-->

iklan banner

Cara Menciptakan Bonsai Bunga Bougenville – Tahapan Lengkap

Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville, menjadi topik menarik yang akan kita bahas dalam kesempatan ini. Sebagaimana kita tahu bonsai merupakan salah satu teknik yang menciptakan tumbuhan berukurn besar menjadi berukuran mini dan kecil. Dengan melaksanakan hal ini maka nilai estetika dan nilai jual tumbuhan akan semakin meningkat.


Salah satu jenis tumbuhan yang cukup popular dijadikan tumbuhan bonsai yaitu bunga bougenville atau bunga kertas. Hal ini lantaran tumbuhan ini selain mempunyai warna yang cerah juga mempunyai warba bunga yang bermacam-macam terlebih lagi tumbuhan bunga kertas relative gampang dirawat dan tidak membutuhkan teknik khusus.


Keunggulan lainnya yaitu bentuk batang tumbuhan bougenville ini memilii corak yang klasik sehingga tentunya akan semakin Nampak menarik jikalau dinuat bonsai. Yuk pribadi saja simak mengenai Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville – tahapan lengkap.


Persiapkan alat dan bahan


Tahap awal untuk menciptakan bonsai bougenville yaitu dengan menyiapkan alat dan materi yang rekatif gampang ditemukan disekitar kita, berikut alat dan materi yang ahrus disiapkan :



  1. Bibit bunga bougenville

  2. Media tanam (tanah liat)

  3. Pasir

  4. Pupuk kompos / kandang

  5. Kerikil

  6. Pupuk anorganik / NPK

  7. Cetok

  8. Gunting tanaman

  9. Pot yang kokoh

  10. Kawat kuningan yang kuat

  11. Rapiah

  12. Tang, dan

  13. Isolasi


Seteah a;at dan materi siap maka dilanjutkan dengan tahapan ini yakni pembuatan bonsai


Membuat Bonsai Bunga Bougenville


Hal utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan bonsai yaitu kualitas bibit bunga bougenville yang baik. Adapun persyaratannya yaitu bibit harus dalam kondisi sehat, tidak terpapar hama dan penyakit, daunnya subur ditunjukkan dengan warna hijau yang cerah.


Sebagai rekomendasi sebaiknya menggunakan bibit yang berasal dari proses pencangkokan atau stek batang dengan hal ini maka tumbuhan akan lebih kokoh lantaran memiliki  akar lateral  dan bukan akar tunggang.


Langkah selanjutnya yaitu melaksanakan pemangkasan terhadap dahan dahan yang tidak perlu. Hal ini dilakukan untuk merapikan tumbuhan supaya mempunyai tampilan yang semakin estetik dan rapi. Selain itu fungsi dari pemangkasan ini sendiri yaitu untuk mengurangi proses penguapan yang sanggup menimbulkan tumbuhan stress dan akirnya mati menyerupai pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.


Gunakan pot yang kokoh dan berpengaruh serta tak gampang pecah. Namun sebelum digunakan pot wajib dicuci higienis supaya tidka ada hma atau juga kotoran yang melekat yang sanggup menimbulkan penyakit. Selain itu sanggup juga dilakukan perendaman menggunakan insektisida dengan takaran 0,06-0,1% selanjutnya lakukan penjemuran selama 10-15 menit dibawah terik matahari.


Untuk media tanam sebaiknya gunakan media tanam yang baru, jangan pakai media tanam yang berasal dari tanah polibag sisa, alasannya yaitu mempunyai kualitas yang buruk dan mengandung banyak kontaminan. Pastikan media tanam yang digunakan yaitu media tanam yang subur dan gembur serta bisa menyediakan unsur hara yang cukup.







Tambahkan juga media tanah  pasir, dan pupuk sangkar dengan perbandingan 5:3:2 kedalam pot. Sebelumnya pada bab dasar pot ditambahkan watu kecil untuki menjadi pemberat dan menciptakan aerasi menjadi lebih baik. Kemudian masukkan bibit ke dalam wadah pot dalam posisi tegak lurus kemudian kemudain masukkan media tanam kedalam pot bertahap hingga penuh.


Selanjutnya kemudian setalah bibit tumbuhan tertanam dengan baik maka sanggup dilakukan penyiraman menggunakan air yang bersih. Siram secukupnya jangan hingga air menggenang namun jangan juga terlalu sedikt, yang terpenting media basah. Tambahkan juga moss supaya berfungsi sebagai mulsa sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.


Proses pembuatan bonsai pada bunga bougenville dimulai dengan menciptakan kerangka dasar bonsai. Setlah dahan dahan yang tidak penting dipangkas kemudaian lilitkan kawat kjuningan pada cabang atau ranting sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Setelah lilitan Nampak tepat anda sanggup mengikatnya menggunakan tali rapiah supaya posisinya tetap terjaga.


Pada umunya bentuk bonsai yang biasa dibentuk dalam bentuk tegak lurus, berbetuk mahkota yang asimetris atau juga berliku liku dan menjulang keatas. Dapat juga berbentuk miring dan bergelantungan hal ini sanggup diubahsuaikan dengan selera dan impian anda yang pastinya yaitu tetap menonjolkan nilai estetika.


Selama masa proses pembentukan bonsai anda dpat memangkas dan memotong dahan dahan yang tidak penting yang tumbuhnya tidak sesuai dengan contoh dan bentuk bonsai yang anda inginkan. Buang juga ranting yang posisinya tumpang tindah supaya tidak merusak bentuk bonsai anda sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.


Perlu diketahui bahwa dalam proses pembuatan bonsai bunga bougenville ini tidak memerlukan materi yang biasa digunakan untuk mengerdilkan tanamah. Hanya saja tetap harus dilakukan pemeliharan berupa penyiraman menggunakan botol semprot dan pemupykan menggunakan NPK 15:15:15 dengan takaran sebanyak 20-25 gram  yang diberikan setiap 4 bulan sekali dengan cara ditaburkan kebagian bersahabat perakaran sebagaimana  Ada jenis pupuk buatan yang menggunakan materi kimia dan pupuk mempunyai peranan yang penting buat tanaman.


Nah, itulah tadi klarifikasi singkat mengenai  Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville – tahapan lengkap. Praktis bukan, semoga bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Bonsai Bunga Bougenville – Tahapan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel