-->

iklan banner

Cara Menanam Timun Suri Di Halaman Rumah – Tahap Lengkap Budidaya

Cara menanam timun suri di halaman rumah, menjadi topik yang akan kita bahas dalam kesempatan ini. Timun suri merupakan salah satu jenis tumbuhan buah semusim yang gampang ditemui terutama dikala bulan ramadhan.


Memiliki wangi yang serupa dengan buah melon, namun tektur dan rasa buahnya jauh berbeda. Dimana buah timun suri mempunyai daging buah berwarna putih namun berasa hirau taacuh serta juga bentuk buahnnya yang ibarat timun namun berukuran lebih besar.


Pada dasarnya menanam timun suri bukanlah merupakan hal yang sulit, alasannya yakni secara umum hampir sama dengan budidaya jenis tumbuhan lainnya terutama jenis tumbuhan timun timunan. Namun kalau anda ingin menanamnya dihalaman atau oekarangan rumah maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.


Oleh alasannya yakni itu, sebaiknya anda menyimak dengan secama mengenai Cara menanam timun suri di halaman rumah – tahapan budidaya lengkap.


Cara menyiapkan lahan tanam


Tahap awal yang harus dilakukan dalam menanam timun suri yakni menyiapkan lahan tanam di halaman rumah. Terlebih dahulu tanah harus diolah dan digemburkan dnegan cara dicangkul.


Kemudian dibuat bedengan dengan ukuran lahan yang diubahsuaikan dengan luas halaman yang ingin ditanami. Idealnya ukuran bedengan yakni 1×5 meter dengan ketinggian 30 cm sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.


Untuk memudahkan proses pemeliharaan maka anda sanggup memakai plastic mulsa sebagai epilog bedengan supaya gulma tidak tumbuh,  sehingga akan meringankan pemeliharaan lantaran anda tidak perlu melaksanakan penyiangan.


Lubang tanam dibuat dengan jarak 50×60 cm dengan kedalaman 20-25 cm. setiap lubang tumbuhan dimasukkan pupuk sangkar atau kompos supaya lahan tanam semakin subur.


Cara menanam timun suri


Sebelum menanam dilahan tanam atau lapangan maka disarankan untuk menyemai benih terlebih dahulu, hal ini untuk meningkatkan keberhasilan budidaya alasannya yakni bibit tumbuhan yang disemai terlebih dahulu mempunyai tingkat pembiasaan lapangan yang tinggi sehingga tidak gampang mati dikala dipindah tanam ibarat pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.



  • Penyemaian


Tahapan penyemaian mencakup langkah langkah berikut ini :



  1. Lakukan pemilihan benih dengan cara merendam benih ke dalam air lalu ambil pecahan yang karam dan buang benih yang mengapung.

  2. Siapkan media tanamn berupa adonan tanah halus dan kompos lalu masukkan kedalam polibag diameter 3 cm.

  3. Tanamkan benih kedalam polibag dan letakkan pada kawasan yang terlindung dan tidak terkena cahaya matahari langsung, tutup pecahan atas polibag memakai jerami atau plastic gelap.

  4. Setelah 3-5 hari benih akan mulai berkecambah, taburkan Furadan 3G kurang lebih 1 gram, untuk menghindari serangan bekicot dan jangkrik yang gemar memakan tumbuhan muda.

  5. Siram dan rawat bibit sampai siap dipindahkan ke lapangan, biasanya pada umur 14 hari sehabis tanam gres bibit sanggup mulai dipindahkan ke lapangan.



  • Pindah Tanam benih ke halaman rumah


Setelah bibit siap maka dilakukan penanaman dilapangan, caranya gampang yakni dengan menentukan bibit yang sehat lalu buka plastic polibag pembungkusnya dan tanamnkan bibit berikut dengan tanah yang ada dalam polibag.


Posisikan bibit tegak lurus dan lalu timbun kembali dengan tanah, supaya tumbuhan tidak rebah maka anda sanggup mengikatkan tumbuhan ke ajir yang ditancapkan pada pinggir lubang tanam.








  • Perawatan dan Pemeliharaan


Tahapan pemeliharaan dan perawatan relative hampir sama dengan tumbuhan lainnya, yakni mencakup penyiraman yang dilakukan minimal 2 kali dalam sehari terutama dikala tumbuhan gres ditanam.


Sekaligus juga sanggup diaplikasikan bersamaan dengan tunjangan pupuk NPK yang diberikan dengan takaran 15-20 gram per liter sanggup diberikan dengan dikocorkan ke akar tanaman.


Selain hal diatas sangat penting juga untuk menciptakan para para atau ajir pada tumbuhan timun suri. Sebab tumbuhan ini membutuhkan rambatan untuk sanggup merambat. Para para dipasang semenjak tumbuhan berumur 2 mst. Dibuat dari bamdu yang ditancapkan pada pecahan pinggir lubang tanam dan lalu dibuat ibarat membentuk net.


Tanaman timun suri nantinya akan merambat mengikuti para para yang disipakan. Untuk menjaga kualitas dan kuantitas buah maka sebaiknya dilakukan perempelan. Perempelan tunas yang dilakukand engan menyisakan 3 cabang tumbuhan saja. Serta perempelan buah  dengan menyingkirkan  buah yang berukuran kecil dan tumbuh abnormal.







Pemanenan dan Pasca Panen


Tanaman timun suri sanggup dipanen semenjak tumbuhan ditanan sampai umur 90 HST atau kurang lebih dlam waktu tiga bulan. Buah timun suri yang sudah ditanam menunjukkan kriterian dimana buah sudah berukuran maksimal dan warna kulit buah yakni berwarna kuning keputihan mengkilap sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.


Waktu panen sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menjaga kualitas buah. Panen dilakukan dengan cara memetik buah eksklusif dari tangkainya untuk lalu dimasukkan kedaalam wadah yang higienis dan pisahkan antara buah yang baik dan yang busuk. Selanjutny hasil panen sanggup eksklusif dijual atau dikonsumsi sendiri.


Irulah tadi pembahasan mengenai, Cara menanam timun suri di halaman rumah – tahapan budidaya lengkap. Praktis bukan ? anda sanggup eksklusif mencobanya sendiri dirumah. Semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Timun Suri Di Halaman Rumah – Tahap Lengkap Budidaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel