Harga Benelli Trk 251 2019 : Review, Spesifikasi Gambar
Harga Benelli TRK 251 – Nama Benelli sendiri cukup populer di Indonesia. Namanya sering dikaitkan dengan motor China. Yah, Benelli sendiri sudah berpindah tangan ke Qianjiang Group yang membeli perusahaan asal Italia tersebut pada tahun 2005. Sebagian besar motor Benelli yang dipasarkan di Indonesia memang dibentuk di China, jadi masuk akal apabila banyak orang yang beragukan kualitas motor Benelli.
Untuk menjawab keraguan masyarakat Indonesia, belum usang ini Benelli meluncurkan motor gres berjulukan TRK 251 yang akan menjadi penantang Honda CRF 250 Rally dan Kawasaki Versys. Motor bergaya sport Adventure ini ditenagai mesin 1 Silinder berkapasitas 249cc yang dipadukan dengan bermacam-macam fitur canggih lainnya untuk mengalahkan dominasi motor Adventure dari Jepang.
DAFTAR ISI ARTIKEL
Motor ini siap mengaspal pada tahun 2019 dengan harga yang tergolong lebih terjangkau dibandingkan motor Adventure sekelasnya. Benelli TRK 251 tersedia dalam dua varian berbeda, yaitu ABS dan Non-ABS. Harga keduanya berbeda, namun jantung pacunya sama-sama ditenagai mesin 1 Silinder 249cc yang diadopsi dari Benelli TNT 25.
Mesin yang dipakainya telah dioptimalkan biar sesuai dengan karakteristik motor Adventure yang membutuhkan tenaga responsif biar semakin gesit dan lincah ketika melewati banyak sekali medan jalan. Motor ini memang mempunyai kemampuan menjelajah yang mengagumkan, namun lebih optimal ketika digunakan Touring di jalan raya. Nah bagi masbro yang tertarik membelinya, silahkan simak terlebih dahulu ulasan spesifikasi dan harga Benelli TRK 251 di bawah ini.
Review Spesifikasi Benelli TRK 251
Impresi Desain
Aura sport Adventure pribadi tampak ketika memandang Benelli TRK 251 dari depan. Motor ini juga mempunyai headlamp ganda yang sudah menggunakan LED Projector. Menariknya, pada fairing samping kanan dan kiri telah terpasang lampu dengan posisi vertikal yang kemungkinan berfungsi untuk Cornering Light ibarat yang dimiliki Kawasaki Ninja H2 SX atau KTM Duke 1290 GT.
Benelli juga menempatkan lampu DRL di atas headlamp LED Projector dan menggunakan lampu Sein berteknologi ELD. Begitu pula dengan tail light-nya yang sama-sama menggunakan teknologi LED, sehingga bisa memancarkan cahaya lebih jelas ketika berkendara di malam hari. Tak hanya itu, pada bab belakang Benelli TRK 251 terlihat adanya behel yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menaruh Top Box.
Sekujur body Benelli TRK 251 menggunakan material yang manis dan solid, sehingga bisa mematahkan anggapan motor Benelli merupakan motor murahan. Image motor Benelli yang selama ini dianggap sebagai motor Italia rasa China pribadi hilang ketika masbro menjajal pribadi motor ini. Alhasil Benelli TRK 251 bisa menjadi pilihan utama bagi masbro yang mencari motor sport bergaya Adventure di Indonesia.
Dimensi Body
Beralih soal dimensi, Benelli TRK 251 mempunyai ukuran panjang 1.200 mm, lebar 840 mm, dan tinggi 1.320 mm. Sama halnya dengan motor Adventure lainnya, Benelli TRK 251 mempunyai ground clearance tinggi sampai mencapai 200 mm. Selain itu, tersedia pula jok setinggi 835 mm dan sumbu roda berjarak 1.425 mm. Sedangkan untuk bobotnya sekitar 153 kg sehingga cukup ringan ketika di kendarai.
Benelli TRK 251 mengatakan posisi berkendara yang nyaman dan tak melelahkan. Kelebihan ini tak lepas dari posisi stang kemudi yang tinggi dan lebar. Joknya juga empuk dan mempunyai tangki berkapasitas 17 liter yang didesain biar posisi paha bisa menjepit tangki tersebut. Lalu ada pula suspensi depan yang posisinya cukup tinggi dengan travel mencapai 120 mm.
Spesifikasi Mesin
Sangat disayangkan Benelli TRK 251 belum menggunakan mesin 2 Silinder. Padahal motor ini harus bersaing melawan Kawasaki Versys 250 yang notabennya sudah menggunakan mesin 2 Silinder. Untungnya harga Benelli TRK 251 jauh lebih murah dan performa mesinnya tetap mumpuni ketika digunakan bermanuver dan berakselerasi. Dimana untuk mesinnya mempunyai memiliki kapasitas 249cc dengan konfigurasi 1 Silinder DOHC 4 Klep.
Mesin Benelli TRK 251 menggunakan sistem pendingin cairan (Liquid Cooled) yang akan bekerja maksimal dalam mendinginkan suhu mesin. Sedangkan untuk tenaganya mencapai 25.8 Horsepower di putaran 9.250 rpm dan torsi puncaknya sebesar 21.2 Nm pada 8.000 rpm. Tenaga dan torsi yang dikeluarkan cukup besar sehingga menghasilkan akselerasi mumpuni pada putaran mesin bawah sampai menengah.
Benelli TRK 251 sudah mengadopsi teknologi Electronic Fuel Injection yang akan menyempurnakan sistem pembakaran dan mengakibatkan performa mesin semakin responsif. Mesin tersebut juga mempunyai konfigurasi Bore x Stroke (28 mm x 55.2 mm) dengan rasio kompresi 12:1. Kemudian untuk transmisinya menggunakan Gearbox 6 Percepatan yang sayangnya belum dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch.
Suspensi
Tenaga yang dimiliki Benelli TRK 251 satu tingkat lebih besar dibandingkan Honda CRF 250 Rally yang hanya bisa menghasilkan tenaga 24.7 Horsepower pada 8.500 rpm. Keduanya juga menggunakan suspensi Upside Down yang akan menjaga kestabilan motor ketika berakselerasi. Sayangnya Upside Down Benelli TRK 251 mempunyai diameter lebih kecil, yakni 41 mm. Sedangkan milik Honda CRF 250 Rally berdiameter 43 mm.
Dibandingkan Kawasaki Versys 250 yang masih menggunakan suspensi teleskopik, tentu Benelli TRK 251 satu tingkat lebih unggul. Kemudian untuk kaki-kaki bab belakang menggunakan suspensi Monoshock yang preloadnya bisa diatur sesuai kenyamanan pengendaranya. Tak hanya itu, Benelli TRK 251 juga menggunakan rangka teralis berbahan baja yang mengakibatkan motor tetap lincah dan stabil ketika menerjang banyak sekali medan jalan
Sistem Pengereman
Sebanding dengan harga Benelli TRK 251 yang tak bisa dikatakan murah, motor ini sudah dilengkapi rem cakram di kedua rodanya. Dimana untuk bab depan menggunakan floating disk 280 mm dengan 4 piston kaliper. Lalu untuk bab belakang mempunyai diameter 240 mm dengan 1 piston kaliper. Sistem pengeremannya sangat mumpuni dan bisa diandalkan untuk menghentikan laju kendaraan ketika berakselerasi pada kecepatan tinggi.
Sistem pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System) sudah terpasang pada Benelli TRK 251. Teknologi tersebut mempunyai kegunaan untuk mencegah roda mengunci ketika mengerem mendadak. Nah untuk mengetahui secara lengkap apa saja kelebihan rem ABS, silahkan simak artikel berikut ini “Pengertian ABS & Fungsinya”. Selain itu, Benelli TRK 251 juga mempunyai ban depan berukuran 110/70-R17 dan ban belakang 150/60-R17.
Fitur
Teknologi ABS menjadi salah satu fitur andalan Benelli TRK 251 untuk bersaing melawan motor sport Adventure dari Jepang. Namun bukan itu saja fitur andalannya, alasannya yakni masih ada panel meter full digital yang mempunyai tampilan modern dan bisa menampilkan gosip berkendara secara lengkap. Lalu ada pula sistem pencahayaan Full LED yang terpasang pada sisi depan dan belakang sehingga memaksimalkan pencahayaan di malam hari.
Benelli TRK 251 juga mengatakan posisi berkendara yang nyaman alasannya yakni mempunyai stang tinggi dan lebar. Sayangnya fitur keamanan motor ini masing kurang. Pasalnya Benelli belum melengkapinya dengan sistem penguncian Keyless dan fitur alarm. Mungkin hal ini sengaja dilakukan biar harga Benelli TRK 251 lebih terjangkau. Lagi pula motor sekelasnya belum ada yang mengedopsi teknologi Keyless.
Spesifikasi Benelli TRK 251
Bodi | |
Panjang | 2100 mm |
Lebar | 840 mm |
Tinggi | 1320 mm |
Berat Isi | 153 kg |
Wheelbase | 1425 mm |
Ground Clearance | 200 mm |
Tinggi Jok | 835 mm |
Tangki | 17 liter |
Mesin | |
Tipe | 4-Stroke, Single Cylinder DOHC |
Kapasitas | 249 cc |
Power Maksimum | 25.8 HP @ 9250 rpm |
Torsi Maksimum | 21.2 Nm @ 8000 rpm |
Rasio Kompresi | 11.2:1 |
Pendingin | Liquid Cooled |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection |
Starter | Elektrik |
Transmsi | Manual 6 Speed |
Rangka dan Kaki-Kaki | |
Rangka | Teralis |
Suspensi depan | Upside Down 41 mm |
Suspensi belakang | Monoshock |
Ukuran Velg | Alumunium Alloy Ring 17 Inch |
Ban Depan | 110/70-ZR17 (Tubeless) |
Ban Belakang | 150/60-ZR17 (Tubeless) |
Rangka dan Kaki-Kaki | |
Rem Depan | Disc 280 mm + 4 Piston Kaliper |
Rem Belakang | Disc 240 mm + 1 Piston Kaliper |
Sistem Pengereman | ABS (Anti-Lock Breaking System) |
Berbekal spesifikasi di atas, tentu Benelli TRK 251 berpontensi merusak pasar motor sport Adventure 250cc yang ketika ini didominisasi Honda CRF 250 Rally dan Kawasaki Versy 250. Terlebih harga Benelli TRK 251 cukup terjangkau, dan bagi masbro yang ingin tau ingin mengetahui harganya silahkan simak daftar harga Benelli TRK 251 berikut ini.
Daftar Harga Benelli TRK 251
Harga Benelli TRK 251 Non-ABS | Rp. 43 Jutaan |
Harga Benelli TRK 251 ABS | Rp. 49 Jutaan |
Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Benelli |
Note :
- Harga di atas merupakan harga resmi di China
- Kemungkinan besar harga Benelli TRK 251 di Indonesia akan sedikit berbeda
Motor ini dipastikan hadir di Indonesia pada tahun 2019. Harga Benelli TRK 251 di Indonesia belum bisa diketahui secara pasti. Namun kabarnya harga motor ini tidak akan berbeda jauh dengan harga Benelli TRK 251 di China yang dipasarkan dengan harga 19.800 Yuan atau setara Rp. 43 Jutaan untuk varian Non-ABS. Sedangkan harga Benelli TRK 251 ABS dibanderol 22.600 Yuan atau setara Rp. 49 Jutaan. Harganya bisa berbeda, namun paling tidak plus minusnya hanya 5%.
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Baca Juga Harga Motor Benelli Lainnya | |
Harga Benelli Motobi 152 |
Kami sendiri tertarik membeli motor ini apabila nantinya harga Benelli TRK 251 benar-benar dibanderol pada kisaran dibawah 50 Juta Rupiah. Harganya jauh lebih murah dibandingkan Kawasaki Versys 250 dan Honda CRF 250 Rally yang dibanderol melebihi 60 Juta Rupiah. Terlebih motor TRK 251 mengatakan fitur yang lengkap dan mempunyai desain sport Adventure yang gagah dan modern. Bagaimana, apakah masbro tertarik membelinya sehabis menyimak gosip spesifikasi dan harga Benelli TRK 251 di atas?
Sumber https://www.otomotifo.com
0 Response to "Harga Benelli Trk 251 2019 : Review, Spesifikasi Gambar"
Posting Komentar