-->

iklan banner

Ini Beliau 6 Perbedaan Ular Weling Dan Welang

Anda yang suka memelihara ular khususnya niscaya sudah pernah mendengar nama ular welang dan ular weling, kan? Nama kedua ular ini seakan-akan menyerupai saudara kembar. Hal tersebut dikarenakan rupa ular welang dan ular weling memang sangat mirip. Bukan hanya orang awam saja yang resah dengan kedua ular ini, bahkan orang yang hobi memelihara ular pun adakala kesulitan membedakannya. Ini dikarenakan ada banyak persamaan yang dimiliki antara ular welang dan ular weling.
Jika diperhatikan sepintas, ular weling dan ular welang terlihat menyerupai ular yang sama. Rupa dan gerak-gerik ular tersebut menyerupai sekali. Keduanya sama-sama berwarna belang-belang antara hitam dan putih. Tapi ternyata, ular weling bukan ular welang. Begitu pula sebaliknya. Sebab kedua ular ini memang berasal dari spesies yang berbeda. Apabila Anda memperhatikan kedua ular ini dengan lebih teliti, maka Anda sanggup menemukan perbedaan-perbedaannya.
Ular weling dan welang sering dianggap sebagai ular yang sama. Hal ini tidak terlepas warna tubuhnya yang sama-sama hitam putih. Kedua ular ini juga semi-aquatic, mempunyai sanggup berjenis neurotoxin, dengan tipe gigi proteroglypa. Ular weling dan welang sama-sama sensitif terhadap cahaya. Keduanya juga bersifat kanibal, di mana suka memangsa ular lain yang juga semi-aquatic. Ular ini mempunyai gerakan yang tenang. Ukuran tubuh maksimalnya mencapai 150-180 cm.
Ular Weling (Bungarus candidus)
 Anda yang suka memelihara ular khususnya niscaya sudah pernah mendengar nama ular welang da Ini Dia 6 Perbedaan Ular Weling dan Welang
Ular weling biasanya tinggal di sungai, rawa, sawah, dan selokan air. Bentuk tubuhnya bundar dengan ekor yang berbentuk runcing memanjang. Warna belang pada ular ini melingkar hanya separuh cuilan tubuhnya. Sedangkan sisik bawahnya berwarna putih polos. Ular weling mempunyai gerakan yang sangat lincah. Dia menyerupai tidak takut dengan musuhnya. Saat merasa marah, ular ini akan diam. Jika dibandingkan dengan ular welang, postur tubuh ular weling lebih kecil.
Ular Welang (Bungarus fasciatus)
 Anda yang suka memelihara ular khususnya niscaya sudah pernah mendengar nama ular welang da Ini Dia 6 Perbedaan Ular Weling dan Welang
Ular welang merupakan jenis ular yang berbisa tinggi. Bisanya sanggup melumpuhkan sistem pernapasan, jaringan syaraf, dan merusak otak. Ular ini mempunyai tubuh yang berbentuk segi tiga. Bentuk ekornya tumpul menyerupai terpotong. Warna belang pada ular ini melingkar penuh hingga ke cuilan bawah tubuh. Ular welang yang murka akan menyembunyikan kepala di balik badannya dan melaksanakan gerakan patah-patah. Gerakan ular ini sangat siaga terhadap kondisi di sekitarnya.
PERBEDAAN
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara ular weling dan ular welang, di antaranya :
  1. Seluruh tubuh ular welang berwarna belang-belang hitam dan putih. Sedangkan ular weling mempunyai warna belang-belang hanya separuh tubuhnya saja. Warna tubuh cuilan bawah ular ini putih polos.
  2. Ular weling mempunyai bentuk penampang tubuh yang bulat. Berbeda dengan tubuh ulang welang yang berbentuk segi
  3. Ekor yang dimiliki oleh ular weling berbentuk runcing memanjang. Sementara itu, ular welang mempunyai ekor yang berbentuk tumpul menyerupai terpotong.
  4. Pada rentang usia yang sama, ular welang mempunyai postur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ular weling.
  5. Ular weling merupakan ular yang sangat lincah. Lain halnya dengan ular welang yang sering terlihat membisu dan bersikap waspada terhadap kondisi di sekelilingnya.
  6. Pada ketika marah, ular weling tiba-tiba akan membisu dan memperhatikan musuhnya. Hal ini berbeda dengan ular welang yang berusaha menyembunyikan kepala di tubuhnya.


Sumber http://farof.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Beliau 6 Perbedaan Ular Weling Dan Welang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel