-->

iklan banner

Perbedaan Cabe Rawit Dan Cabe Keriting

Masakan khas Indonesia mempunyai cita rasa yang sangat lezat. Salah satu bumbu belakang layar yang biasa dipakai ialah cabai. Cabai mempunyai rasa yang pedas. Bahkan jikalau dibandingkan dengan paprika, rasa pedas dari cabe ini berkali-kali lipat. Rasa pedas dari cabe menciptakan rasa kuliner secara keseluruhan mempunyai sensasi tersendiri. Dan sebagian besar dari masyarakat Indonesia menyukai sensasi rasa pedas tersebut.
Ada 3 jenis cabe yang biasa dimasukkan ke dalam kuliner khas Nusantara yaitu cabe rawit, cabe merah keriting, dan cabe merah besar. Bagi Anda yang hobi memasak, Anda niscaya bisa membedakan ketiga jenis cabe tersebut dengan gampang sekali. Yap, antara cabe rawit, cabe merah keriting, serta cabe merah besar memang mempunyai perbedaan yang sangat mencolok. Kami akan membahasnya di dalam ulasan berikut ini.
Cabai Rawit
 Masakan khas Indonesia mempunyai cita rasa yang sangat yummy Perbedaan Cabai Rawit dan Cabai Keriting
Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) ialah tanaman buah dalam keluarga Solanaceae di genus Capsicum. Buah cabe rawit biasanya dipanen ketika kondisinya setengah matang dengan ciri-ciri berwarna hijau tua, ukurannya cukup besar, dan buahnya terisi penuh. Meskipun ukurannya kecil, buah cabe rawit mempunyai rasa yang lebih pedas daripada cabe merah keriting dan cabe merah besar. Pada skala scovikke, tingkat kepedasan cabe ini mencapai 50.000-100.000.
Cabai Keriting
 Masakan khas Indonesia mempunyai cita rasa yang sangat yummy Perbedaan Cabai Rawit dan Cabai Keriting
Cabai merah keriting sebetulnya masih satu spesies dengan cabe merah besar yaitu Capsicum annum, tetapi berbeda dalam varietasnya. Anda bisa membedakan cabe merah dan cabe keriting dengan memperhatikan ciri-ciri fisik buahnya. Buah cabe merah mempunyai bentuk yang mulus dan rata. Sedangkan bentuk cabe keriting agak bergelombang dan keriput. Untuk rasanya, kedua cabe ini mempunyai rasa pedas yang sama. Namun cabe keriting lebih disukai sebab bisa menciptakan warna kuliner menjadi lebih merah.
PERBEDAAN
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara cabe rawit dan cabe keriting, antara lain :
  1. Cabai rawit dan cabe keriting merupakan dua jenis tumbuhan cabe yang berbeda. Cabai rawit merupakan spesies Capsicum frutescens L. Sedangkan cabe keriting ialah spesies Capsicum annum.
  2. Cabai rawit mempunyai ukuran yang lebih pendek daripada cabe keriting. Cabai rawit umumnya berukuran 3-5 cm. Berbeda dengan cabe keriting yang panjangnya bisa mencapai 15-20 cm.
  3. Cabai rawit mempunyai rasa pedas yang besar lengan berkuasa sekali. Bahkan rasa pedas dari cabe keriting tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan cabe rawit. Di dalam skala scovikke, tingkat kepedasan cabe rawit sekitar 50.000-100.000.
  4. Cabai rawit mempunyai bentuk yang kecil dengan lapisan kulit yang bertekstur mulus dan rata. Hal ini sama menyerupai cabe merah besar. Berbeda dengan cabe merah keriting yang teksturnya bergelombang serta keriput atau keriting.
  5. Cabai rawit dipakai untuk memunculkan rasa pedas pada masakan. Cabai ini harus dipakai ketika Anda menciptakan sambal. Sementara itu, pemakaian cabe keriting biasanya dimaksudkan untuk memperlihatkan warna merah pada masakan.


Sumber http://farof.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Cabe Rawit Dan Cabe Keriting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel