-->

iklan banner

Kumpulan Jurnal Asuransi Indonesia

Pengertian asuransi – Asuransi atau pertanggungan ialah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premium asuransi yang bertujuan untuk memberikan, diantaranya:

  1. Penggantian kepada tertanggung lantaran kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan.
  2. Tanggung jawab aturan kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu insiden yang tidak pasti.
  3. Pembayaran uang yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Sedangkan perjuangan perasuransian merupakan salah satu bentuk lembaga keuangan bukan bank yang menjanjikan santunan kepada pihak tertanggung (pihak yang mengasuransikan sesuatu) supaya apabila terjadi sesuatu dengan yang diasuransikan tersebut di masa mendatang, pihak tertanggung akan memperoleh uang untuk mengganti (mengurangi) kerugian yang terjadi dari pihak penanggung (lembaga asuransi).

Definisi asuransi berdasarkan web Otoritas Jasa Keuangan ialah sebuah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis dan dikenal sebagai tertanggung yang yang diwajibkan untuk membayar sejumlah premi dalam rangka mengatakan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan laba yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas insiden yang tak terduga.

Jenis-jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Banyak produk dan jenis asuransi yang berkembang di Indonesia, tetapi pada prinsipnya semua itu dimasukkan kedalam 2 Jenis asuransi, yaitu asuransi jiwa dan kerugian.

1. Asuransi jiwa

Dalam Asuransi Jiwa dikenal menjadi 2 golongan pokok, antara lain:

a. Asuransi ordinary (biasa)

Dalam produk asuransi jiwa ordinary ada beberapa produk yang juga menawarkan agenda investasi untuk para konsumennya, asuransi jiwa ordinary tidak hanya mengenai perihal hidup dan meninggalnya seorang pemilik polis asuransi, tetapi menyediakan juga produk untuk kelangsungan bisnis suatu perusahaan supaya keuangan perusahaan tetap berjalan meskipun pelaku bisnis tersebut meninggal dunia.

Life insurance ordinary policy membagi 3 jenis produknya dalam lingkup pertanggungan jiwa tertanggung, yaitu :
1) Term life insurance (asuransi jiwa berjangka), mengatakan manfaat kematian jikalau tertanggung meninggal dalam suatu jangka waktu tertentu.

2) Permanent life whole life insurance (asuransi jiwa tetap/seumur hidup), memberikan pertanggungan asuransi jiwa seumur hidup bagi tertanggung dan juga mempunyai unsur tabungan.

3) Endowment insurance (asuransi jiwa dwiguna), mengatakan manfaat polis yang dibayar pada ketika tertanggung meninggal atau pada tanggal yang ditentukan jikalau tertanggung masih hidup hingga tanggal tersebut.

Disamping mengatakan pertanggungan asuransi jiwa, perusahaan asuransi juga memasarkan aneka macam produk yang dirancang untuk memberikan cara kepada konsumen untuk mendapatkan manfaat kelangsungan bisnis, manfaat bagi karyawan dan manfaat penghasilan berkala, diantaranya:

1) Business Continuation Insurance, suatu agenda asuransi yang dirancang untuk memungkinkan pemilik perusahaan dalam menjamin kelangsungan operasi perusahaannya jikalau pemilik atau key person meninggal

2) Employee Benefit Insurance, suatu agenda asuransi yang dirancang untuk mengatakan manfaat kepada karyawan perusahaan jika meninggal dan mengatakan manfaat lainnya menyerupai pensiun.

b. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan dibagi menjadi 2 golongan, yaitu :

1) Rawat Inap (Inpatient)
2) Rawat Jalan (outpatient)

Dalam asuransi kesehatan, perusahaan Asuransi mengatakan berbagai macam produk untuk menjamin biaya kesehatan yang akan dikeluarkan tertanggung jikalau sakit.

2. Jenis-jenis produk Asuransi Kerugian

Dalam Asuransi kerugian dikenal beberapa jenis asuransi, antara lain:

a. Asuransi Kebakaran

Asuransi Kebakaran ialah produk asuransi yang menjamin risiko kerugian atau kerusakan yang terjadi pada harta benda Anda terhadap risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia. Asuransi ini juga dikenal dengan nama Asuransi Semmua Risiko Harta Benda.

b. Asuransi Pengangkutan

Asuransi pengangkutan ialah produk asuransi yang bertujuan untuk mengatakan perlindungan terhadap barang yang diangkut baik melalui darat, maritim maupun udara. Asuransi pengangkutan diperuntukan bagi pemilik barang baik perseorangan, forum ataupun perusahaan, yang memerlukan santunan atas pengangkutan barang.

c. Asuransi Rekayasa (Engineering)

Asuransi Rekayasa ialah polis asuransi yang terdiri dari lima agenda jaminan: Asuransi Semua Risiko Kontraktor (Contractor All Risk) Asuransi Semua Risiko Pemasangan (Erection All Risk) Asuransi Kerusakan Mesin (Machinery Breakdown)

d. Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi Kendaraan ialah jenis asuransi khusus kendaraan, di mana resiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Dalam pemilihan asuransi kendaraan hal-hal yang perhatikan ialah kekuatan keuangan (security), jasa (service) dan biaya atau beban.

e. Asuransi Kecelakaan Pribadi

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident) ialah asuransi yang mengatakan santunan terhadap risiko kematian, cacat total, serta biaya pengobatan yang disebabkan oleh risiko yang tiba secara tiba-tiba atau tidak terduga.

f. Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi Tanggung Gugat ialah produk asuransi yang mengatakan jaminan santunan kepada Tertanggung, terhadap risiko yang timbul lantaran adanya tuntutan dari pihak lain (Pihak Ketiga) sehubungan dengan aktifitas personal/perusahaan milik Tertanggung. Produk Asuransi Tanggung Gugat tidak terlepas dari Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH).

g. Asuransi Bonding

Asuransi bonding (SECURITY BOND) ialah jaminan yang diterbitkan oleh Perusahaan Asuransi Kerugian, yang menjamin risiko kerugian yang mungkin akan diderita oleh pihak Pemilik Proyek (OBLIGEE) yang disebabkan pihak Pelaksana Proyek (PRINCIPAL) gagal/wan prestasi melakukan pekerjaannya.

baca juga: daftar lengkap, 90 teladan produk asuransi

 Asuransi atau pertanggungan ialah perjanjian antara dua pihak atau lebih Kumpulan Jurnal Asuransi Indonesia

Download Jurnal Asuransi

Oke, diatas telah dijelaskan mengenai jenis dan produk Asuransi, untuk menambah rujukan Anda yang butuh warta seputar asuransi yang ada di Indonesia, saya megumpulkan beberapa jurnal perihal asuransi, yang mungkin akan mempunyai kegunaan dalam pembuatan thesis, skripsi, makalah, buku, ebook dan sebagainya.

Sesuai dengan akad saya pada goresan pena sebelumnya, jurnal penelitian sebelumnya sebagai rujukan untuk pembuatan skripsi dimana pada goresan pena tersebut saya akan mengumpulkan beberapa jenis jurnal, tidak hanya jurnal sistem pakar.

Berikut beberapa jurnal ilmiah perihal asuransi yang sanggup anda d0wnl0ad, dalam bentuk PDF.

  1. Analisis Investasi Dalam Asuransi Syaraih di Indonesia Terhadap Portfolio Optimal. Dibuat oleh: Ade Nanda Sawitri, Alumni Fakultas Ekonomi Trisakti 2012. Untuk mend0wnl0ad jurnalnya, silahkan klik disini
  2. Analisis Investasi dan Kendala Pengembangan Asuransi Syariah di Kota Medan (Jurnal Ekonomi dan Keuangan). Dibuat oleh: Rizki Redhika dan Kasyful Mahalli. Untuk mend0wnl0adnya, silahkan klik disini
  3. Analisis Strategi Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada Bumi Putera Syariah Cabang Depok (Jurnal Asuransi dan Manajemen Resiko). Dibuat oleh: Abung Fayshal dan Henny Medyawati, Mahasiswa Univ. Gunadarma, 2013. Untuk mend0wnl0adnya silahkan klik disini
  4. Perlindungan Konsumen Asuransi Pasca Terbentuknya UU No. 21 Tahun 2011 Tentang Otoritas Jasa Keuangan. Dibuat oleh: Depris Rolan Sirait, Fakultas Hukum Univ. Atmajaya, Yogyakarta 2013. Untuk mend0wnl0adnya, silahkan klik disini.
  5. Analisis Pengaturan Akad Tabarru’ dan Akad Tijarah Pada Asuransi Syariah Menurut Fatwa DSN Nomor 21/DSN-MUI/X/2001 Tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah. Dibuat oleh: TazkiahAshfia, Sihabudin2 dan Prayudo Eri Yandono, Fakultas Hukum Univ. Brawijaya, Malang 2014. Untuk d0wnl0ad, klik disini 
  6. Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah: Perbedaan Dalam Lingkup Akuntansi. Dibuat oleh: Nur Hidayati Rosidah, Universitas Negeri Surabaya. Untuk d0wnl0ad, klik disini
  7. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pada Wanita Pekerja. Oleh: Tri Harsini Wahyuningsih, Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta 2015. Untuk d0wnl0ad, klik disini
  8. Jurnal Skripsi Penerapan Asas Keadilan Dalam Polis Asuransi Kendaraan Bermotor dan Perlindungan Konsumen PT. Asuransi Wahana Tata. Oleh: Nanda Indrawati, Univ. Atmajaya Yogakarta, Fakultas Hukum, 2015. Untuk d0wnl0ad, klik disini
  9. Jurnal Ilmiah Pelaksanaan Prinsip Ta’awun Dalam Pengelolaan Premi Tabarru’ Asuransi Syariah Menurut Hukum Positif Indonesia. Oleh: Agus Nuryanto, Fakultas Hukum Univ. Mataram 2015. Untuk d0wnl0ad, klik disini
  10. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi Penetapan Target Premi Asuransi Jiwa Syariah Untuk mencapai Titik Impas. Oleh: Sugeng Soedibjo dan Rachma Fitriati, Tahun 2009. Untuk d0wnl0ad, klik disini
  11. Pertumbuhan Industri Asuransi Jiwa di Indonesia Suatu Kajian Dari Sisi Penawaran. Oleh: Firdaus Djaelani dari Program Studi Kebijakkan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah mada, Jeremias T. Keban dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada, Suad Husnan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Mamduh M. Hanafi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada 2011. Untuk dwonload, klik disini

Tulisan mengenai kumpulan jurnal asuransi Indonesia ini, akan terus diupdate seiring waktu. Atau anda ingin menambahkan? Silahkan menghubungi saya lewat alamat kontak yang ada di blog ini. Semoga bermanfaat.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kumpulan Jurnal Asuransi Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel