-->

iklan banner

Manfaat Dan Khasiat Bambu Kuning

Bambu kuning atau dikenal dengan Yellow Running Bamboo mempunyai daya tarik dari segi bentuk dan warnanya. Bentuknya yang menjulang ramping dengan batang berwarna kuning keemasan menciptakan tampilannya jauh lebih indah dari flora bambu jenis lainnya. Oleh sebab itu bambu kuning termasuk salah satu jenis tanaman bambu hias di Indonesia yang sangat terkenal dan sering ditemui tumbuh berumpun di halaman rumah sebagai tanaman hias andalan. Kaprikornus jangan heran, jikalau bambu ini mempunyai peminat yang banyak.


Bambu kuning atau dikenal dengan Yellow Running Bamboo mempunyai daya tarik dari segi bentu Manfaat dan Khasiat Bambu Kuning
Warna dan tekstur bambu kuning berbeda dengan jenis-jenis bambu pada umumnya.

Manfaat bambu kuning sebagai flora penghias halaman sudah menjadi pengetahuan umum bagi masyarakat, namun tahukah anda bahwa bambu kuning juga mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan? apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya:


Bambu kuning mengandung kalori, flavonoid, fenol dan sumber pottasium rendah yang cantik sebagai sumber protein dan nutrisi tubuh. Dengan kandungan itu, bambu kuning berguna sebagai:


1. Obat Lever

Bambu kuning sanggup mengobati sakit lever dengan memanfatkan rebungnya. Rebung yaitu anak atau tunas bambu yang gres berusia beberapa hari. Rebung biasanya dijadikan sayur sebab meiliki rasa yang yummy dan manis. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di jerman, rebung bambu kuning mempunyai senyawa fenol yang bersifat anti racun hati. Penelitian ini melibatkan hewan percobaan yang telah sengaja dirusakkan atau diracuni hatinya. Kemudian seri rebung bambu kuning ternyata sanggup memperbaiki kerusakan sel hati hewan tersebut.


Bambu kuning atau dikenal dengan Yellow Running Bamboo mempunyai daya tarik dari segi bentu Manfaat dan Khasiat Bambu Kuning
Bambu kuning tidak menghasilkan rebung dalam jumlah yang banyak.

Dalam resep tradisional, untuk mengobati sakit lever rebung sanggup dikonsumsi dengan cara mengeringkan rebung bambu kuning terlebih dahulu. Setelah itu, irisan rebung yang telah kering direbus dengan 10 gelas air. Pada ketika mendidih, saring ampasnya dan ambil airnya sebanyak sepertiga gelas saja. Minumlah selagi hangat pada pagi, sore dan malam hari.Hasil rebusannya sanggup anda tambahkan gula sebab rasanya memang sedikit asam. Bambu kuning tidak menghasilkan rebung yang banyak seperti bambu-bambu lain pada umumnya. Jadi, untuk menghemat stok rebung, ampas yang telah disaring tadi sanggup dipakai sebanyak 3 kali rebusan. Kaprikornus untuk rebusan pertama dan kedua, ampas rebung ini masih sanggup digunakan.


2. Obat asam urat

Seorang jago pengobatan cina di Sukabumi, Mochamad yusuf, mengemukakan bahwa daun bambu kuning sanggup mengobati penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan daun bambu itu kaya akan senyawa flavon, sebagaimana fungsi flavon yaitu menghentikan oksidasi xantin yang sanggup menjadikan asam urat. Maka dengan mengkonsusmi daun bambu, kadar asam yang terdapat dalam badan sanggup menurun.


3. Pereda batuk

Batuk sering kali menciptakan kita memproduksi lendir dan dahak. Lendir atau dahak yang berlebih sanggup menghipnotis fungsi otak. Hal ini sanggup atasi dengan ekstrak daun bambu kuning. Ekstrak daun bambu sanggup meluruhkan dahak sehingga menghentikan batuk. Resep ini tercatat dalam kitab Ming Yi Bie Lu sebagai catatan seorang dokter ternama di China.


4. Obat penyakit pernapasan

Di india, ada suatu sistem pengobatan yang disebut dengan Ayurveda. Sistem pengobatan ini memakai konkresi silicious yang terdapat pada batang bambu kuning sebagai obat sakit pernapasan. Seperti mengatasi sesak napas dan menguatkan sistem pernapasan manusia.


5. Obat radang paru-paru

Paru-paru yang meradang sanggup disembuhkan dengan daun bambu kuning. Walaupun rasanya pahit, namun air rebusan daun bambu ini berguna memperbaiki peradangan di dalam paru-paru.


Bambu kuning atau dikenal dengan Yellow Running Bamboo mempunyai daya tarik dari segi bentu Manfaat dan Khasiat Bambu Kuning
Daun bambu kuning mengandung senyawa-senyawa alami yang berguna menyembuhkan penyakit menyerupai tuberkolosis, asam urat, juga  radang paru-paru.

6. Obat tuberkolosis

Daun bambu kuning mengandung zat tabasheer dan mineral silica. Kedua zat ini sanggup mengatasi tuberkolosis. Di Tibet, masyarakatnya biasa memakai ramuan daun bambu kuning untuk mengobati penyakit tuberkolosis. Ramuan ini berjulukan ramuan Ayurvedic.


7. Mencegah kanker dan melindungi jantung

Antioksidan yang tinggi pada bambu sanggup melawan proses terbentuknya radikal bebas yang sanggup menjadikan penyakit-penyakit ganas menyerupai penyakit kanker dan penyakit jantung. Di Cina, ekstrak daun bambu kuning dipakai juga untuk melindungi jantung dan menetralkan racun yang ada di dalam tubuh.


8. Menghilangkan lemak dan kolesterol

Tanaman bambu kuning mempunyai kadar air mineral yang tinggi. Misalnya terdapat pada potongan tunasnya atau yang sering disebut dengan rebung. Kaprikornus mengkonsumsi rebung sanggup dijadikan alternatif untuk menghilangkan kolesterol.


Bambu kuning atau dikenal dengan Yellow Running Bamboo mempunyai daya tarik dari segi bentu Manfaat dan Khasiat Bambu Kuning
Rebung yang telah dikupas kulitnya bertekstur lembut, berwarna putih gading dan berserat.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat bambu kuning untuk kesehatan tubuh. Pada umumnya, bambu kuning terbagi menjadi 2 jenis, yaitu bambu kuning besar dan bambu kuning mini (semuanya kami sediakan di bibitbunga.com). Namun yang biasanya dimanfaatkan sebagai obat yaitu bambu kuning besar. Sementara yang ukuran mini lebih banyak dipakai untuk dekorasi atau hiasan. Nah,,  dengan mengetahui keuntungannya yang tidak hanya sebagai flora penghias, maka tentu saja flora dengan nama latin Bambusa vulgaris ini akan mempunyai jumlah peminat yang semakin bertambah. Oleh sebab itu budidayakanlah flora bambu yang multi manfaat ini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Bambu Kuning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel