-->

iklan banner

Pengertian Dan Teknik Pembuatan Patung

Pengertian Dan Teknik Pembuatan Patung – Patung ialah suatu karya seni  hasil dari cipta karya insan berbentuk tiga dimensi. Orang yang menbuat  patung disebut pematung. Tujuan penciptaan patung ialah untuk menghasilkan karya seni yang mempunyai nilai artistic dan daya jual yang tinggi dan sanggup bertahan lama. Supaya patung ini sanggup bertahan usang maka biasanya patung terbuat dari materi dasar yang mahal dan keras mirip perak, perunggu, kayu, kerikil dan granit.
Pada awalnya patung merupakan alat sesembahan bagi agama dan dogma tertentu atau yang biasa disebut berhala. Namun kini patung berekembang menjadi suatu karya seni  berdasarkan perkembangan nalar manusia.

Jenis – Jenis Patung 

1. Jenis Patung Dilihat Dari Cara Pembuatannya

  • Arca ialah jenis patung yang bentuknya ibarat bentuk makhluk hidup mirip insan dan hewan.
  • Relief ialah patung terletak pada dinding sehingga hanya sanggup dinikmati atau dinilai dari arah depan saja.

2. Jenis Patung Dilihat Dari Posisinya

  • Patung Free Standing, ialah  jenis patung yang cara pembuatan cara peletakkannya dengan cara berdiri tegak.
  • Patung Zonde ialah jenis patung yang cara pembuatannya dibuat secara  utuh dan peletakkannya mempunyai posisi yang bermacam-macam mirip duduk, jongkok, tidur, backflip dan lain- lain.
  • Patung Boss ialah jenis patung yang bentuknya hanya setengah badan.
  • Patung Tarso ialah jenis  patung yang cara pembuatannya hanya bagian-bagian tertentu atau sebagian tubuhnya saja dari objek pembuatan patung mirip tangan saja, kaki, atau kepala saja.

3. Jenis Patung Dilihat Dari Fungsinya

  • Patung Monumen ialah jenis  patung yang fungsinya sebagai alat untuk memperingati suatu  peristiwa sejarah atau tokoh tertentu yang berjasa besar.
  • Patung sebagai Lambang Pemujaan atau berhala  adalah jenis patung yang dipakai sebagai lambang pemujaan dan sesembahan  dalam program keagamaan tertentu atau alat peribadatan.
  • Patung Miniatur ialah jenis patung yang merupakan tiruan suatu bangunan atau arca dalam bentuk yang lebih kecil.
  • Patung Dekorasi ialah jenis  patung yang berfungsi menjadi ornamen atau penghias baik di dalam maupun di luar ruangan.

C. Teknik Pembuatan Patung

  1. Teknik Modeling  adalah  teknik dalam menciptakan patung dengan cara menciptakan model terlebih dahulu sebelum patung sbenarnya dibentuk.
  2. Teknik Merakit ialah teknik menciptakan patung dengan cara merakit  bahan dasar patung lalu merangkainnya  hamper mirip dengan permaianan puzzle.
  3. Teknik Cetak atau Cor teknik dalam menciptakan  patung dengan cara memenaskan materi dasar patung yaitu logam sampai mencair lalu dituangkan dalam cetakan patung yang telah dibuat rupa patungnya.
  4. Teknik Membentuk ialah  teknik dalam menciptakan patung dengan cara membentuk patung secara  bertahap sehingga tercipta patung yang kita inginkan. Biasanya hasil dari teknik ini lebih maksimal sebab memakai perasaan atau filling dalam membentuknya.
  5. Teknik Butsir ialah teknik dalam  membuat patung dari materi dasar patung yang lunak mirip tanah liat dan gips yaitu dengan cara mengurangi dan menambah bagian-bagian materi dasar patung sehingga tercipta karya patung yang cantik.
  6. Teknik Pahat teknik dalam menciptakan patung dari materi dasar keras mirip kayu, tulang, batu,granit dengan mengurangi belahan yang tidak diharapkan sehingga tercipta bentuk patung yang diinginkan.

D. Alat dan Bahan Membuat Patung

  1. Butsir dan sudip berfungsi mengambil dan menambal atau menambahkan materi serta menghaluskan permukaan yang sulit dijangkau tangan alat ini dipakai dalam Pembuatan patung berbahan dasar tanah liat memerlukan.
  2. Pisau, kapak, martil, gergaji serta ampelas dipakai dalam pembuatan Patung berbahan kayu.
  3. Pahat baja, martil besi, gurinda. Alat ini dipakai dalam pembuatan Patung dari materi batu, granit, dan marmer.
  4. Kompor pengecor, alat cetak dan gurinda. Alat ini dipakai dalam pembuatan Patung cetak dari materi logam.
  5. Martil, tatah atau pahat dan grenda. Alat ini dipakai dalam pembuatan Patung dengan cara pahat dari materi dasar  logam.
  6. Dan yang terakhir pisau, martil dan tang alat ini dipakai dalam pembuatan Patung berbahan dasar semen.

Demikianlah artikel kami wacana Pengertian Dan Teknik Pembuatan Patung, Semoga artikel ini sanggup  menambah wawasan dan pengetahuan anda semua,apabila terdapat kesalahan dan kekurangan pada artikel ini kami mohon maaf. Jika pembaca mempunyai kritik dan saran silahkan kirim ke alamat situs kami. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Baca juga :

Sumber http://www.berpendidikan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Teknik Pembuatan Patung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel