-->

iklan banner

Tanaman Bambu Hias Di Indonesia

Indonesia yaitu negara yang dilalui garis khatulistiwa yang membuatnya menjadi negara beriklim tropis. Hal ini menunjukkan laba alasannya yaitu Indonesia menjadi negara yang mempunyai tanah subur dan kaya akan hasil hutan yang melimpah ruah. Maka dari itu, jangan heran kalau Indonesia diberi julukan paru-paru dunia alasannya yaitu segala macam tumbuhan sanggup tumbuh di tanahnya. Salah satu tumbuhan yang banyak dihasilkan Indonesia yaitu tumbuhan bambu. Terdapat lebih dari 160 jenis bambu yang tumbuh di Indonesia.


Sebenarnya bambu merupakan jenis tumbuhan rerumputan, namun tumbuhan ini tumbuh tinggi menjulang mencapai 30 meter dengan rongga dan batang yang keras dan kokoh. Bambu tergolong tumbuhan yang sanggup tumbuh dengan cepat, alasannya yaitu beberapa jenis diantaranya bahkan sanggup tumbuh 60 cm perharinya. Semua bab bambu sanggup dimanfaatkan, mulai dari daun, batang, hingga akarnya. Namun yang paling umum dimanfaatkan orang-orang yaitu batangnya.


Sejak dulu batang bambu sanggup ditemukan dengan banyak sekali macam bentuk olahan di rumah-rumah pedesaan. Orang-orang jaman dulu membuatnya sebagai materi pembuatan perkakas dapur, tikar juga untuk membangun rumah. Namun sekarang, kegunaan bambu sudah semakin berkembang bahkan marak di perkotaan. Kegunaan bambu yang banyak digandrungi orang-orang ketika ini yaitu sebagai tanaman hias. Ada banyak jenis bambu yang biasa dipakai sebagai tumbuhan hias, diantaranya:



  • Bambu kuning


Indonesia yaitu negara yang dilalui garis khatulistiwa yang membuatnya menjadi negara ber Tanaman Bambu Hias di Indonesia
bambu kuning biasanya ditanam secara berjejer di pekarangan rumah untuk memberi kesan warna kuning yang indah diantara warna-warna hijau yang ada di taman.

Di kalangan pecinta bambu hias, bambu jenis ini dikenal dengan yellow running bamboo atau moso bamboo. Warnanya ada yang kuning gading juga ada yang kuning keemasan kontras dengan warna daunnya yang hijau terang. Bambu yang berasal dari Cina dan Jepang ini mempunyai tekstur yang lembut, ramping dan lurus. Karena teksturnya yang berbeda dengan bambu-bambu jenis lain, bambu ini sering dijadikan tumbuhan penghias rumah, gedung-gedung perkantoran ataupun hotel-hotel. Bambu ini juga sanggup menambah kesan indah kalau dijejer dipekarangan sebagai pembatas rumah atau pagar. Bambu kuning sanggup tumbuh hanya sanggup tumbuh hingga 9 meter saja. Berbeda dengan bambu jenis lain yang bahkan hingga berpuluh-puluh meter. Selain jadi tumbuhan hias, bambu kuning juga mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Hal inilah yang membuatnya lebih berbeda dibandingkan bambu-bambu hias lainnya.



  • Bambu air


Indonesia yaitu negara yang dilalui garis khatulistiwa yang membuatnya menjadi negara ber Tanaman Bambu Hias di Indonesia
Menanan bambu air di dinding bak taman sanggup menambah kesan kesegaran pada pekarangan rumah anda.

Bambu air hijau ini suka tumbuh di daerah yang tanahnya banyak mengandung air. Bambu ini mempunyai ukuran rongga batang yang sangat kecil kalau dibanding dengan bambu lainnya. Sesuai dengan namanya, bambu air, bambu ini cocok ditanam di taman yang mempunyai kolam.Batangnya yang kecil berwarna hijau dan tumbuh berumpun ke atas, akan menambah kesan sejuk dan segar pada bak taman anda. Kami telah menuliskan artikel khusus wacana cara menanam dan cara merawat bambu air kalau Anda berminat untuk mempelajarinya.



  • Bambu jepang


Indonesia yaitu negara yang dilalui garis khatulistiwa yang membuatnya menjadi negara ber Tanaman Bambu Hias di Indonesia
Bambu jepang jarang tumbuh berumpun, bambu ini sering dipakai untuk menciptakan pagar rumah.

Bambu ini jarang ditemukan tumbuh berumpun. Tumbuh lurus kokoh dengan warna batang dan daun hijau pucat. Bambu jepang kadang dibentuk sebagai pembatas jalan atau pagar rumah alasannya yaitu tumbuh dengan lingkar batang yang cukup besar. Selain yang hijau dan tidak berumpun (kurang menarik), kami mempunyai jenis jambu jepang lainnya yang tumbuh merumpun warna batang kuning kecokelatan, sangat cocok dijadikan tumbuhan hias pagar.



  • Bambu sian

    Bambu sian berasal dari Thailand. Bambu ini tumbuh dengan rumpun yang sangat banyak. Batangnya yang tegak dan ramping berwarna hijau keputihan dengan daunnya yang berukuran kecil. Bambu ini sering ditanam secara berkelompok dengan berjejer di sisi dinding untuk meredam suara, juga sebagai elemen penghias taman.


Indonesia yaitu negara yang dilalui garis khatulistiwa yang membuatnya menjadi negara ber Tanaman Bambu Hias di Indonesia
Bambu sian tumbuh dengan rumpun yang banyak. Bambu ini paling sering ditemukan di pedesaan tumbuh berumpun di pinggir jalan.


  • Bambu Tutul

    Bambu ini juga disebut dengan bambu vulgaris. Warnanya coklat dengan bintik-bintik hitam menyerupai kulit macan tutul. Bambu jenis ini kadang dibentuk sebagai kerajinan tangan, furniture, atau dibentuk menjadi dinding juga lantai rumah.


Indonesia yaitu negara yang dilalui garis khatulistiwa yang membuatnya menjadi negara ber Tanaman Bambu Hias di Indonesia
Contoh olahan bambu tutul yang dibentuk sebagai dingklik yang unik.


  • Bambu hitam

    Bambu jenis ini dibentuk sebagai alat musik menyerupai gambang, angklung, juga kerajinan tangan. Kami menyediakan stock tumbuhan bambu hitam yang sanggup Anda order kapan saja.


Indonesia yaitu negara yang dilalui garis khatulistiwa yang membuatnya menjadi negara ber Tanaman Bambu Hias di Indonesia
Sesuai dengan namanya, batang bambuhitam memang didominasi warna hitam pekat.

Pada umumnya, bambu banyak dipakai sebagai pagar rumah. Bentuk bambu yang kokoh dan keras menjadi alasan utama orang-orang memilihnya sebagai pagar rumah. Selain menambah kesan natural, pagar dari bambu ini juga sanggup bertahan usang sampe bertahun-tahun. Tidak heran kalau ketika ini bambu menjadi tumbuhan yang dibudidayakan dengan daya jual yang tinggi.


Untuk mengetahui harga dan produk tumbuhan bambu apa saja yang tersedia, Anda sanggup klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanaman Bambu Hias Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel