-->

iklan banner

Cara Menghitung Rumus Luas Dan Keliling Trapesium

Rumus Trapesium – Rumus Matematika Trapesium merupakan termasuk kedalam Bangun Datar yg mempunyai sifat dua dimensi dan mempunyai empat buah Rusuk yang dua diantaranya sanggup saling sejajar namun dlm bentuknya tidak sama panjang. Trapesium sanggup dibilang masuk kedalam jenis Bangun Datar Segi Empat dan Siku – Siku Trapesium merupakan Rusuk dari tiga yg tegak lurus terhadap Rusuk lainya yg sejajar.

Sebelum kita lebih jauh menjelaskan tentang Rumus Trapesium ini ada baiknya jikalau kami menjelaskan terlebih dahulu dari Jenis – Jenis Trapesium alasannya Trapesium dibagi menjadi tiga jenis yang antara lain sebagai berikut Trapesium Sembarang yaitu Trapesium yg keempat rusuknya tidak sama panjang, sedangkan Trapesium Sama Kaki adalah Trapesium yg mempunyai sepasang rusuk yg sama panjang dan yg terakhir adalah Trapesium Siku – Siku.

Namun dari tiga jenis Trapesium diatas tersebut tidak banyak ada perubahan untuk persoalan Rumus Matematika Trapesium ‘nya alasannya yg terpenting adalah Cara Menghitung Rumus Luas Trapesium dan Rumus Keliling Trapesium. Nah untuk mellihat lebih jellas ihwal klarifikasi Rumus Trapesium tersebut sudah kami buat dibawah ini yg sdh dilengkapi dg Contoh Soal Trapesium nya.

Menghitung Rumus Luas Trapesium dan Rumus Keliling Trapesium

Rumus Matematika Trapesium merupakan termasuk kedalam Bangun Datar yg mempunyai sifat dua d Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium

 

Gambar diatas merupakan ketiga Jenis Trapesium yg sudah kami jelaskan dan Rumus Bangun Datar Trapesium mempunyai turunan Rumus Matematika lainnya menyerupai Rumus Menghitung Luas Trapesium dan Rumus Menghitung Keliling Trapesium, kedua Rumus Trapesium tersebut tentunya mempunyai hukum dan bentuk Rumus yg berbeda satu sama lain.

Rumus Luas Trapesium

Luas = ½ x Jumlah Rusuk Sejajar x Tinggi

Penjelasan Menghitung Rumus Luas Trapesium diatas adalah jumlah rusuk yang sejajar merupakan sisi yg salling berhadapan dan jikalau ditarik garis lurus sisi tidak akan pernah sanggup dipottong. Sedangkan Jumlaah Rusuk Sejajar Tersebut dikali Tinggi Trapesium dan dibagi 2.

Rumus Keliling Trapesium

Lalu caara untuuk Rumus Menghitung Keliling Trapesium sanggup dilihat menyerupai dibawah inni.

Keliling = AB + BC + CD + DA

Contoh Soal Matematika Trapesium

1. Sebuah Gambar Trapesium mempunyai suatu panjang Sisi – Sisi yg sejajar 5 cm dan 20 cm serta mempunyai tinggi 5 cm. Maka carilah Luas Trapesium tersebut ?

Jawab

Luas = ½ x Jumlah Rusuk Sejajar x Tinggi

Luas = ½ x (a1 + a2) x t

Luas = ½ x (5 cm + 20 cm) x 5 cm

Luas = ½ x 100 x 5

Luas = 250 cm

Penjelasan Rumus Trapesium diatas mungkin cukup sekian alasannya Rumus Bangun Datar Trapesium berdasarkan aku masih gampang untuk dipahami dan di hafalkan oleh anda sehingga supaya saja anda sanggup mengerjakan jikalau terdapat Soal Trapesium yg menghampiri anda di sekolahan.


Sumber http://b1ixbux.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghitung Rumus Luas Dan Keliling Trapesium"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel