-->

iklan banner

Cara Menciptakan Sim Online 2019 Beserta Biaya Syaratnya

Cara Membuat Sim Online 2019 – Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM (Surat Izin Mengemudi). Boleh dikatakan SIM ialah bukti kelayakan atau ketrampilan seseorang dalam mengandarai sepeda motor ataupun mobil. Meski sudah tahu akan kewajibannya, namun masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang tidak mempunyai SIM. Padahal menciptakan SIM cukup mudah, dan kini sudah ada layanan SIM Online yang semakin mempermudah proses pembuatan SIM.


Layanan SIM Online sanggup dipakai untuk pendaftaran SIM gres maupun perpanjangan SIM. Sayangnya tidak semua golongan SIM sanggup diproses, alasannya ialah hanya terbatas untuk SIM A dan SIM C. Untuk mendaftarnya juga sangat gampang, kita hanya perlu mengisi beberapa dokumen kemudian membayar biaya adminstrasi melalui Bank ataupun layanan perbankan lainnya. Setelah itu kita tinggal tiba ke Polresta atau lokasi kedatangan yang dipilih ketika mendaftar.




Meski sudah memakai sistem online, namun tak semerta-merta SIM eksklusif jadi. Kita tetap harus mengikuti serangkaian tes hingga nantinya dianggap layak mempunyai SIM A ataupun SIM C. Lalu apakah gunanya ialah layanan SIM Online? , berdasarkan kami layanan ini dibentuk untuk mempermudah proses adminstrasi sehingga pemohon tak perlu antri dalam mengurusi berkas-berkas adminstrasi ketika berada di Polresta ataupun ketika berada di lokasi SIM keliling.


SIM Online juga mencegah tindak kecurangan Calo SIM ataupun orang dalam yang biasanya mematok harga sangat mahal. Pasalnya proses pembayaran eksklusif dilakukan di Bank, sehingga biayanya tidak sanggup diganggu gugat. Soal biaya tak perlu khawatir, alasannya ialah biaya pembuatan SIM gres dan perpanjangan SIM sangat mudah. Nah untuk mengetahui berapa besaran biayanya, silahkan simak dibawah ini.


Prosedur dan Cara Membuat Sim Online 2019 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  Syaratnya


Biaya Pembuatan Sim Online




























































Golongan SIMPEMBUATAN SIMPERPANJANGAN SIM
SIM ARp. 120.000Rp. 80.000
SIM BRp. 120.000Rp. 80.000
SIM B1Rp. 120.000Rp. 80.000
SIM BIIRp. 120.000Rp. 80.000
SIM CRp. 100.000Rp. 75.000
SIM C1Rp. 100.000Rp. 75.000
SIM C2Rp. 100.000Rp. 75.000
SIM DRp. 50.000Rp. 30.000
SIM D1Rp. 50.000Rp. 30.000
SIM InternasionalRp. 250.000Rp. 225.000

Taris pembuatan dan perpanjangan SIM di atas di atur melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016. Biaya tersebut berlaku diseluruh Indonesia, jadi apabila menjumpai adanya pembekakan biaya, maka kemungkinkan terjadi kecurangan dalam menciptakan SIM. Namun biaya di atas belum termasuk uang yang kita keluarkan untuk membayar biaya Asuransi dan surat keterangan sehat.


Biaya yang dikeluarkan dalam menciptakan SIM gres ataupun perpanjangan SIM memang cukup terjangkau. Apabila melalui Calo tentu harganya jauh lebih mahal. Bahkan di beberapa kota sanggup melebihi 500 Ribu Rupiah. Padahal jita kita urus sendiri bianya tak hingga 200 Ribu. Itupun sudah termasuk biaya asuransi, surat keterangan sim, dan biaya lainnya. Nah sehabis mengetahui biayanya, Lalu apa bagaimana syarat menciptakan SIM ?


Syarat Membuat SIM


 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  SyaratnyaSebelum kita membahas mengenai cara menciptakan SIM Online, masbro harus terlebih dahulu mengetahui apa saja persayaratannya. Dimana syarat yang utama ialah Usia. Hanya orang yang sudah pandai balig cukup akal saja yang sanggup menciptakan SIM. Dimana untuk SIM A, SIM C, dan SIM D hanya sanggup dibentuk ketika pemohon menginjak usia 17 tahun. Lalu untuk SIM BI ketika berusia 20 tahun dan 21 tahun untuk SIM BII.


Kemudian untuk SIM A Umum hanya sanggup dibentuk ketika pemohon berusia 20 tahun. Sedangkan untuk SIM BI Umum pada usia 22 tahun serta 23 tahun untuk SIM BII Umum. Persyaratan usia tersebut berlaku bagi Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing. Makara apabila usianya belum mencukupi, jangan harap sanggup mendapat SIM yang dinginkan. Lalu untuk syarat menciptakan SIM Online yang kedua ialah melengkapi Adminstrasi.


Adminstrasi yang kami maksud ialah mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan untuk warga negara abnormal harus menawarkan dokumen keimigrasian. Selain itu, kita harus mengisi formulir pengajuan SIM gres ataupun perpanjangan SIM serta membawa surat keterangan kesehatan yang diperoleh dari Dokter ataupun Puskesmas sebagai bukti bahwa pemohon sehat jasmani serta rohani.


Yah, syarat menciptakan SIM Online sama sama dengan menciptakan SIM secara offline. Yang terpenting kita sudah cukup usia dan menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Setelah itu kita tinggal mengikuti serangkaian tes untuk mendapat SIM gres yang terdiri dari ujian teori, ujian praktik, dan ujian keterampilan melalui simulator. Namun bagi pemohon perpanjangan SIM tak perlu lagi mengikuti tes, terkecuali bila naik golongan.


Cara Membuat Sim Online Baru


Tujuan utama layanan SIM Online ialah untuk mempermudah pemohon dalam mengurusi adminstrasi menciptakan SIM ataupun memperpanjang SIM dimana saja tanpa perlu terikat alamat yang tertera di KTP. Alhasil layanan ini akan mempermudah masyarat dalam menciptakan SIM di seluruh Indonesia. Itu artinya kita tak perlu lagi pulang ke tempat bila sudah waktunya memperpanjang SIM ataupun ingin menciptakan SIM baru. Nah untuk cara menciptakan SIM Online tersebut, sanggup masbro simak dibawah ini.



  1. Siapkan terlebih dahulu berkas yang diharapkan biar nantinya sanggup simpel dalam mengisi data permohonan SIM gres ataupun perpanjangan SIM


 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  Syaratnya



  1. Setelah semua data siap, cara menciptakan SIM Online selanjutnya ialah membuka situs resmi Polisi Republik Indonesia di http://sim.korlantas.polri.go.id

  2. Kemudian pilih sajian “Pendaftaran SIM Online

  3. Setelah itu akan muncul informasi pengenai pendaftaran SIM Online yang sanggup masbro baca terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses cara menciptakan SIM Online selanjutnya.


 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  Syaratnya



  1. Kemudian klik sajian “Lanjut” dan sehabis itu akan muncul sajian Data Permohonan. Silahkan masbro isi jenis pemohonan, apakah ingin menciptakan SIM gres atau Perpanjangan SIM.

  2. Kemudian isikan golongan SIM, alamat email, dan Polda kedatangan sesuai lokasi yang kita inginkan.

  3. Klik “Lanjut”, dan kita akan disuruh mengisi data pribadi yang berisi mengenai kewarganegaraan, nomer KTP, nama, jenis kelamin, hingga nomer telepon.


 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  Syaratnya



  1. Setelah semua data pribadi diisi, kemudian klik “Lanjut” dan kita akan disuruh mengisi data keadaan darurat yang sanggup dihubungi. Selain itu, tersedia pula kolom data validasi yang harus kita isikan dengan nama Ibu Kandung. Lalu ada pula data sertifikasi sekolah mengemudi yang sanggup kita isi Iya atau Tidak


 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  Syaratnya



  1. Isi semua data yang dibutuhkan, dan pastikan data yang dimasukan benar. Lalu klik tombol “lanjut” dan akan muncul sajian konfirmasi data input sesuai data yang kita masukan pada proses cara menciptakan sim online sebelumnya. Nah pada sajian ini akan ada kolom tanggal kedatangan yang sanggup dipilih sesuai waktu yang kita inginkan untuk tiba ke Polres atau lokasi kedatangan yang sudah kita pilih sebelumnya.


 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  Syaratnya



  1. Selanjutnya isi aba-aba verfikasi kemudian klik tombol “kirim”.

  2. Setelah mengikuti cara menciptakan SIM Online di atas, kemudian akan muncul tampilan sukses registrasi. Lalu klik “Ok”


 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  Syaratnya



  1. Secara otomatis, sistem akan mengirim email sebagai bukti pendaftaran online telah berhasil. Silahkan masbro buka email tersebut dan didalamnya sudah tertera Nomor Registrasi beserta total biaya


 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  Syaratnya



  1. Langkah atau cara menciptakan sim Online selanjutnya tinggal melaksanakan pembayaran di ATM, EDC, ataupun Teller BRI di seluruh Indonesia sesuai biaya yang tertera pada email.

  2. Proses di atas akan mempersingkat proses adminstrasi, sehingga kita tak perlu mengantri berlama-lama untuk mengurusi berkas-berkas yang dibutuhkan. Nah sehabis proses pembayaran dilakukan, kini kita tinggal tiba ke lokasi kedatangan sesuai data yang kita masukan ketika mendaftar. Jangan lupa membawa KTP orisinil dan Fotocoy KTP serta SIM usang serta fotocopy SIM usang bila mengajukan perpanjangan SIM.

  3. Tunjukan semua berkas yang kita bawa termasuk bukti pendaftaran dan bukti pembayaran ke petugas satpas.

  4. Selain itu, jangan lupa membawa Surat Keterangan Sehat yang kita dapatkan dari Dokter ataupun Puskesmas.

  5. Ada baiknya masukan semua berkas yang kita siapkan ke map. Selanjutnya kita akan disuruh untuk identifikasi dan verifikasi data berupa pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan.

    Cara menciptakan SIM Online di atas memang simple, namun yang sulit ialah kita harus mengikuti serangkaian tes hingga balasannya dinyatakan lulus. Akan tetapi bila hanya memperpanjang SIM, maka tak perlu mengikuti tes.

  6. Tak jarang pemohon mengalami kegagalan dalam tes praktek, teori, ataupun simulator. Apabila mengalami hal serupa tak perlu khawatir, alasannya ialah akan diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian ulang satu ahad setelahnya. Jika masih gagal, maka diberi kesempatan lagi hingga tenggat waktu 14 hari dan 30 hari.

  7. Cara menciptakan SIM Online yang terakhir ialah tinggal menunggu SIM di cetak. Namun sebelum itu pemohon harus terlebih dahulu lulus ujian teori, praktik, dan simulator.

  8. Jika tetap gagal dan ingin tetapkan untuk menyerah, maka uang yang kita bayarkan untuk melaksanakan proses pembayaran sanggup ditarik kembali. Caranya ialah dengan tiba ke kantor BRI membawa bukti tidak lulus ujian pembuatan SIM serta membawa bukti pembakaran manajemen (PNBP SIM).


Nah itulah langkah demi langkah cara menciptakan SIM Online. Apabila hanya memperpanjang SIM tentu sangat mudah, tanpa perlu repot-repot mengikuti ujian yang hampir 50% pemohon selalu gagal ketika tes praktek dan simulator. Oleh alasannya ialah itulah kami sarankan untuk terlebih dahulu berguru mengemudi dengan benar. Pastikan masbro paham rambu-rambu kemudian lintas biar nantinya tak galau dalam menjawab soal yang diberikan ketika tes teori.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  SyaratnyaCara Setting Karbu Motor Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  SyaratnyaHarga Mobil Puegeot
 Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  SyaratnyaHarga Ford Mustang Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib mempunyai SIM  Cara Membuat Sim Online 2019 Beserta Biaya  SyaratnyaHarga Rantai Motor

Note :



  • Cara menciptakan sim online di atas sanggup berubah sewaktu-waktu

  • Prosedur pembuatan di beberapa kota tidak menutup kemungkinan berbeda


Informasi cara menciptakan SIM Online di atas sanggup menjadi citra sebelum mantinya masbro mengajukan pemohonan sim gres ataupun memperpanjang SIM. Kami garis bawahi lagi, tolong-menolong menciptakan SIM Online harus tetap tiba ke Polres ataupun layanan SIM keliling. Namun yang terpenting layanan ini menciptakan kita bisa menciptakan SIM C atau SIM A diseluruh Indonesia tanpa perlu terikat domisili KTP.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Sim Online 2019 Beserta Biaya Syaratnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel