-->

iklan banner

Cara Membuka File Shp (Shapefile) Di Autocad Map

Kali ini kita akan berguru cara membuka file SHP (Shapefile) di AutoCAD Map. Data Shapefile (SHP) tidak hanya dapat dibuka dengan ArcView atau ArcGIS, alasannya AutoCAD Map pun menyediakan fitur bagi pengguna untuk melakukannya.


Dengan AutoCAD Map kita tidak hanya dapat menampilkan data spasial file shp, tetapi data tekstualnya pun dapat ditampilkan dalam bentuk tabel. Bahkan pengguna dapat meng-edit, menghapus, atau menambahkan data baru.


Pada tutorial AutoCAD sebelumnya, untuk membuka file shp di AutoCAD kita memakai cara convert shp to dwg dulu. Sedangkan pada tutorial ini kita tidak akan meng-convert file shp, kita akan pribadi memakai data shp tersebut di AutoCAD Map.


Cara Membuka File SHP


1. Pastikan Task Pane sudah tampil. Kalau belum muncul dilayar, silahkan tampilkan dengan cara klik sajian View > Task Pane atau melalui command prompt ketikkan mapwspace > on > enter.


2. Klik tab Dispaly Manager pada Task Pane, kemudian klik Data > Connect to Data. Supaya lebih terang lihat gambar di bawah ini.


Kali ini kita akan berguru cara membuka file SHP  Cara Membuka File SHP (Shapefile) di AutoCAD Map


3. Akan muncul kotak obrolan Data Connect. Pada Data Connections by Provider klik Add SHP Connection. Pada bab Source file or folder, klik simbol kertas untuk mencari nama file shp yang akan dibuka. Kemudian sesudah file shp-nya dipilih, klik open.


Kali ini kita akan berguru cara membuka file SHP  Cara Membuka File SHP (Shapefile) di AutoCAD Map


Apabila sudah ada data shp yang terpilih ibarat gambar diatas, klik Connect.


4. Akan muncul halaman Add Data to Map. Centang kotak kecil disamping nama file shp, kemudian klik Add to Map. Untuk tumpuan lihat gambar di bawah ini.


Kali ini kita akan berguru cara membuka file SHP  Cara Membuka File SHP (Shapefile) di AutoCAD Map


5. Data shp sudah tampil dilayar AutoCAD Map, silahkan tutup kotak obrolan Data Connect.


6. Untuk menampilkan tabel data tekstual (Data Table) dari file shp yang terbuka, silahkan klik nama layer pada tab display manager (pada tumpuan gambar dibawah ini, nama layernya yaitu Kecamatan3), kemudian klik Table.


Kali ini kita akan berguru cara membuka file SHP  Cara Membuka File SHP (Shapefile) di AutoCAD Map


Pada tab display manager akan tampil semua layer yang sudah dibuka dengan data connect. Layer ini dapat anda ceklis atau unceklis ibarat pada ArcView untuk menampilkan atau tidak menampilkan data spasial di layar.


Semua data tekstual dari layer yang diklik akan ditampilkan pada Data Tabel. Pada gambar diatas, layer Kecamatan3 hanya mempunyai data tekstual FeatId dan Area. Data tabel ini dapat kita hapus atau ditambahkan data baru. Bahkan kita dapat menggabungkan dengan database lain dengan memakai join.


Jika anda ingin mencoba tutorial ini tetapi tidak mempunyai data shp, silahkan buat file shp terlebih dahulu memakai tutorial sebelumnya wacana cara Convert Dwg to Shp. Selamat mencoba dan biar tutorial cara membuka file shp di AutoCAD Map ini bermanfaat untuk anda.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuka File Shp (Shapefile) Di Autocad Map"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel