-->

iklan banner

Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya

Ketika Anda ingin mempercantik dinding, Anda bisa membuat latar belakang dinding yang dekoratif. Saat mendekorasi dinding, Anda menentukan permukaan yang polos tanpa ada kabel, lubang atau cacat apa pun. Panel dinding ialah elemen epilog untuk dinding yang kita pilih untuk menghadirkan estetika atau dekorasi yang lebih baik. Panel dinding sanggup berfungsi untuk hal tertentu atau potongan teknis dari dinding bangunan.

 Anda bisa membuat latar belakang dinding yang dekoratif Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya
Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini, memakai panel dinding, wallpaper atau cat tekstur di dinding sedang menjadi tren. Panel dinding lebih baik daripada lukisan atau wallpaper dinding alasannya ialah mengatakan daya tahan dan kebersihan yang lebih baik. Anda juga sanggup menyembunyikan speaker atau kabel listrik di belakang panel yang merusak tampilan ruangan Anda. Kita bisa memecah permukaan dinding yang monoton untuk membuat kesan inspiratif di sebuah ruangan.

Sistem Panel Dinding

Ada dua sistem panel dinding. Yang pertama ialah cara sederhana untuk memasang panel atau papan di pribadi di dinding yang sudah finish, sistem ini berlaku untuk permukaan dinding lurus atau panel ringan. Cara lain yang banyak dipakai ialah sistem rangka grid/kisi. Ukuran kisi sanggup bervariasi sesuai dengan ukuran dan referensi panel. Bahan bingkai bisa dari logam atau kayu tergantung pada materi dan berat panel.

Sistem grid ini lebih efektif alasannya ialah membantu memperbaiki dinding yang membelok. Selain itu, ia menyediakan permukaan yang datar pada panel. Setelah grid/kisi siap, kita sanggup dengan gampang memasang atau menggantung panel-panel pada grid/kisi. Kita juga sanggup menambahkan materi isolasi ibarat wol Rock di antara rongga untuk membuat ruangan kedap suara.

Metode pemasangan untuk setiap panel bervariasi tergantung pada faktor-faktor ibarat ketinggian dinding, defleksi pada dinding, jenis bahan, jenis panel, materi bingkai yang tersedia, dll.

Jenis Panel Dinding Berdasarkan Permukaannya

Berikut ialah beberapa jenis panel dinding yang tersedia sesuai dengan permukaan tamat yang ditampilkan, yaitu sebagai berikut :

01. Panel Dinding Dekoratif

 Anda bisa membuat latar belakang dinding yang dekoratif Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya
01. Panel Dinding Dekoratif

Panel yang dipasang untuk meningkatkan estetika ruangan disebut panel dinding dekoratif, namun beberapa orang mungkin juga memakai ini untuk melindungi permukaan dinding dari kerusakan. Elemen dekoratif ini tersedia dalam banyak sekali materi dan ukuran.

Dinding umumnya mengalami retak, lembab dan kerapuhan, yang mengakibatkan tampilannya sangat tidak menarik terutama untuk ruang-ruang yang mendapatkan tamu. Oleh alasannya ialah itu kita perlu memasang panel dinding dekoratif untuk menutupi cacat pada dinding.

Desainer juga sanggup memakai banyak versi panel. Ada banyak materi yang tersedia untuk panel permukaan dinding ibarat kayu, papan gipsum, papan pra-fabrikasi, logam, lembaran PVC, kain, laminasi, dll. Bahan ini  lebih disukai dan berlaku di kawasan perumahan, komersial, kelembagaan, ibadah, industri, dll.

02. Panel Dinding Tile Board

 Anda bisa membuat latar belakang dinding yang dekoratif Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya
02. Panel Dinding Tile Board

Tile board ialah papan MDF (medium density fiberboard) dengan lapisan melamin di atasnya, yang terlihat ibarat ubin keramik biasa. Bahan ini mempunyai alur yang menggandakan sambungan ubin. Panel ini jauh lebih gampang dan lebih cepat untuk dipasang, alasannya ialah tidak ada pekerjaan sipil yang berat.

Jadi, secara konseptual, semakin kecil ukuran panel, semakin banyak jumlah bingkai yang diharapkan dan kesudahannya akan menjadi lebih rumit. Karena itu, panel ini cocok untuk memperbaiki ukuran panel yang lebih besar. Bahan ini lebih cocok di dapur, toilet, kolam mandi, dapur, kafe, dll.

03. Panel Dinding Utilitas

 Anda bisa membuat latar belakang dinding yang dekoratif Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya
03. Panel Dinding Utilitas

Pada panel utilitas, kita memakai panel untuk menggantung atau memegang sesuatu. Panel ini biasanya ialah papan berlubang yang mempunyai barisan lubang kecil untuk menahan paku dan pasak. Kita sanggup memakai seluruh permukaan sebagai panel utilitas atau hanya potongan dari dinding sebagai panel utilitas.

Panel ini tersedia dalam bermacam-macam warna dan tekstur kayu. Desainer atau tukang kayu sanggup memodifikasi desain panel sesuai kebutuhan. Panel ini lebih cocok dipakai di dapur, garasi, komersial, dll yang membutuhkan fungsi yang banyak. Panel ini juga cocok dipasang pada kamar sempit yang membutuhkan fungsi kompak ibarat kamar kos atau kontrakan.

04. Panel Dinding Akustik

 Anda bisa membuat latar belakang dinding yang dekoratif Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya
04. Panel Dinding Akustik

Permukaan dinding yang keras dan halus sanggup memantulkan bunyi kembali dan sanggup membuat gema di dalam ruangan. Gema ini tidak cocok untuk ruang pertunjukan audio, bioskop atau studio musik. Untuk mengurangi gema dan meningkatkan sifat akustik suatu ruangan, kita membutuhkan permukaan yang menyerap bunyi di dinding ruangan.

Panel dinding akustik bisa menyerap kebisingan dan mengatakan imbas bunyi yang sempurna di ruangan. Panel akustik membantu mengendalikan tingkat kebisingan di ruang dan menghindari transfer kebisingan melalui dinding. Namun demikian, akustik ruangan juga tergantung pada ukuran panel, lokasi panel, ukuran ruangan, lokasi speaker, dll. Panel dinding akustik tersedia dalam banyak sekali materi ibarat kain, lembaran busa, panel papan berlubang, dll. Panel dinding akustik lebih cocok dipasang pada bioskop, multimedia room di rumah, ruang kelas, bioskop, sekolah, auditorium, dll.

05. Panel Dinding Eksterior

 Anda bisa membuat latar belakang dinding yang dekoratif Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya
05. Panel Dinding Eksterior

Secara umum, ada panel epilog yang berbeda dan khusus untuk permukaan dinding eksternal, yaitu panel dinding eksterior. Panel dinding eksterior tersedia dalam banyak sekali materi ibarat beton pra-cetak, kayu, kerikil bata, ubin, PVC, papan serat semen, dll. Panel ini bertujuan melindungi permukaan dinding dari imbas atmosfer dan cuaca yang keras.

Di dalam sistem bangunan, ada panel struktural, yang menggantikan fungsi dinding dan panel eksterior. Sistem ini mengkompilasi lembaran insulasi busa kaku yang diapit di antara lapisan papan keras atau materi eksterior lainnya. Panel ini mempunyai kegunaan dalam membuat struktur yang ringan dan dicetak masal.

Kelebihan Panel Dinding

Dengan memasang panel dinding, kita akan memperoleh kelebihan dan manfaat sebagai berikut ini :
  • Panel dinding memberi kesempatan untuk membuat interior ruang yang elegan. Ada banyak alternatif yang tersedia untuk membuat permukaan dinding polos, bertekstur, atau 3D.
  • Karena kita menambahkan lapisan ke permukaan dinding, rongga membantu melindungi ruangan secara termal, mengurangi panas radiasi dan sebagai isolasi akustik.
  • Panel dinding juga mengatakan cara untuk menyembunyikan kekurangan pada permukaan dinding.
  • Panel dinding membantu untuk menyembunyikan kabel atau guratan yang tidak estetis yang berjalan di permukaan dinding.
  • Panel dinding juga sanggup dibentuk untuk meletakan lampu aksen dan speaker untuk kebutuhan hiburan.
  • Panel dinding sanggup diganti, sehingga menjadi gampang untuk mengubah dekorasi atau mempertahankan fungsi yang tersembunyi di balik panel.

Kekurangan Panel Dinding

Dengan memasang panel dinding, terdapat beberapa kekurangan sebagai berikut ini :
  • Tergantung pada materi dan desain, harus ada sambungan terbuka atau lubang di panel, atau itu bisa menjadi rumah bagi serangga terutama kecoa.
  • Panel dinding ialah hasil tamat yang akan dilihat, jadi pengerjaan yang baik ialah suatu keharusan atau permukaan berpanel sanggup melengkung, retak atau pecah.

Beberapa klien saya mempunyai pengalaman dinding yang dicat ternyata cepat rusak yang setiap tahun meskipun berada dalam kondisi yang bagus. Panel dinding tidak hanya menutupi noda pada dinding tetapi juga telah menjadi elemen desain untuk ruangan. Saya yakin hampir semua pembaca di sini mungkin ingin mempunyai panel dinding yang elegan di rumah atau tempat kerja yang membutuhkan panel.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel