-->

iklan banner

Jurnal Teknik Informatika Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy

Jurnal teknik informatika pada goresan pena ini merupakan jurnal dari sebuah skripsi perihal sistem pakar, dengan judul “Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web Dan Mobile”. Jurnal ini di buat oleh Denok Puspitasari Lulusan Politeknik Elektronika Negeri Surbaya ITS. Dalam jurnal ini dijelaskan bahwa skripsi yang dibentuk memakai JSP (Java Server Pages) sebuah teknologi web berbasis pemrograman j4va dan J2ME (Java 2 Micro Edition)  untuk mobile.

Baca juga: tutorial j4va bahasa Indonesia PDF

Berikut beberapa point penting yang mungkin bisa  anda jadikan rujukan dalam pembuatan makalah, jurnal, thesis, skripsi, dan lain sebagainya, yang saya kutip dari Jurnal sistem pakar diagnosa diabetes nefropathy.

1. Pendahuluan

Sistem Pakar (Expert System) adalah program berbasis pengetahuan yang menyediakan solusi-solusi dengan kualitas pakar untuk problema-problema dalam suatu domain yang spesifik. Implementasi sistem pakar banyak digunakan dalam bidang kesehatan lantaran sistem pakar dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar pada bidang tertentu dalam program komputer sehingga keputusan dapat diberikan dalam melaksanakan budi budi secara cerdas.

Salah satu implementasi yang diterapkan sistem pakar dalam bidang kesehatan yaitu sistem pakar untuk melaksanakan diagnosa penyakit diabetes nefropathy dan pencegahannya (memberikan solusi pada pasien) dengan menggunakan metode Certainty Factor (CF). Diabetes Nefropathy (Nefropati Diabetik) adalah penyakit ginjal yang disebabkan karena diabetes yang merupakan penyebab terbesar dari gagal ginjal. Tak kurang dari sepertiga penderita diabetes akan menjadi nefropati diabetik. Orang dengan diabetes dan penyakit ginjal akan lebih buruk dibanding hanya menderita sakit ginjal saja. Hal ini disebabkan orang dengan diabetes cenderung untuk mempunyai penyakit lain yang menahun menyerupai tekanan darah tinggi, kolesterol dan penyakit pembuluh darah (atherosclerosis). Orang dengan diabetes juga cenderung memiliki penyakit yang berafiliasi dengan ginjal seperti infeksi saluran kemih dan rusaknya syaraf yang berhubungan dengan saluran kemih.

Kemampuan analisa yang sempurna dan akurat merupakan hal penting yang diharapkan dalam melakukan diagnosa apakah seseorang menderita diabetes nefropathy atau tidak, sehingga dapat memperkecil resiko-resiko kesalahan dalam proses diagnosa pada umumnya.

Dalam proyek tamat ini akan dibangun sebuah sistem pakar berbasis web dan mobile yang nantinya akan membantu dokter dan paramedis dalam mengambil keputusan tentang penyakit apa yang diderita oleh pasien berdasarkan inputan yang diberikan pada sistem. Sehingga paramedis sanggup memperlihatkan solusi-solusi apa yang harus dilakukan oleh pasien dalam mengatasi penyakit yang dideritanya secara sempurna dan sedini mungkin.

Dengan adanya perangkat lunak ini diharapkan bisa membantu Rumah Sakit dalam meningkatkan pelayanannya kepada pasien dan sanggup dipakai para dokter dan tenaga medis untuk membantu mendiagnosa penyakit Diabetes Nefropathy dan memberikan solusi sempurna sedini mungkin. Kemudahan dalam mengakses perangkat lunak melalui komputer atau handphone diharapkan sanggup mempercepat proses diagnosa secara tepat.

2. Faktor Kepastian

2.1 Faktor Ketidakpastian

Dalam menghadapi suatu masalah sering ditemukan jawaban yang tidak memiliki kepastian penuh. Ketidakpastian ini bisa berupa probabilitas atau kebolehjadian yang tergantung dari hasil suatu kejadian. Hasil yang tidak pasti disebabkan oleh dua faktor yaitu hukum yang tidak niscaya dan jawaban pengguna yang tidak pasti atas suatu pertanyaan yang diajukan oleh sistem. Hal ini sangat gampang dilihat pada sistem diagnosis penyakit, dimana pakar tidak dapat mendefinisikan perihal kekerabatan antara gejala dengan penyebabnya secara pasti, dan pasien tidak sanggup mencicipi suatu tanda-tanda dengan pasti pula. Pada balasannya ditemukan banyak kemungkinan diagnosis.

Sistem pakar harus bisa bekerja dalam ketidakpastian. Sejumlah teori telah ditemukan untuk menuntaskan ketidakpastian, termasuk diantaranya probabilitas klasik (classical probability), probabilitas Bayes (Bayesian probability), teori Hartley berdasarkan himpunan klasik (Hartley theory based on classical sets), teori Shannon menurut pada probabilitas (Shannon theory based on probability), teori Dempster-Shafer (DempsterShafer theory), teori fuzzy Zadeh (Zadehís fuzzy theory) dan faktor kepastian (certainty factor). Dalam penelitian ini yang dipakai adalah factor kepastian.

2.2 KetidakPastian Aturan

Ada tiga penyebab ketidakastian aturan yaitu hukum tunggal, penyelesaian konflik dan ketidakcocokan (incompatibility) antar konskuen dalam aturan.

Aturan tunggal yang dapat menyebabkan ketidakpastian dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu: kesalahan, probabilitas dan kombinasi tanda-tanda (evidence). Kesalahan dapat terjadi karena:

a. ambiguitas, sesuatu didefinisikan dengan lebih dari satu cara
b. ketidaklengkapan data
c. kesalahan informasi
d. ketidakpercayaan terhadap suatu alat
e. adanya bias

Probabilitas disebabkan ketidakmampuan seorang pakar merumuskan suatu hukum secara pasti. Misalnya, jika seseorang mengalami sakit kepala, demam dan bersin-bersin ada kemungkinan orang tersebut terserang penyakit flu, tetapi bukan berarti apabila seseorang mengalami tanda-tanda tersebut pasti terserang penyakit flu.

2.3 Pengertian Faktor Kepastian

Pengertian faktor kepastian Faktor kepastian (certainty factor) diperkenalkan oleh Shortliffe Buchanan dalam pembuatan MYCIN (Wesley, 1984). Certainty factor (CF) merupakan nilai parameter klinis yang diberikan MYCIN untuk menunjukkan besarnya kepercayaan.

Model untuk menghitung Certainty Factor dari Rule

Sampai ketika ini ada dua model yang sering digunakan untuk menghitung tingkat keyakinan (CF) dari sebuah rule, yaitu:

a.  Menggunakan metode  ‘Net Belief’ yang diusulkan oleh E. H. Shortliffe dan B. G. Buchanan.

b. Dengan menggali Hasil wawancara dengan Pakar.

Tampilan Program Web dan Mobile

Dalam paper ini terdapat 2 percobaan yaitu melalui uji WEB dan Uji Emulator. Untuk bisa melaksanakan konsultasi maka user harus login terlebih dahulu dengan account yang sudah didaftarkan sebelumny. Tampilan untuk website tampak menyerupai gambar di bawah ini:

Jurnal teknik informatika pada goresan pena ini merupakan jurnal dari sebuah  Jurnal Teknik Informatika   Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy

Tidak hanya pada aplikasi WEB, pada aplikasi mobile, untuk bisa melaksanakan konsultasi maka user harus login terlebih dahulu dengan account yang sudah didaftarkan sebelumnya. Tampilan untuk mobile, menyerupai berikut ini:

Jurnal teknik informatika pada goresan pena ini merupakan jurnal dari sebuah  Jurnal Teknik Informatika   Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy

Artikel lainnya: jurnal sistem pakar PDF

Download

Untuk lebih lengkap membaca jurnal Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web Dan Mobile, dalam bentuk PDF. Silahkan d0wnl0ad disini


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jurnal Teknik Informatika Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel