-->

iklan banner

Mengenal Dan Memakai Formula Dalam Microsoft Excel

Formula dalam microsoft excel merupakan persamaan yang melaksanakan penghitungan nilai dalam lembar kerja excel/worksheet.  Istilah atau kata formula bisa juga disebut rumus keduanya mempunyai arti yang sama, jadi bila anda menyebut formula excel atau rumus excel, it’s oke, tidak persoalan kok.

Formula merupakan  fasilitas yang sudah ada semenjak kelahiran microsoft excel dengan kemampuannya untuk menghitung angka yang luar biasa.

Untuk mengenal dan memakai formula dalam microsoft excel, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Cara Menggunakan Formula

Untuk memakai formula di excel, anda bisa memulainya dengan memakai tanda sama dengan (=), contoh: untuk menciptakan formula pengurangan bilangan 4 dan 2 adalah

=4-2

Anda bisa melaksanakan perhitungan di atas, eksklusif pada cell yang anda ingin isikan, ibarat gambar dibawah ini:

Formula dalam microsoft excel merupakan persamaan yang melaksanakan penghitungan nilai dalam  Mengenal dan Menggunakan Formula dalam Microsoft Excel

Keterangan:

angka 1: menciptakan pengurangan eksklusif di cell C2, yang kesudahannya sanggup juga anda lihat pada kotak teks formula yang dituliskan dengan angka 2.

Selain melaksanakan perhitungan eksklusif di cell yang diinginkan, anda juga sanggup memakai kotak teks formula untuk melaksanakan perhitungan. Setelah melaksanakan penulisan formula, jangan lupa untuk menekan enter, untuk menuntaskan formula yang telah anda buat.

Artikel lain: mengenal fungsi microsoft excel (statistik, formula, if, logika, tabel)

4 Item yang dipakai dalam penulisan Formula

Formula atau rumus sanggup memuat satu atau semua dari 4 item, yaitu: fungsi, referensi, operator dan konstanta.

Berikut referensi dan pengertian dari ke empat item di atas, yang membentuk penulisan rumus/formula, dikutip dari laman support.office.com

Bagian-bagian formula/rumus

Formula dalam microsoft excel merupakan persamaan yang melaksanakan penghitungan nilai dalam  Mengenal dan Menggunakan Formula dalam Microsoft Excel

Keterangan:

  1. Fungsi: PI() mengembalikan nilai dari pi: 3,142…
  2. Referensi: A2 Mengembalikan hasil dalam sel A2.
  3. Konstanta: Nilai angka atau teks yang dimasukkan eksklusif ke rumus, contohnya 2.
  4. Operator: Operator ^ (sisipan) menaikkan angka ke pangkat, dan operator * (tanda bintang) untuk mengalikkan angka.

Setelah melihat referensi penulisan/penggunaan 4 item tersebut dalam satu rumus, tentunya anda sudah lebih paham dan sanggup membedakan yang mana itu fungsi, referensi, konstanta dan operator.

Oke, berikut ini  merupakan penjelasan dan pengertian komplemen yang lebih mendetail untuk ke empat item tersebut.

1#. Fungsi

Fungsi merupakan rumus yang telah ditetapkan sebelumnya di excel, menjalankan perhitungan dengan memakai nilai tertentu yang disebut argumen, dalam susunan tertentu/terstruktur. Fungsi bisa dipakai untuk menjalankan perhitungan sederhana atau kompleks.

Sintanks fungsi excel

Pada referensi ini, saya memakai fungsi ROUND, dimana fungsi ROUND dipakai untuk membulatkan angka ke jumlah digit yang ditentukan. Misalnya, bila sel A10 berisi 23,7825 dan Anda ingin membulatkannya menjadi 2 desimal saja (2 angka dibelakang koma). Maka penulisannya =ROUND(A10,2). Sehingga kesudahannya menjadi 23,78.

Struktur Fungsi dari penulisan Fungsi ROUND, bila digambarkan ibarat dibawah ini:

Formula dalam microsoft excel merupakan persamaan yang melaksanakan penghitungan nilai dalam  Mengenal dan Menggunakan Formula dalam Microsoft Excel

Keterangan:

  1. Struktur. Struktur fungsi dimulai dengan tanda sama dengan (=), kemudian diikuti dengan nama fungsinya, tanda kurung buka, argumen untuk fungsi yang dipisahkan oleh tanda koma, dan diakhiri/tutup dengan tanda kurung tutup.
  2. Nama fungsi. dalam referensi ini memakai fungsi yang berjulukan ROUND, untuk melihat fungsi excel yang lain, anda bisa menekan tombol SHIFT + F3 pada keyboard dalam lembar kerja excel.
  3. Argumen. Argumen sanggup berupa teks, angka, nilai logika (TRUE, FALSE), array, sel referensi. Argumen yang anda tentukan harus menghasilkan nilai yang valid untuk argumen itu. Argumen juga bisa berupa konstanta, rumus, atau fungsi lainnya.
  4. Argumen tooltip. Sebuah gosip yang muncul saat anda mengetikkan fungsi di lembar kerja excel. Argumen tooltip merupakan bawaan microsoft excel, yang cukup membantu ketika anda lupa penulisan dari suatu fungsi yang ingin digunakan.

Contoh-contoh fungsi excel lainnya:

  1. Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP: baca pada tulisan: cara memakai rumus vlookup dan hlookup.
  2. Fungsi IF, baca: cara penggunaan fungsi IF di microsoft excel
  3. Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN, COUNTA, baca: cara memakai rumus sum, average, max, min dan counta
  4. Fungsi LEFT, MID, RIGHT, baca: cara memakai rumus vlookup, mid dan left

2#. Konstanta

Konstanta merupakan nilai yang bukan merupakan hasil perhitungan, alasannya yaitu itu nilainya selalu sama atau tidak akan berubah. konstanta bisa merupakan sebuah teks maupun angka. Contoh:  tanggal 10/10/2016, angka 212, dan teks “Peningkatan Penjualan Pertahun”.

Angka  atau teks yang dihasilkan dari perhitungan bukan merupakan sebuah konstanta. Misalnya anda memakai konstanta dalam rumus penjumlahan =20+60+100, kesudahannya bukan merupakan konstanta.

3#. Referensi

Referensi merupakan sandaran/mengacu kepada sebuah sel lain di worksheet, bisa berbentuk sebuah nilai atau konstanta. Sel yang menjadi referensi bisa berada pada sheet yang sama maupun sheet yang berbeda.

Contoh formula excel yang memakai referensi

  1. Referensi dengan sheet/dilembar kerja yang sama, baca: penjelasan mengenai fungsi vlookup dan hlookup disertai gambar
  2. Referensi dengan sheet/lembar kerja yang berbeda, baca: cara memakai rumus fungsi vlookup beda sheet

4#. Operator

Operator merupakan tanda atau simbol yang memilih tipe perhitungan yang ingin anda jalankan pada sebuah rumus di excel. Ada 4 (empat) tipe operator yang diakomodasi oleh microsoft excel, yaitu: aritmatika, perbandingan, teks dan referensi.

Baca juga: format penyimpanan microsoft excel 2013

4.1# Operator Aritmatika

Operator aritmatika dipakai untuk melaksanakan operasi matematika dasar, seperti: penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Tabel Operator Aritmatika

Operator Aritmatika

Arti

Contoh

+ (tanda plus)

Penambahan

2+2

– (tanda minus/negatif)

Pengurangan atau negatif

3-1

* (tanda bintang)

Perkalian

2*3

/ (garis miring)

Pembagian

2/2

% (tanda persen)

Persen

30%

^ (tanda sisipan)

Perpangkatan

2^5

4.2# Operator Perbandingan

Operator perbadingan dipakai untuk membandingkan dua nilai, hasil dari perhitungan dua nilai yang dibandingkan berupa nilai boolean yaitu TRUE atau FALSE.

Tabel Operator Perbandingan

Operator Perbandingan

Arti

Contoh

= (tanda sama dengan)

Sama dengan

A1=B1

> (tanda lebih besar dari)

Lebih besar dari

A1>B1

< (tanda lebih kecil dari)

Lebih kecil dari

A1<B1

>= (tanda lebih besar dari atau sama dengan)

Lebih besar dari atau sama dengan

A1>=B1

<= (tanda lebih kecil dari atau sama dengan)

Lebih kecil atau sama dengan

A1<=B1

<> (tanda tidak sama dengan)

Tidak sama dengan

A1<>B1

4.3# Operator Penggabungan Teks

Operator  teks dipakai untuk menggabungkan dua atau beberapa teks untuk menghasilkan teks tunggal.

Tabel operator Teks

Operator Teks

Arti

Contoh

& (dan)

Menggabungkan dua teks

=”satu”&”dua” menghasilkan satudua

4.4# Operator Referensi

Operator referensi dipakai untuk mengkombinasikan range (kumpulan sel) untuk perhitungan dengan operator yang ada pada tabel dibawah ini.

Operator Teks

Arti

Contoh

: (titik dua)

Operator range yang menghasilkan sebuah referens yang mengacu kepada
semua sel diantara kedua referensi

C5:C15

, (koma)

Operator penggabungan yang mengkombinasikan banyak sekali referensi
menjadi satu referensi

 SUM(C5:C15,E5:E15)

(spasi)

Operator irisan yang menghasilkan referensi sel-sel yang memenuhi dua
referensi.

 C7:C7 E6:E8

Urutan Prioritas Operator dalam Melakukan Perhitungan di Excel

Excel menghitung rumus dari kiri ke kanan, sesuai dengan susunan tertentu untuk setiap operator dalam formula tersebut. Saat anda memakai lebih dari satu operator dalam pembuatan formula/rumus, maka operator-operator tersebut harus diurutkan berdasarkan prioritasnya untuk mendapat nilai yang diinginkan. Seperti yang digambarkan pada tabel dibawah ini:

Operator

Keterangan

: (titik dua)

(spasi)

, (koma)

Operator referensi

Negasi (misalnya -1)

%

Persen

^

Perpangkatan

* dan /

Perkalian dan pembagian

+ dan –

Penambahan dan pengurangan

&

Menggabungkan dua teks

=

<>

<=

>=

<>

Perbandingan

Fungsi Menggunakan Tanda Kurung dalam Formula/Rumus Excel

Dengan memakai tanda kurung, anda bisa merubah susunan prioritas operator pada sebuah rumus, alasannya yaitu bab rumus yang dimasukkan dalam kurung harus dihitung terlebih dahulu.

Contoh:

=4+1*2

Pada rumus perhitungan diatas, kesudahannya yaitu 6 alasannya yaitu excel melaksanakan perkalian sebelum penambahan. Rumus tersebut mengalikan 1 dengan 2 kemudian menambahkan 4 ke hasil tersebut.

Hasilnya akan berbeda, bila anda memperlihatkan tanda kurung, ibarat berikut ini:

=(4+1)*2

Pada rumus di atas, kesudahannya yaitu 10 alasannya yaitu anda memakai tanda kurung untuk mengubah sintaks, sehingga excel menjumlahkan 4 dengan 1, kemudian mengalikannya dengan 2.

Demikian goresan pena mengenal dan memakai formula dalam microsoft excel, bagi anda yang gundah untuk mulai dari mana berguru ms.Excel atau aplikasi microsoft office lainnya? Silahkan buka goresan pena saya sebelumnya, panduan berguru microsoft office.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Dan Memakai Formula Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel