-->

iklan banner

6 Akhir Kurang Tidur Yang Berbahaya Namun Sering Disepelekan

6 Akibat Kurang Tidur Yang Berbahaya Namun Sering Disepelekan – Kebiasaan begadang di tengah malam memang kerap dilakukan bagi sebagian besar orang, terutama kalangan remaja dan dewasa. Kebiasaan ini bisa saja dilakukan lantaran kebutuhan kerja atau lembur kerja, mengerjakan kiprah sekolah atau bersenang-senang menyerupai main game.


Memilih melaksanakan kegiatan di malam hari memang lebih menyenangkan lantaran suasana di malam hari yang sunyi sehingga praktis untuk berkonsentrasi mengerjakan kiprah ataupun pekerjaan. Namun sayangnya kebiasaan ini ternyata berbahaya bagi tubuh. Akibat kurang tidur sanggup menimbulkan gangguan kesehatan.


Hal ini lantaran ketika tidur, tubuh akan memperbaiki diri baik pada kondisi mental maupun fisik. Itulah yang menimbulkan kondisi tubuh lebih segar dan berenergi ketika bangun. Apalagi tidur sangat berperan penting dalam tumbuh kembang pertumbuhan anak dan remaja. Oleh kesudahannya kebutuhan tidur harus tercukupi. Pada normalnya tubuh membutuhkan waktu tidur berkualitas sekitar 7-9 jam setiap hari.


Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi tidak hanya akan menciptakan tubuh lelah ketika bangkit dan sulit berkonsentrasi. Beberapa hal berikut ini akan berdampak jelek bagi tubuh jawaban kurang tidur. Namun sebelum membahas jawaban kurang tidur yang sering disepelekan ada baiknya ketahui terlebih dahulu manfaat tidur bagi tubuh berikut ini.


Manfaat Tidur Bagi Tubuh



  1. Tubuh menjadi lebih segar dan sehat

  2. Menjaga berat badan

  3. Memperkuat sistem kekebalan

  4. Tetap aktif dan lebih fokus di siang hari

  5. Menciptakan suasana hati yang positif

  6. Mempertajam ingatan

  7. Mengurangi resiko kecelakaan ketika mengemudi

  8. Mengendalikan nafsu makan

  9. Mencegah penuaan dini

  10. Mengurangi stress dan resiko depresi

  11. Mengurangi resiko penyakit serius


Akibat Kurang Tidur Yang Berbahaya Bagi Kesehatan


1. Menderita Penyakit Serius


 Akibat Kurang Tidur Yang Berbahaya Namun Sering Disepelekan  6 Akibat Kurang Tidur Yang Berbahaya Namun Sering Disepelekan


Kebiasaan begadang dan kurang tidur atau kondisi seeorang yang kesulitan tidur di malam hari biasanya disebut insomnia. Berdasarkan penelitian 9 dari 10 orang yang menderita insomnia bisa menimbulkan penyakit serius. Pada umumnya salah satu penyakit serius yang diderita yaitu gangguan irama jantung atau aritmia, gagal jentung dan serangan jantung.


Saat tidur tubuh akan memperbaiki semua sistem dalam tubuh termasuk pembuluh darah dan jantung. Oleh kesudahannya orang yang kurang tidur lebih beresiko menderita penyakit jantung. Tidak hanya itu jawaban kurng tidur juga sanggup menimbulkan diabetes, stroke, obesitas, gangguan mood, kanker dan lain-lain.


2. Rentan Sakit Dan Sulit Sembuh


Akibat kurang tidur akan menimbulkan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Pada ketika tidur tubuh akan melepaskan sitokin (protein-protein yang dihasilkan pada dalam sistem kekebalan tubuh). Sitokin ini diharapkan untuk membantu tubuh melawan infeksi, stress dan peradangan. Kondisi tubuh yang kurang tidur maka sitokin yang dilepaskan akan berkurang. Akibatnya sistem kekebalan tubuh akan menurun dan tubuh akan praktis terkena penyakit.


3. Menurunkan Daya Ingat


 Akibat Kurang Tidur Yang Berbahaya Namun Sering Disepelekan  6 Akibat Kurang Tidur Yang Berbahaya Namun Sering Disepelekan


Pada ketika tidur sistem saraf berproses untuk memasukkan hal-hal yang dialami dan dipelajari sepanjang hari ke dalam ingatan jangka pendek. Pada ketika ini koneksi saraf untuk mendukung penguatan daya ingat mengalami penguatan. Tentu saja emampuan otak dalam menyimpan ingatan pun akan terganggu jikalau tubuh kurang tidur.


Dari penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa tubuh yang kurang tidur dalam jangka panjang akan menimbulkan penurunan kemmapuan otak untuk berpikir. Maka hal ini akan menimbulkan seseorang akan praktis mengantuk, dimana mengantuk merupakan salah satu penyebab orang praktis lupa. Kondisi tubuh yang mengantuk juga akan menimbulkan hilangnya kemampuan untuk berkonsentrasi.


4. Mempercepat Penuaan Dini


Kebiasaan kurang tidur ternyata tidak hanya berdampak pada kesehatan, melainkan akan jelek pula pada kecantikan. keadaan wajah pada orang yang kurang tidur akan terlihat pucat, mata abses dan kulit kusam. Bahkan kurang tidur juga akan menimbulkan timbulnya kerutan halus di bawah bundar hitam bawah mata.


Ini terjadi lantaran peningkatan hormone kortisol pada orang yang kurang tidur. Kondisi hormone kortisol yang berlebihan akan menghancurkan kolagen. Dimana kolagen berfungsi untuk menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit.


Baca Juga : Tips Merawat Kulit Untuk Usia 30 Tahun Ke Atas.


5. Akibat Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Depresi


 Akibat Kurang Tidur Yang Berbahaya Namun Sering Disepelekan  6 Akibat Kurang Tidur Yang Berbahaya Namun Sering Disepelekan


Kurang tidur sanggup menimbulkan penurunan neuritransmiter atau senyawa kimia yang diproduksi otak untuk mengatur suasana hati. Oleh alasannya yaitu itu ketika waktu tidur berkurang maka kondisi mental menjadi tidak baik dan mempengaruhi suasana hati.


Hal ini bukan mustahil sanggup menimbulkan depresi dan perasaan yang lebih sensitive. Disamping itu tubuh yang kekurangan waktu tidur juga sanggup meningkatkan reaksi antisipatif yang sanggup menimbulkan peningkatan rasa cemas.


6. Akibat Kurang Tidur Dapat Meningkatakan Berat Badan


Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang mempunyai kebiasaan waktu tidur kurang dari 6 jam setiap hari cenderung meenjadi lebih gemuk, dibanding  mereka yang mempunyai waktu tidur 7-9 jam setiap hari. Hal ini disebabkan lantaran kondisi tubuh yang kurang tidur ada kaitannya dengan peningkatan nafsu makan. Bagi Anda yang menginginkan tubuh ideal sebaiknya hindari kebiasaan begadang yang menimbulkan tubuh menjadi kurang tidur.


Tips Agar Memiliki Waktu Tidur Yang Cukup



  1. Buat acara tidur setiap hari

  2. Hindari mengonsumsi cokelat, nikotin, cafein dan alkohol

  3. Buat suasana tidur yang nyaman menyerupai mengatur suhu kamar dan mematikan lampu semoga lebih tenang

  4. Lakukan olahraga teratur

  5. Aktif di siang hari semoga ketika malam tubuh merasa lelah dan praktis untuk tidur

  6. Kurangi acara di malam hari

  7. Hindari stress

  8. Lakukan sedikit peregangan dan rilekskan tubuh ketika akan tidur

  9. Lakukan kebiasaan tersebut secara konsisten


Diluar ancaman kurang tidur di atas, jawaban kurang tidur juga membahayakan bagi keselamatan nyawa. Banyak sekali kejadian kecelakaan yang disebabkan lantaran pengendar ayang mengantuk. Meski bagi sebagian orang kurang tidur merupakan hal yang sering disepelakan namun jikalau kebiasaan ini berlangsung dalam jangka panjang akan berdampak jelek dan merugikan diri sendiri. Mulailah mengatur dan menerapkan teladan hidup sehat untuk investasi kesehatan di masa mendatang. Semoga isu ini bermanfaat.




Sumber https://dewailmu.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Akhir Kurang Tidur Yang Berbahaya Namun Sering Disepelekan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel