-->

iklan banner

Teks Deskripsi – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur, Contoh

Rumusbilangan.com- Hallo sahabat, akan membahas makalah bahan pelajaran mengenai pola teks deskripsi yang mencakup pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri dan strukturnya.

Sampai detik ini tentunya sobat sudah sering mencar ilmu dan banyak membaca goresan pena pada buku, baik itu dari buku pelajaran, agama, matematika, novel, komik dan lain – lain.

Pada dasarnya, goresan pena itu terbagi menjadi dua bagian, yakni: goresan pena fiksi dan goresan pena non fiksi. Dari dua jenis bab tersebut, pada teks goresan pena non fiksi, masih terbagi lagi menjadi banyak sekali jenis tulisa, salah satunya yaitu goresan pena teks deskripsi.

 akan membahas makalah bahan pelajaran mengenai pola teks deskripsi yang mencakup penge Teks Deskripsi – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur, Contoh
Teks Deskripsi

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya berikut ini …

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian teks deskripsi secara umum yaitu salah satu kaidah sebagai upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang sanggup diutarakan secara terperinci dan sempurna dengan tujuan semoga sanggup di mengerti oleh orang yang tidak eksklusif mengalaminya sendiri.

Arti deskripsi dipakai untuk menggambarkan sebuah objek tertentu, sanggup berupa orang, tempat, kejadian, peristiwa, dan hal lain dengan detail dan jelas. Penulisan teks deskripsi didasarkan pada sebuah hasil pengamatan dan observasi sehingga harus sesuai dengan data dan fakta yang ada.

Arti Deskripsi Menurut KBBI

Pengertian deskripsi berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah pemaparan, uraian atau penggambaran dengan kata – kata secara terperinci serta terperinci.

Pengertian Teks Deskripsi Secara Umum

Secara umum pengertian teks deskripsi ialah sebuah teks yang menjabarkan atau memaparkan sebuah objek tertentu melalui kata – kata yang sanggup merangsang panca indera sehingga pembaca seolah – olah menyaksikan atau mencicipi sendiri objek yang di deskripsikan oleh penulis.

Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli

Di bawah ini ialah beberapa arti teks deskripsi berdasarkan para hebat bahasa dan sastra beserta klarifikasi lengkapnya yaitu berikut ini:

Menurut Tarigan

Definisi deskripsi ialah goresan pena yang sanggup melukiskan sebuah cerita yang bertujuan untuk mengajak pembaca semoga sanggup memahami, mencicipi dan menikmati objek yang di bicarakan ibarat suasana hati, acara dan sebagainya.

Menurut Keraf

Menurut Keraf deskripsi ialah sebuah bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang menciptakan objek tersebut seolah-olah para pembaca melihat sendiri objek tersebut atau seolah-olah berada di depan mata kepala para pembaca.

Menurut Utorodewo

Pengertian deskripsi berdasarkan Utorodewo ini yaitu bentuk paragraf yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

Ciri – Ciri Teks Deskripsi

Terdapat beberapa buah unsur – unsur teks deskripsi yang khas, yakni mencakup ciri dan karakteristik teks deskripsi ibarat gaya bahasa dan isinya. Berikut ini ialah unsur dan ciri – ciri dari teks deskripsi yaitu:

  1. Menggambarkan sebuah objek seperti: benda, daerah atau suasana tertentu.
  2. Melibatkan sebuah panca indera seperti: penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman dan perabaan.
  3. Mengungkapkan sebuah ciri-ciri fisik dan sifat objek seperti: ukuran, bentuk, warna dan sifat objek.
  4. Menjelaskan sebuah objek dengan jelas, detail serta terperinci.
  5. Menggunakan kata – kata atau frasa mempunyai makna kata sifat atau keadaan.

Jenis – Jenis Teks Deskripsi

Terdapat beberapa macam – macam teks deskripsi apabila dilihat dari isi teksnya. Berikut yaitu jenis-jenis teks deskripsi dan pengertiannya:

1. Teks deskripsi subjektif

Pengertian teks deskripsi subjektif ini ialah sebuah teks deskripsi yang dalam penggambaran objeknya berdasarkan atas kesan yang di miliki oleh penulis paragraf tersebut.

2. Teks deskripsi spatial

Pengertian teks deskripsi spatial yaitu sebuah teks deskripsi dimana objek yang dijelaskan hanya berupa benda, tempat, ruang dan lain sebagainya.

3. Teks deskripsi objektif

Pengertian teks deskripsi objektif ialah jenis teks deskripsi dimana klarifikasi mengenai objek tersebut digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya, tanpa ada komplemen opini dari penulisnya.

Struktur Teks Deskripsi

Secara umum terdapat 3 struktur teks deskripsi yaitu: identifikasi, pembagian terstruktur mengenai serta bab deskripsi atau bab inti. Berikut ini ialah 3 struktur teks deskripsi dan pengertiannya, yaitu:

1. Identifikasi

Pengertian identifikasi pada sebuah teks deskripsi ialah sebuah bab yang berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainnya.

2. Klasifikasi

Pengertian pembagian terstruktur mengenai pada teks deskripsi yaitu ialah unsur penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok berdasarkan kaidah atau standar yang sudah ditetapkan sebelumnya.

3. Bagian Deskripsi

Pengertian bab deskripsi atau bab inti pada suatu paragraf deskripsi, yaitu: bab yang berisikan citra atau pemaparan wacana suatu objek atau topik yang dibahas.

Contoh Teks Deskripsi

 akan membahas makalah bahan pelajaran mengenai pola teks deskripsi yang mencakup penge Teks Deskripsi – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur, Contoh

Deskripsi Tentang Kucing

Miong ialah nama kucingku yang baru. Miong ialah kucing desa yang saya temukan di depan rumah kemarin dikala saya akan berangkat sekolah. Bulu Miong Kuning bercampur putih disekujur tubuhnya. Ia masih berumur lima bulan, ia saya temukan di depan rumahku dengan tubuhnya yang kotor dan kelaparan. Saat itu juga saya eksklusif mengadopsinya menjadi kucing kesayanganku.

Setelah seminggu saya merawatnya, sekarang ia menjadi kucing yang sehat dan sangat periang. Ia ternyata ialah kucing yang suka sekali bermain dan berjalan – jalan. Pagi hari ia akan selalui pergi dari rumah dan sore hari ia gres akan kembali lagi. Meskipun begitu setiap saya pulang sekolah ia akan mampir ke rumah sebentar menunggu ku kembali, meminta makan kemudian kembali pergi bermain lagi.

Miong sangatlah menggemaskan. Ia menjadi kucing kesayanganku yang selalu menemani hari-hariku dengan tingkahnya yang sangat lucu sekali. Ia juga selalu mengerti apabila saya sedang sedih. Apabila ia tahu saya sedih, ia akan bertingkah lucu untuk menciptakan diriku menjadi tersenyum kembali dan kembali meladeninya untuk bermain.

Demikianlah pembahasan mengenai bahan Teks Deskripsi. Semoga bermanfaat ya …

Baca Juga:


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teks Deskripsi – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur, Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel