-->

iklan banner

Cara Mengerjakan Limit Trigonometri Beserta Penerapannya

Kajian ilmu matematika sangatlah luas. Jika sebelumnya kami sudah mengulas mengenai perkalian matriks, kali ini kami akan bahas perihal limit trigonometri. Limit fungsi trigonometri merupakan nilai paling bersahabat suatu sudut yang ada pada fungsi trigonometri. Cara menghitung limit fungsi trigonometri dapat eksklusif disubtitusikan. Hal ini menyerupai halnya limit fungsi aljabar. Hanya saja, ada fungsi trigonometri yang harus diubah terlebih dahulu ke identitas trigonometri (limit tak tentu).

 Jika sebelumnya kami sudah mengulas mengenai  Cara Mengerjakan Limit Trigonometri Beserta Penerapannya

Limit tak tentu itu sendiri yakni limit yang bila kita eksklusif gantikan nilainya, maka menjadi 0. Untuk limit tak tentu ini, kita tolong-menolong tak harus memakai identitas namun memakai teorema limit trigonometri. Selain itu, dapat juga dengan memakai identitas dan teorema. Maka dari itu, bila suatu fungsi limit trigonometri digantikan nilai yang mendekatinya menghasilkan, maka kita harus memecahkannya dengan cara yang lainnya.

Cara Mengerjakan Limit Trigonometri

Bagi anda yang ingin mengerjakan soal mengenai limit trigonometri, tolong-menolong ada trik jitu yang dapat anda coba ikuti. Dengan begitu, soal limit fungsi trigonometri dapat terpecahkan secara gampang dan cepat. Adapun beberapa trik jitu dalam mengerjakan limit fungsi trigonometri diantaranya yaitu memakai hukum sinta coret, hukum hapus kosinus, dan hukum ubah kosinus. Berikut penjelasannya.

Aturan Sinta Coret

Salah satu trik jitu dalam memecahkan soal limit fungsi trigonometri ialah memakai hukum sinta coret. Aturan ini sangat cocok untuk menuntaskan limit fungsi trigonometri yang memuat sinus atau tangen. Cara ini menghasilkan bentuk tak tentu hanya dengan mencoret sinus dan tangen. Dengan begitu, tinggal menyisakan sudutnya. Setelah itu, anda tinggal mencoret variabel yang sama pada bab pembilang serta penyebut. Jika ditarik garis besar, anda hanya perlu coret sin atau tan. Setelah itu, sederhanakan bentuk yang tersisa.

Aturan Hapus Kosinus

Selain hukum sinta coret, soal limit fungsi trigonometri juga dapat diselesaikan dengan memakai hukum hapus kosinus. Cara ini sangat pas diterapkan pada soal limit fungsi trigonometri yang memuat kosinus. Aturan ini menghasilkan bentuk tak tentu dengan cara menghapus fungsi kosinus yang mempunyai nilai 1. Selanjutnya, anda tinggal mencoret variabel yang sama pada bab pembilang dan penyebut. Kesimpulannya, anda hapus cos dan sederhanakan bentuk yang tersisa.

Aturan Ubah Kosinus

Aturan yang satu ini dapat anda gunakan saat ingin menuntaskan limit fungsi trigonometri yang di dalamnya memuat bentuk kosinus baik. Cara ini menghasilkan bentuk tak tentu hanya dengan mengubah fungsi kosinus yang menjadikan nilai limit menjadi 0. Hal ini dilakukan dengan memakai sifat identitas trigonometri. Kemudian anda hanya perlu mencoret variabel yang sama dalam pembilang dan penyebut. Bisa dibilang, anda tinggal ubah cos. Lalu sederhanakan bentuk yang tersisa.

Penerapan Limit Trigonometri

Limit fungsi trigonometri sering diterapkan di aneka macam bidang kehidupan, menyerupai halnya bidang fisika dan kedokteran. Seseorang yang mengalami permasalahan rabun jauh akan memakai kacamata lensa cekung biar dapat melihat dengan jelas. Mula-mula dokter akan menyelidiki sekaligus menguji jarak pandang pasien guna mengetahui seberapa parah permasalahan rabun jauh yang ia derita.

Setelah itu, dokter akan memilih jarak fokus lensa cekung kacamata yang nantinya harus dipakai pasien tersebut. Jarak fokus lensa cekung ini dapat diperoleh dengan derma limit fungsi trigonometri. Tak hanya itu, limit trigonometri juga mempunyai kegunaan untuk menghitung rotasi bumi maupun benda lainnya yang berbentuk menyerupai elips.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengerjakan Limit Trigonometri Beserta Penerapannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel