-->

iklan banner

Cara Mengetahui Emas Orisinil Atau Bukan Dengan 5 Tes

Harga emas renta cukup mahal di pasar yang peredarannya tidak pernah surut hingga ketika ini. Oleh lantaran itu, penting memahami cara mengetahui emas atau bukan. Sering orang ingin membeli emas asli, tapi banyak yang tidak yakin lantaran tidak tahu bagaimana cara membedakan emas orisinil dengan kuningan atau atau logam lain yang ibarat dengan emas.


Harga emas murni yang terus naik menciptakan banyak orang memburu emas lantaran nilai investasi nya yang sangat potensial. Oleh lantaran itu, tidak jarang juga ditemukan emas palsu juga atau logam lain berlapis emas beredar di pasaran.


Harga emas renta cukup mahal di pasar yang peredarannya tidak pernah surut hingga ketika ini Cara Mengetahui Emas Asli atau Bukan dengan 5 Tes


Walaupun sekilas dilihat perbedaan emas orisinil dan palsu terlihat sama, sudah barang tentu ada perbedaan yang mencolok di antaranya. Dan yang lebih parahnya, logam lain yang dilapisi emas sama sekali tidak berharga, sedangkan pelengkap emas orisinil juga kadang terjual jauh dari harga pasaran oleh pemiliknya (pemakai). Jadi, bagaimana cara membedakan emas orisinil dan palsu atau logam lain yang hanya lapisannya saja emas? Tips yang akan diuraikan di bawah akan mengatakan bagaimana cara mengetahui emas orisinil atau palsu.


Cara Cek Emas Asli


1. Lihat Hallmark-nya


Hallmark yaitu tanda atau cap kemurnian pada emas atau logam yang disebut juga dengan cap resmi legalisasi mutu. Biasanya emas orisinil yang dijual secara sah dicap dengan ciri khas dengan catatan seberapa besar karat suatu perhiasan, contohnya 18K atau 24K. Cap ini biasanya ditemukan pada bab dalam dudukan cincin emas, bab tertutup pada kalung atau dudukan tangan pada gelang.


Harga emas renta cukup mahal di pasar yang peredarannya tidak pernah surut hingga ketika ini Cara Mengetahui Emas Asli atau Bukan dengan 5 Tes
Sumber: Paltoday.ps

Kemurnian pelengkap emas buatan Amerika diukur dalam satuan Karats. Maka akan ada cap pada bab dalam bperhiasan emas orisinil dengan nomor (ukuran karat) dan diikuti dengan abjad “K”. Angka tersebut mengatakan seberapa murni emas yang terkandung dalam sebuah perhiasan, koin, atau balok emas. Emas murni yaitu emas 24K (24 karat). Berarti, kalau arahan hallmark-nya mengatakan angka 18K berarti kemurnian emas tersebut yaitu 18/24 atau 0.75 atau murni 75%. Dan 0.25 nya yaitu adonan logam lain.


Sementara itu, sistem pengecapan emas orisinil buatan Eropa sedikit lebih lugas. Yang mana emas Eropa ditandai dengan ukuran kandungan emas dalam bentuk hitungan desimal. Contohnya “.75” yang berarti 75% emas murni. Sedangkan emas 24K atau emas murni 100% ditandai dengan cap “.999” atau “1.000”. Meskipun demikian, kalau sebuah pelengkap tidak di stempel dengan tanda hallmark atau cap resmi, pelengkap tersebut belum tentu emas palsu. Hal ini biasanya berlaku pada pelengkap yang lebih renta atau buatan zaman dulu.


2. Tes Keaslian Emas Menggunakan Asam Nitrat


Cara lain untuk mengetahui emas orisinil atau palsu yaitu dengan mengujinya memakai asam nitrat. Jika kau berurusan dengan tukan emas untuk melebur pelengkap emas kamu, emas tersebut biasanya akan diuji memakai asam nitrat untuk menguji apakah emas orisinil atau palsu. Perlu diketahu bahwa cara ini tidak disarankan dalam mengecek pelengkap emas kau supaya nilai estetika-nya tidak berkurang pada ketika hendak dijual kembali.


Mengecek emas orisinil atau palsu memakai asam nitrat yaitu dengan menciptakan sedikit gesekan pada perhiasan, koin, atau balok emas memakai alat ibarat kikir kuku atau semacamnya. Biasanya digoreskan pada bab pelengkap yang tidak terlalu mencolok dilihat. Kemudia memakai sedotan kecil untuk meneteskan setetes asam nitrat ke gesekan tersebut. Jika tidak ada reaksi kimia, maka pelengkap atau penggalan emas tersebut kemungkinan terbuat dari emas asli. Akan tetapi, kalau pelengkap tersebut yaitu logam lain atau hanya lapisan luarnya saja emas, reaksinya akan berkembang menjadi hijau. Emas murni akan meninggalkan zat ibarat susu pada ketika asam nitrat diteteskan ke gesekan tersebut.


Harga emas renta cukup mahal di pasar yang peredarannya tidak pernah surut hingga ketika ini Cara Mengetahui Emas Asli atau Bukan dengan 5 Tes
Sumber: Youtube.com/via channel Tooting11.

Pada ketika asam nitrat bersentuhan dengan emas asli, tidak akan terjadi reaksi kimia. Selain itu, asam nitrat juga tidak bereaksi dengan logam adonan umum lainnya ibarat perak, tembaga, dan seng. Jika kau melihat reaksi kimia warna kehijauan, maka emas yang sedang kau tes yaitu emas palsu. Jika kau ingin mengecek emas orisinil atau paslu memakai cara ini sendiri, pastikanlah tau caranya dan persiapkan semua keperluan keamanan yang dibutuhkan ibarat sarung tangan, kacamata, ventilasi udara yang baik, dll. Karena asam nitrat yaitu zat berbahaya kalau terkena eksklusif ke kulit. Selain itu asam nitrat juga sulit untuk didapatkan lantaran materi kimia ini sanggup meledak di dalam kondisi tertentu.


3. Uji Keaslian Emas Menggunakan Foundation Cair


Cara mengecek keaslian emas yang satu ini cocok untuk dilakukan rumah. Tapi tidak sanggup diandalkan, lantaran bergantung pada kondisi tertentu. Walaupun demikian, kalau tau cara mengecek emas orisinil memakai foundation cair dengan baik, kau sanggup mengetahui dengan terperinci apakah emas yang kau tes yaitu orisinil atau palsu. Untuk mencobanya, oleskan foundation cair dan bedak ke dahi kamu. Lalu gosokkan pelengkap emas kau ke area yang kau oleskan foundation cair dan bedak tadi. Jika ada tertinggal garis hitam tertinggal, kemungkinan besar pelengkap tersebut bukan emas.


Cara lain versi pengecekan keaslian emas ini sanggup juga menggosokkan emas ke dahi orang yang tubuhnya mempunyai zat besi rendah. Jika emas yang digosok asli, maka hemoglobin dalam darah akan naik dan membentuk tanda hitam pada kulit dahi orang tersebut. Tapi cara ini berfungsi hanya kalau kadar besi dalam darah orang tersebut rendah, atau disebut jgua dengan anemia ringan.


4. Tes Keaslian Emas Dengan Magnet


Jatuhkan emas kau ke dalam bejana yang berisi air. Karena emas tergolong ke logam berat, maka kalau emas kau orisinil seharusnya karam hingga ke dasar bejana tersebut. Berat massa emas lebih berat dari pada air, sehingga emas orisinil akan karam hingga ke dasar tertarik oleh magnet atau gravitasi bumi. Oleh lantaran itu, kalau pelengkap yang kau jatuhkan ke dalam bejana basah tersebut mengapung, kemungkinan besar perhisan tersebut yaitu emas palsu.


Mengecek emas orisinil memakai magnet juga manis untuk mengetahui apakah sebuah pelengkap emas murni konkret atau palsu. Jika pelengkap emas kau tertarik ke magnet, sudah barang tentu itu bukan emas asli. Tapi, pelengkap yang tertarik magnet belum tentu positif emas palsu, kemungkinan pelengkap tersebut tidak sepenuhnya terbuat dari emas melainkan mengandung adonan senyawa logam lain.


5. Penilaian Ahli Emas


Harga emas renta cukup mahal di pasar yang peredarannya tidak pernah surut hingga ketika ini Cara Mengetahui Emas Asli atau Bukan dengan 5 Tes


Cara yang niscaya untuk mengetahui emas orisinil atau bukan yaitu dengan membawanya ke penjual pelengkap emas yang bereputasi baik. Penjual pelengkap emas atau dealer emas biasanya mahir emas. Mereka biasanya mempunyai aneka macam alat pengujian emas yang sanggup dipakai untuk membedakan emas asli, murni, campuran, ataupun palsu. Biasanya toko pelengkap emas mengenakan biaya sedikit untuk mengecek emas pelanggannya.


Pada ketika kau ingin menjual emas tempahan atau pelengkap emas yang patah atau rusak dll, calon pembeli emas awam biasanya akan ragu apakah emas orisinil atau bukan. Atau kalau kau tidak tau membedakan emas orisinil atau bukan, emas yang akan kau jual akan dihargai jauh lebih murah dari harga pasaran yang sebenarnya. Oleh lantaran itu, sangat disarankan untuk mencari pembeli emas yang kompeten dan jujur, supaya emas orisinil kau mendapat evaluasi yang jujur ​​dan adil menurut harga emas murni yang sebenarnya, besar karat-nya dan nilai estetika pelengkap tersebut.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengetahui Emas Orisinil Atau Bukan Dengan 5 Tes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel