-->

iklan banner

√ Pengertian Cms (Content Management System), Fungsi Dan Macam-Macam Cms

Pengertian CMS, Fungsi CMS dan Macam-macam CMS – Di kurun kini ini kebutuhan dalam mengelola sebuah situs website menjadi prioritas utama dalam mendirikan tiang.


Dengan adanya situs website kita sanggup mempromosikan barang dagangan kita dan juga sanggup sebagai sarana marketing serta mencari ilmu pengetahuan, dan ada juga hanya sekedar hobi dalam menciptakan sebuah situs website.


Kemunculan blog juga sangat bermanfaat menyerupai wordpress dan blogger, dengan adanya blog para pengguna internet sanggup mengakses ilmu pengetahuan didalam dunia internet, dengan mengetik tujuan yang ia cari maka sangat banyak sekali situs website yang menampilkan artikel.


Contohnya menyerupai kalian mengetik “Pengertian CMS dan Fungsinya” di serach google, maka muncullah situs website menyerupai situs ini yang mengulas mengenai cms.


 Di kurun kini ini kebutuhan dalam mengelola sebuah situs website menjadi prioritas utam √ Pengertian CMS (Content Management System), Fungsi dan Macam-macam CMS

Istilah dari kata website antara html, css, j4vascript dan php sangat berkaitan dengan namanya cms, apalagi kalau kalian menciptakan sebuah situs website toko online contohnya menyerupai website bukalapak, situs tersebut pastinya sangat membutuhkan yang namanya cms ini, lantaran sebagai alat penyimpanan data-data dan sebagainya.


Namun kalau kalian menciptakan websitenya blog, maka tak perlu memakai cms eksklusif lantaran sudah disediakan oleh google secara gratis dan pastinya tidak akan pernah down kalau kita numpang cms kepada google menyerupai situs ini. Hanya saja kalau blog kalian perlu menciptakan template atau tampilan situs saja.



Pengertian, Fungsi dan Macam-macam CMS


Jadi pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai dari pengertian cms serta fungsi dan macam-macamnya. Semoga dengan ulasan ini sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin mengetahui apa itu cms dan makhluk jenis apakah cms itu.


Supaya lebih mudahnya, kami akan mengulas dari pengertiannya terlebih dahulu gres manfaat/fungsinya gres deh macam-macamnya, berikut ulasan lengkapnya dibawah ini.


Baca Juga : Pengertian HTTP dan HTTPS Beserta Perbedaannya
Baca Juga : Pengertian Open Source Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Baca Juga : Aplikasi Untuk Belajar Coding atau Pemrograman di HP Android


Pengertian CMS


CMS ini kepanjangan dari Content Management System yakni suatu software atau perangkat lunak yang dipakai untuk mengelola atau menyetting dan memanipulasi suatu situs website.


Dalam cms ini kalian tidak harus bakir bahasa pemrograman lantaran tools-tools yang tersedia di cms ini untuk meringankan kita dalam pembuatan rangkanya, yang hanya dibutuhkan yakni kalian harus paham dasar website serta memperdalam konten yang akan dipublikasikan nantinya.


Di dalam cms ini terdapat 2 macam elemen dan mempunyai fungsinya masing-masing, berikut 2 elemen tersebut.


1. CMA (Content Management Application)
2. CDA (Content Delivery Application)


Pada CMA ini kalian akan diberikan kemudahan untuk mengolah suatu konten pada situs website yang ingin dibuat, sedangkan untuk CDA ia berkhasiat untuk memperbarui atau mengupgrade situs website yang telah jadi.


Jika dari pengertian cms Anda sudah memahaminya, silahkan kita lanjut untuk membahas pada fungsinya, kalau belum paham silahkan disimak pelan-pelan dari pengertiannya lantaran sudah kami buat dengan kata-kata terang dan padat supaya kalian sanggup mengerti dari pengertiannya.


Fungsi CMS


Salah satu yang paling dicari pengguna cms yakni kemudahan dan kesederhanaan dari penampilannya yang ditawarkan, lantaran dalam pembuatan cms kalian tidak perlu memperdalam ilmu coding lantaran tools-tools yang ada itulah yang mempermudah kalian dalam pembuatan cms.


Namun yang dikhawatirkan yakni ketelitian dalam pembuatannya, lantaran kalau kita salah sedikit saja dalam penginputan data maka sanggup ancaman apalagi kalau situs website kalian perihal jual beli produk online, bisa-bisa nanti uang yang ada di database sanggup diambil oleh orang yang tak bertanggung jawab.


 Di kurun kini ini kebutuhan dalam mengelola sebuah situs website menjadi prioritas utam √ Pengertian CMS (Content Management System), Fungsi dan Macam-macam CMS

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fungsi dari cms yakni mempermudah penggunanya dalam pembuatan database lantaran rangka-rangka yang ada kalian tidak perlu lagi membuatnya dari awal, serta mudahnya mengakses cms lantaran tools-tools yang ada sangat membantu kita dalam pembuatan database.


Dan yang penting yakni ketelitian saja dalam problem menginput data, apalagi kalau datanya bermasalah dengan uang, itu harus benar-benar diteliti dengan baik jangan hingga bocor sedikit dalam menginputnya bisa-bisa para cyber crime akan bahagia membobol semua kemudahan website kalian.


Macam-macam CMS



 Di kurun kini ini kebutuhan dalam mengelola sebuah situs website menjadi prioritas utam √ Pengertian CMS (Content Management System), Fungsi dan Macam-macam CMS

Pada ketika ini kurang lebih ada 42 cms dengan banyak sekali macam jenis serta fungsinya yang berbeda-beda.


Yang paling sering dipakai dan yang sering kita jumpai yakni Joomla, WordPress,Vbulletin, Prestashop dan masih banyak lagi platform lainnya. Ada beberapa platform yang memakai cms dan yang paling sering dipakai di Indonesia diantaranya :



  • WordPress, platform yang satu ini paling banyak dipakai di penggalan Dunia, salah satunya Indonesia. Perangkat lunak yang satu ini ia bersifat open source atau sanggup diakses oleh siapa saja dan ia memakai bahasa pemrograman PHP serta pengelolaan databsenya memakai MYSQL. Namun di Indonesia yang memakai platform WordPress, ia jarang menciptakan cms sendiri melainkan membeli di situs lainnya yang menyediakan jasa hosting dan domain dan kebutuhan situs lainnya. Maka kalau kita numpang lapak di jasa menyerupai itu, terkadang sering down servernya dan menimbulkan situs kita juga tidak sanggup diakses, kalau terjadi menyerupai itu kita harus sering berkomunikasi oleh tim ahlinya supaya servernya harus diperbaiki segera mungkin.

  • Drupal, platform yang satu ini juga juga menyerupai wordpress yang bersifat open source dan sanggup dipakai oleh siapa saja, bahkan hingga ketika ini sudah hingga ribuan orang yang memakai drupal. CMS yang satu ini ia memakai lisensi GPL, dan dibangun memakai bahasa pemrograman PHP, dan juga drupal ini sanggup kita hubungkan pada beberapa jenis database menyerupai MariaDB, MySQL, SQLite, POSTgreSQL dan lainnya.

  • Joomla, kalau platform satu ini sama menyerupai drupal bersifat open source serta memakai lisensi GPL, serta ia juga memakai bahasa pemrograman PHP dan memakai database MySQL.

  • Prestashop, sesuai dengan namanya CMS ini memang lebih dicocok dipakai sebagai suatu web berbasis toko online (E-commerce). Kehadiran toko online ini memang mengalami perkembangan hingga ketika ini. Prestashop ini juga bersifat Open Source. Dengan banyak sekali kemudahan yang ditawarkan menciptakan para pengusaha atau pengelola UKM tidak ragu memakai CMS Prestashop ini.

  • Vbulletin, berbeda halnya dengan CMS sebelumnya yang bersifat free atau gratis Vbulletin ini bersifat berbayar dan lebih sering dipakai sebagai portal web atau suatu lembaga diskusi terbuka dengan skala besar. Biasanya dikenal dengan istilah e-forum. Vbulletin ini juga dibangun memakai bahasa PHP dan memakai database MySQL.

  • Magento, sama halnya menyerupai Prestashop dan Drupal CMS Magento ini juga lebih cocok dipakai untuk e-commerce atau toko online dengan fitur yang lengkap dan sangat menarik. Pada awalnya Magento bersifat Open Source sehingga banyak sekali macam pengembangan sanggup dilakukan namun ketika ini juga tersedia versi komersil atau enterprise.



Penutup


Mungkin itu saja mengenai pengertian cms, fungsi cms serta macam cms. Semoga dengan ulasan diatas sanggup bermanfaat untuk kalian, kalau artikel ini dijadikan materi skripsi silahkan bebas asalkan ijin dulu yaa semoga barokah hehe.


Ijinnya praktis tinggal komentar saja dibawah dan nanti pastinya salah satu tim kami akan membalasnya, yaa pada dasarnya ijin aja pastinya akan diperbolehkan dijadikan materi skripsi hehehe, smangap yaa gaess semoga ulasan ini bermanfaat dalam menunjang pengetahuan bagi kamu.



Sumber https://www.feritekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pengertian Cms (Content Management System), Fungsi Dan Macam-Macam Cms"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel