-->

iklan banner

Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih

Piper betle atau daun sirih ialah tanaman merambat yang berasal dari tempat asia tenggara, Indonesia. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sering memanfaatkan daun sirih. Bahkan hingga kini ini kita tidak jarang menjumpai nenek-nenek yang masih menggunakannya. Biasanya nenek-nenek itu mengunyahnya bersama dengan kapur, gambir dan pinang. Kegiatan mengunyah sirih ini sudah menjadi tradisi semenjak zaman neolitik, yaitu sekitar dua kurun sebelum masehi. Tradisi ini dikenal dengan istilah bersirih. Selain sebagai tradisi, mengkonsumsi daun sirih juga sanggup mengobati banyak sekali macam penyakit sebab bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun sirih sanggup membunuh bakteri dan mematikan jamur yang sanggup mengakibatkan banyak penyakit sebab daun sirih mengandung minyak astiri, pati, gula, diatase, zat samak dan kavikol. Secara umum, ada 3 jenis daun sirih yang mempunyai khasiat untuk kesehatan, Yaitu sirih hijau merah dan hitam.


1. Daun sirih hijau


 yang berasal dari tempat asia tenggara Khasiat dan Manfaat daun Sirih
Daun sirih hijau sering dipakai sebagai materi untuk bersirih.


  • Daun sirih hijau sanggup mengobati radang tenggorokan dan asma. Caranya dengan merebus 4 lembar daun sirih kedalam 2 gelas air.

    Didihkan hingga air rebusan awalnya berkurang hingga sekitar satu gelas air saja. Minum hasil rebusan itu pagi dan sore secara rutin.

  • Dapat mengobati penyakit kulit dan menghilangkan amis badan. Caranya dengan mengoleskan daun sirih pada kulit yang terkena penyakit kulit, dan untuk menghilangkan amis tubuh dengan mengoleskannya pada area ketiak sehabis mandi secara rutin.

  • Daun sirih sanggup mengatasi keputihan. Caranya, ambil 7 hingga 10 lembar daun sirih segar. Rebus kedalam 1 liter air hingga air rebusannya berubah warna. Setelah mendidih, dinginkanlah dan pisahkan dengan daunnya yang telah layu. Hanya gunakan air rebusannya saja dengan cara membasuhnya pada area miss V.

  • Menghilangkan jerawat. Caranya dengan mengoleskannya pada wajah yang berjerawat, diamkan selama sejam kemudian bilas wajah dengan air bersih.

  • Menghentikan darah yang keluar dari hidung atau mimisan. Caranya dengan mencuci higienis selembar daun sirih hijau lalu menggulungnya dan masukkannya ke lubang hidung yang berdarah.

  • Melancarkan tiba bulan. Caranya dengan merebus selembar daun sirih hijau kemudian meminum air hasil rebusannya.

  • Daun sirih sanggup mengobati mata yang sakit atau merah. Cara penggunaannya sama dengan proses di atas.

  • Mengatasi amis verbal yang tidak sedap dan mengobati gusi yang bengkak. Caranya dengan berkumur-kumur memakai air hasil rebusan daun sirih atau sanggup juga dikunyah secara langsung.

  • Mengobati demam berdarah. Caranya juga dengan meminum air hasil rebusan 5 lembar daun sirih hijau yang dididihkan bersama 2 gelas air.

  • Menghentikan gatal-gatal pada kulit. Cara penggunaannya ialah dengan menumbuk beberapa lembar daun sirih. Setelah halus, oleskan pada area kulit yang mengalami gatal-gatal.


2. Daun sirih merah


 yang berasal dari tempat asia tenggara Khasiat dan Manfaat daun Sirih
Warna permukaan daun sirih merah berwarna hijau gelap dengan corak keputih-putihan. Warna merah lebih banyak didominasi terdapat pada pecahan bawah daun.

Daun sirih merah terbukti bisa menyembuhkan penyakit kanker, khususnya kanaker payudara. Caranya dengan menghancurkan selembar daun sirih merah kemudian mencampurkannya dengan segelas air mendidih. Diminum dalam keadaan hambar pada pagi dan sore hari. Menurut beberapa penderita kanker payudara, dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih merah secara teratur, kesudahannya sanggup eksklusif dirasakan dalam jangka waktu sekitar 3-4 minggu. Kanker payudaranya tidak menyebar dan jikalau dioprasi untuk proses pengangkatannya, itu tidak akan memakan waktu yang lama. Karena memudahkan dokter dalam proses pengangkatan jaringan akar yang telah mati. Baca juga manfaat sirih merah bagi kesehatan dalam artikel di blog kami yang khusus membahasnya sedikit lebih detail.


3. Daun sirih hitam


Daun sirih yang berwarna hitam sanggup dipakai sebagai obat cuci darah, asma, bronkhitis, darah tinggi dan batuk rejan. Pengolahannya ialah dengan merebus 3 lembar daun sirih hitam, kemudian minum air rebusannya secara teratur.


 yang berasal dari tempat asia tenggara Khasiat dan Manfaat daun Sirih
Daun sirih hitam berwarna hitam seluruhnya.

Walaupun penelitian khusus wacana khasiat dan manfaat dari daun sirih terhitung masih kurang, namun khasiatnya tetap dipercaya dikarenakan telah terbukti dikalangan masyarakat yaang telah semenjak dulu menggunakannya. Khasiat daun sirih terbukti manjur dan menjadi tumbuhan obat herbal andalan Indonesia. Produk tumbuhan daun sirih sanggup Anda lihat disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel