-->

iklan banner

Cara Menemukan Jarak Terpendek Diantara Dua Titik Dari Jaringan Jalan Yang Banyak Dan Komplek

Video ini mengatakan tahapan cara menemukan jarak terpendek diantara dua titik dari jaringan jalan yang banyak dan komplek. Adapun Sotware yang dipakai ialah AutoCAD Map 3D 2010.


Penentuan jarak terpendek diantara sekian banyak jalan yang dapat ditempuh, dapat bermanfaat contohnya untuk memilih jalur darurat, jalur mengemudi, atau keperluan lainnya.


Jika petanya tidak mempunyai banyak jalan, tentunya tanpa analisispun kita dapat dengan gampang memilih rute terpendek. Akan tetapi kalau jika petanya mempunyai banyak jalan, tentunya tidak akan dapat semudah yang kita bayangkan.


AutoCAD Map mempunyai tool untuk melaksanakan 3 jenis network analysis, yaitu Shortest path, Best route, dan Flood trace. Adapun untuk keperluan penentuan jalur terpendek, kita dapat memakai Shortest path.


Lalu menyerupai apa caranya?


Silakan pribadi ikuti tahapan-tahapan dibawah ini.


Lakukan Tahapan Topology Type Network



  1. Klik hidangan Map > Topology > Create



  1. Pada kotak obrolan Create Network Topology, Topology type pilih Network. Topology name dapat diisi bebas (misalnya Jaringan_Jalan). Kemudian klik Next.



  1. Pilih option Select all. Pada bab Layers, pilih hanya layer yang akan ditopology (Sebagai pola contohnya layer Jalan). Kemudian klik Next.



  1. Pada bab yang lainnya tidak perlu ada yang disetting, Makara pribadi saja klik Finish.



  1. Apabila berhasil, pada bab command prompt akan ada pesan “Topology successfully created”. Misalnya menyerupai pola di bawah ini.


Topology successfully created with 16685 links and 13645 nodes.


Apabila topology tidak berhasil dilakukan, berarti peta masih mengandung kesalahan-kesalahan geometry yang harus dibetulkan terlebih dahulu. Untuk menghilangkan kesalahan geometry dengan AutoCAD Map, dapat memakai Tool Drawing Cleanup.


Pembahasan mengenai penggunaan Tool Drawing Cleanup, silakan lihat di Ebook Cara Membuat Peta Dengan AutoCAD Map.


Lakukan Tahapan Network Analysis



  1. Pada Task Pane, klik tab Map Explorer.



  1. Klik tanda + pada Topologies. Klik nama Topology yang gres dibuat. Kemudian klik kanan > Analysis > Network Analysis.



  1. Pada kotak obrolan Network Topology Analysis, pilih option Shortest path. Kemudian klik Next.



  1. Klik tombol Select start point. Kemudian klik sebuah titik pada peta untuk memilih titik awal. Kemudian tekan enter pada keyboard.



  1. Klik tombol Select end point. Kemudian klik sebuah titik pada peta untuk memilih titik akhir. Kemudian tekan enter pada keyboard. Kemudian klik Next.



  1. Pada bab Resistance and Direction tidak perlu ada yang diisi. Makara dapat pribadi klik Next.



  1. Pada bab Output Methods, diceklis kotak Highlight dan warna dapat dipilih sesuai keinginan. Kemudian diceklis juga kotak Create topology dan silakan diisi nama topology-nya sesuai keinginan. Terakhir klik Finish.



  1. Hasilnya akan terlihat di peta dengan warna sesuai yang dipilih pada langkah sebelumnya.


Demikian cara memilih jarak terpendek memakai AutoCAD Map. Jika anda mengalami kesulitan mempraktekkan tutorial ini, silakan bertanya pada bab komentar dibawah.


Jika anda ingin d0wnl0ad video diatas beserta pola peta yang saya gunakan, klik disini untuk mengetahui caranya. Terakhir, terima kasih sudah membaca artikel ini dan biar tutorialnya bermanfaat untuk anda.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menemukan Jarak Terpendek Diantara Dua Titik Dari Jaringan Jalan Yang Banyak Dan Komplek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel