Map hanya dapat memproses pengisian data secara otomatis dari tengah bidang hanya satu. Makara jikalau 5 data itu diproses sekaligus maka tidak akan bisa. Kecuali 5 data itu terkumpul hanya di satu objek teks.


Sekarang kita eksklusif ke tahapannya secara umum (Untuk tahapan detailnya dapat anda lihat video di atas).


Cara Export Data Peta AutoCAD Map Ke Excel



  1. Buka Program AutoCAD Map. Kemudian buka Peta yang data-datanya akan diexport. Caranya klik sajian File > Open.



  1. Buat layar penggambaran baru. Klik sajian File > New.



  1. Dari Peta yang ada datanya, copy hanya objek yang ada di layer persil saja. Kemudian paste to original coordinate di layar penggambaran gres yang masih kosong tersebut.



  1. Lakukan Drawing Cleanup terhadap layer persil yang gres dicopy.



  1. Copy semua objek di layer Nomor Hak dari Peta yang datanya akan diexport. Kemudian paste to original coordinate di layar penggambaran yang persilnya sudah di drawing cleanup.



  1. Lakukan Topology. Untuk menambah rujukan mengenai topology, silahkan baca ebook saya. Kalau belum punya, silahkan d0wnl0ad gratis di Cara Membuat Peta.



  1. Buat tabel object data untuk menampung data Nomor Hak dari tengah bidang.



  1. Lakukan pengisian tabel object data secara otomatis.



  1. Jalankan Topology Query.


Sampai dengan tahap ini, pengambilan satu data dari tengah bidang sudah dilakukan. Langkah selanjutnya kita akan melaksanakan langkah yang sama terhadap data yang kedua. Adapun tahapannya.



  1. Di layar penggambaran yang persilnya sudah di topology. Hapus Nomor Hak.



  1. Copy semua objek di layer Nama dari Peta yang datanya akan diexport. Kemudian paste to original coordinate di layar penggambaran yang persilnya sudah ditopology.



  1. Lakukan Topology lagi. Makara buat topology gres dan tidak perlu menghapus topology yang sudah dibentuk sebelumnya.



  1. Buat tabel object data untuk menampung data Nama dari tengah bidang.



  1. Lakukan pengisian tabel object data secara otomatis.



  1. Jalankan Topology Query.


Sampai dengan tahap ini, pengambilan data yang kedua dari tengah bidang sudah dilakukan. Langkah selanjutnya kita akan melaksanakan langkah yang sama terhadap data yang ketiga, keempat, dan kelima. Adapun tahapannya tinggal ulangi ibarat langkah nomor 10 hingga dengan 15.


Sebagai citra hasil di Excel nya akan terlihat ibarat gambar di bawah ini.


Artikel dan video ini menjelaskan Cara Export Data Nomor Hak Cara Export Data Nomor Hak, Nama Pemilik, NIB, Luas, Dan SU Dari Peta AutoCAD Map Ke Excel


Demikian tahapan yang harus dilakukan. Bagaimana, bingung?


Sebelumnya mohon maap, artikelnya tidak ditulis mendetail semoga anda melihat video di atas saja. Insya Allah di video langkahnya ditunjukkan semua dan kasusnya tuntas dari awal hingga akhir.


Seperti biasa untuk pertanyaan eksklusif dibagian komentar saja. Dan mohon jikalau bertanya, disampaikan pertanyaannya secara detail dan rinci semoga saya dapat menganalisa dan memperlihatkan tanggapan yang sesuai. Terima kasih dan semoga bermanfaat.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Export Data Nomor Hak, Nama Pemilik, Nib, Luas, Dan Su Dari Peta Autocad Map Ke Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel