-->

iklan banner

Aplikasi Kecerdasan Buatan Dan Fungsinya

Definisi Artificial Intelligence – Aplikasi kecerdasan tiruan(buatan) atau biasa disingkat AI merupakan proses dimana peralatan mekanik sanggup melaksanakan kejadian-kejadian dengan memakai fatwa atau kecerdasan menyerupai manusia. AI mempelajari bagaimana menciptakan komputer melaksanakan pada suatu insiden atau insiden yang mana orang melakukannya dengan baik. Sebelum lebih jauh kita membahas aplikasi kecerdasan buatan dan fungsinya, ada baiknya kita mengetahui sejarah aplikasi kecerdasan buatan ini.

 atau biasa disingkat AI merupakan proses dimana peralatan mekanik sanggup melaksanakan keja Aplikasi Kecerdasan Buatan dan Fungsinya
gambar kecerdasan tiruan dari www.matamata.com

Tahun 1963, merupakan tahun bersejarah lahirnya beberapa aplikasi kecerdasan tiruan. Seperti Samual yang menulis sebuah jadwal kemudian memberinya nama checker playing program. Program Samual tersebut dipakai tidak hanya untuk bermain game, tetapi dipakai juga pengalamannya pada permainan untuk mendukung kemampuan sebelumnya. Pada tahun yang sama banyak ditemukan pembuktian theorema (theorem proving) yang mendukung AI seperti logic theorist yang diawal percobaan dipakai untuk menandakan teorema matematika perihal Prinsip Matematika Whiteheat dan Russel. Theorema Gelernter menandakan pencarian area yang laen dari matematika adalah geometri. Lalu ada pembuktian dengan abstraksi/eksternal dengan menggunakan object sebagai pemecahan problem umum.

Di atas telah diuraikan sejarah singkat lahir dan perkembangan kecerdasan tiruan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya saya selipkan sedikit sejarah sistem pakar yang merupakan pecahan dari ilmu kecerdasan tiruan atau Artificial Intelligence.

Sejarah Sistem Pakar

Sebelum tahun 1963 dan tahun berikutnya menjadi tolak ukur perkembangan sistem pakar. Sistem Pakar atau expert System merupakan pecahan dari ilmu kecerdasan tiruan/buatan. Bila diambil dari sejarah sistem pakar menurut tahun, bisa ditarik kesimpulan tahun lahir dan perkembangan sistem pakar, sebagai berikut:
– Tahun 1943, Post E.L menandakan bahwa permasalahan-permasalahan komputasi sanggup diselesaikan dengan hukum IF-THEN.
– Tahun 1961 , General Problem Solver (GPS) oleh A. Newel dan H. Simon.  Membuat sebuah jadwal yang dibangun untuk menyelesaiakan permasalahan mulai dari games hingga matematika integral.

– Tahun 1969, Dendral. Dibangun di Stamford University atas undangan Nasa (Buchanan dan Feigenbaum) untuk melaksanakan analisisi kimiawi terhadap kondisi tanah di planet Mars.
– Tahun 1970, MCYN. Dibuat untuk diagnosa medis oleh Buchanan dan Shortliffe.

Baca Juga

– 1982, R1/XCON. Dibuat oleh para peneliti di Carnegie Melon University (CMU) merupakan sistem pakar pertama yang dibuat.
Baca juga artikel lainnya : kumpulan contoh-contoh skripsi sistem pakar

Merujuk pada hal di atas, permainan catur merupakan pecahan dari program/aplikasi kecerdasan tiruan, hal ini dikarenakan permainan catur merupakan permainan yang lengkap, harus terang situasi dan ketentuannya. Dari awal pekerjaan AI hingga kini ini, AI  dapat dikelompokkan ke dalam tiga tugas(task) yang lebih berguna/berfungsi, diantaranya:

1. Tugas biasa (Mundane Tasks)
Contoh kiprah biasa merupakan kebiasaan kita, seperti: mahasiswa, pekerja, pegawai, karyawan, customer service, teller atau pekerjaan makan, dimana dalam menuntaskan pekerjaan harus memahami (menyamakan persepsi yang kita lihat (visionatau yang diucapkan (speech), di samping itu itu kita harus mengerti atau menerjemahkan/memunculkan bahasa alami yang biasa kita pakai dalam pekerjaan ini serta harus dikendalikan dengan pertimbangan menurut pikiran yang sehat (kita tidak sanggup mengerjakan kiprah ini jikalau yang diperintahkan oleh pemberi pekerjaan objeknya tidak terlihat, tidak ada yang diucapkan/menyeluruh serta tidak mengerti bahasa bahasa pengantarnya dan pikiran lagi tidak sehat).

2. Tugas Formil (Formal Task)
Contoh kiprah formil yang sanggup selesai jikalau hukum formalnya terpenuhi, seperti: Polisi, Atlet Nasional, Tentara/TNI, programmer, debugger, yang kesemuanya membutuhkan kemampuan logika terbaik.

3. Tugas Ahli (Expert Task)
Contoh kiprah yang sanggup diselesaikan jikalau ahlinya ada, seperti: tenaga mahir di banyak sekali bidang, dokter spesialist, montir ahli, peneliti senior, dan sebagainya.

Aplikasi-aplikasi AI

Aplikasi-aplikasi dari Program kecerdasan tiruan/buatan diantaranya:
– Game Playing

– Sistem Bahasa Alami
– Sistem Perancangan dan Pembuatan CAD/CAM
– Sistem Pakar VLSI
– Sistem Pakar Reparasi Perangkat Keras
– Manajemen Data Cerdas
– Sistem Otomatisasi Kantor, dll.

Baca juga : Download ebook gratis sistem pakar pdf

Untuk Sistem pakar, saya pernah membuatnya dan aplikasi ini bisa anda lihat demonya di artikel aplikasi sistem pakar untuk diagnosa penyakit bayi gres lahir berbasis web. Atau jikalau butuh refrensi perihal sistem pakar, anda bisa membaca artikel saya lainnya adalah jurnal sistem pakar, mungkin bisa anda jadikan pola untuk pembuatan makalah sistem pakar komputer, perancangan sistem pakar, materi kuliah artificial intelligence dan lain sebagainya.

Demikian artikel aplikasi kecerdasan buatan dan fungsinya, agar bermanfaat.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aplikasi Kecerdasan Buatan Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel