-->

iklan banner

Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total Rusak Atau Soak

Cara Memperbaiki Aki Kering – Sering kali motor atau kendaraan beroda empat tidak bisa hidup. Biasanya duduk masalah utamanya terletak pada aki. Yah, aki menjadi komponen penting pada sebuah kendaraan lantaran bertugas sebagai sumber listrik untuk mengalirkan arus listrik ke komponen mesin yang nantinya menciptakan mesin bisa hidup. Aki sendiri dibagi menjadi dua tipe, yaitu aki berair dan aki kering atau sering disebut aki MF Battery (battery maintenance free).


Banyak orang menduga aki kering yang mati atau soak tidak bisa diperbaiki. Padahal aki kering masih bisa diperbaiki asalkan kondisi cell-nya masih manis sehingga nantinya bisa terisi listrik lagi. Apabila cell-nya sudah rusak parah, maka mau tak mau kita harus membeli aki gres yang bisa masbro simak harganya pada artikel berikut ini “Daftar Harga Aki Motor“. Untungnya harga aki kering motor tak terlalu mahal, jadi tak duduk masalah apabila membeli aki baru.




Bagi sebagian orang tentu merasa sayang membeli aki motor gres yang akan menambah biaya pengeluaran dalam merawat sepeda motor. Begitu pula dengan pemilik kendaraan beroda empat yang harus mengeluarkan uang melebihi 500 Ribu Rupiah hanya untuk membeli aki baru. Harga aki mobil memang lebih mahal, lantaran kapasitas penyimpanan listriknya lebih besar, jadi lebih baik kita coba dulu memperbaikinya. Siapa tahu aki masih bisa hidup dan bekerja menyerupai sediakala.


Kami yakin sebagian orang belum mengetahui cara memperbaiki aki kering yang soak atau rusak. Bahkan aki kering yang mati total tetap bisa diperbaiki, asalkan kondisi cell-nya masih bagus. Cell sendiri bertugas untuk menyimpan arus listrik, jadi apabila sudah rusak parah maka kecil kemungkinan bisa diperbaiki. Nah untuk mengetahui cara memperbaiki aki kering untuk motor maupun mobil, silahkan simak caranya di bawah ini.


 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak


 Sering kali motor atau kendaraan beroda empat tidak bisa hidup Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total Rusak atau Soak

Inilah Cara Memperbaiki Aki Kering Pada Motor Atau Mobil


Peralatan Memperbaiki Aki


Sebelum melaksanakan perbaikan aki kering yang rusak, silahkan masbro terlebih dahulu mempersiapkan alat-alat untuk membongkar aki. Jagan lupa terlebih dahulu membeli air aki atau sering disebut sebagai air Zuur. Soal harga tak perlu khawatir, lantaran harga air Zuur yang beredara dipasaran rata-rata dibanderol 5 Ribuan hingga 20 Ribuan. Lalu apa saja alat-alat pendukung lainnya ?



  1. Siapkan obeng, baik itu obeng minus dan obeng plus yang nantinya dipakai untuk membuka tutup aki

  2. Selain obeng, masbro juga harus menyiapkan Pisau atau bahkan gergajih besi

  3. Nah yang paling penting ialah mempersiapkan air Zuur atau air aki yang bisa dibeli di toko onderdil kendaraan beroda empat atau motor

  4. Kami sarankan untuk mempersiapkan suntikan printer atau suntikan bekas untuk mempermudah memasukan air aki.

  5. Selain itu, siapkan pula selotip atau solasi yang mempunyai ukuran besar atau menggunakan lem berdaya rekat tinggi

  6. Setelah semua siap, tinggal masbro mengikuti cara memperbaiki aki kering yang kami sampaikan di bawah ini


Cara Memperbaiki Aki Kering



  1. Nah cara memperbaiki aki kering yang pertama ialah melepaskan aki dari tempatnya, baik itu pada kendaraan beroda empat maupun motor.

  2. Setelah terlepas, kini masbro tinggal membuka epilog aki menggunakan pisau atau gergaji. Proses ini harus dilakukan secara hati-hati biar tidak melukai tangan serta tetap menjaga kondisi fisik aki tetap baik

  3. Biasanya pada cuilan atas aki tertupi “Do Not Open” atau apabila diartikel jangan dibuka. Walaupun bertulis menyerupai itu, namun kita harus tetap membukanya. Masbro juga harus mmbuka cuilan samping serta belakang dari epilog aki aagar bisa memasukan air aki (zuur.

  4. Selanjutnya masbro harus melepaskan epilog wadah aki dengan obeng atau alat pembuka lainnya. Setelah terbuka, maka akan terlihat adanya enam lubang yang dipakai untuk menyimpan air aki (zuur).

  5. Sebelum memasukan air aki, masbro harus terlebih dahulu melihat kondisi sel yang berada pada setiap lubang. Apabila kondisinya masih bagus, maka nantinya masbro bisa memasukan air aki melalui lubang-lubang tersebut. Biasanya setiap lubang diberi pentup karet, jadi masbro harus terlebih dahulu melepasnya sebelum memasukan air zuur.

  6. Asal masbro ketahui, setiap sel bisa menghasilkan tegangan listrik sebesar 2 Volt. Kaprikornus apabila di total maka 6 sel akan menghasilkan 12 volt. Silahkan masbro masukan zuur sesuai kapasitas yang bisa ditampung setiap lubang, namun kami sarankan menyisakan sedikit ruang biar nantinya air aki tidak tumpah.

  7. Saat memasukan air aki harus hati-hati. Jangan hingga populer tangan lantaran bisa mengakibatkan iritasi.

  8. Owh yah, untuk memasukan aki bisa memanfaatkan suntikan bekas biar air zuur tidak mengenai tangan

  9. Apabila sudah terlanjur kena, maka segera gosok dengan sabun biar terhindar dari iritasi

  10. Nah sesudah semu lubang terisi air aki, kini masbro tinggi menutup lubang dengan pentup aki menggunakan solasi atau lem biar merekat kuat

  11. Pastikan lubang tertutup secara rapat biar tidak ada udara yang masuk ke dalam lubang aki. Pastikan pula tidak ada kebocoran, lantaran bisa mengakibatkan terjadi konsleting. Apabila solasi dirasa kurang kuat, masbro bisa menggunakan lem alteco hingga benar-benar terutup rapat.

  12. Setelah semua pentup body terpasang dengan rapi dan rapat, selanjutnya aki kering siap di Charger untuk mengisi tegangan.

  13. Cara pengisian aki kering juga mudah. Masbro hanya perlu menghubungkan aki kering yang sudah diperbaiki dengan aki motor atau kendaraan beroda empat yang sudah menyala (Jumper) untuk mendapat tegangan inject awal sebagai starter.

  14. Untuk mengisi tegangan aki yang sudah diperbaiki juga bisa menggunakan trafo cas (Charger Transformator). Saat ini juga sudah ada Powerbank yang bisa dipakai untuk Jumper aki, menyerupai buatan Vivan yang dibanderol 400 Ribuan.

  15. Setelah semua cara memperbaiki aki kering di atas dilakukan. Selanjutnya masbro tinggal memasang aki yang sudah diperbaiki ke motor atau mobil. Apabila tegangan listrik terisi, maka nantinya motor atau kendaraan beroda empat bisa distarter.


Nah itulah cara memperbaiki aki kering yang paling gampang. Kami yakin semua orang bisa melakukannya tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Owh yah, sebelum aki dipakai kami sarankan untuk menyalakan mesin minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan aki biar stabil. Selain itu, masbro juga bisa tiba ke daerah pengisian aki biar hasil pengisian listrik bisa lebih maksimal.


Penyebab Aki Kering Rusak atau Soak


 Sering kali motor atau kendaraan beroda empat tidak bisa hidup Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total Rusak atau Soak

Komponen Aki Kering


Aki kering yang rusak atau soak tentu ada penyebabnya. Walaupun cara memperbaiki aki kering cukup mudah, namun lebih baik mengantisipasinya biar hal yang sama tak terjadi lagi. Nah untuk mengetahui apa saja yang mengakibatkan aki kering bisa rusak, silahkan simak di bawah ini.



  1. Sering kali aki tekor dikarenakan pemasangan klakson yang tidak sesuai dengan kondisi tenaga yang ada pada baterai. Pasalnya klakson membutuhkan suplai listrik yang besar, terutama klasok yang mempunyai bunyi telolet.

  2. Terjadinya kerusakan pada kiprok yang berakibat aki kering mengalami overcharging maupun sebaliknya. Untuk mengeceknya, masbro bisa menghidupkan mesin antara 4.000 rpm hingga 5.000 rpm untuk mengecek tegangan pengisian masih normal atau tidak. Apabila tegangan pengisian sebesar 14-15 volt, maka kondisi aki kering masih bagus.

  3. Aki tekor juga bisa disebabkan oleh Bore-Up yang mengakibatkan kompresi mesin terlalu tinggi, sehingga membebani elektrik starter dalam menghidupkan mesin. Apabila terus dipaksa, maka baterai bisa menjadi tekor dan usang kelamaan menciptakan aki kering menjadi soak.

  4. Rata-rata penyebab aki kering rusak ialah modifikasi yang dilakukan tanpa melihat tegangan aki yang dimiliki. Salah satunya ialah pemasangan lampu HID yang notabennya membutuhkan suplai listrik besar.

  5. Penyebab selanjutnya ialah stop lamp yang terus menyala walaupun tuas rem tidak di tekan. Hal ini mengakibatkan arus listrik dari aki mengalir terus, sehingga tegangan aki terus berkurang.


Tips Merawat Aki Kering


 Sering kali motor atau kendaraan beroda empat tidak bisa hidup Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total Rusak atau Soak

Cara Merawat Aki Kering


Lebih baik menjaga dari pada harus memperbaiki aki kering yang rusak. Oleh lantaran itulah masbro harus merawat aki kering biar bisa menyuplai listrik dengan baik dan sempurna. Cara yang paling simpel ialah dengan cara memanaskan motor atau kendaraan beroda empat setiap harinya. Paling tidak kita harus memanaskan mesin selama 2-5 menit per hari, sehingga pedoman listrik selalu terjaga.


Tips yang selanjutnya ialah selalu mengusut kondisi kiprok, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Kiprok sendiri merupakan komponen yang paling penting dalam menyuplai listrik ke semua cuilan kendaraan. Kaprikornus apabila rusak, maka pedoman listrik tidak bisa optimal dan mengakibatkan kita tidak bisa menghidupkan mesin. Selain itu, masbro harus mengusut kabel terminal aki dan memastikannya selalu higienis serta terututp rapat.


Aki kering yang rusak juga bisa disebabkan oleh goncangan yang merusak sel-sel yang berada di dalam komponen aki. Kaprikornus kami sarankan untuk menghindari jalanan berlubang atau rusak biar tidak mengakibatkan guncangan berlebih pada kendaraan. Kami sendiri pernah mengalaminya, dan terbukti aki pribadi soak dan ngedrop sehingga mengakibatkan kendaraan beroda empat tidak bisa dihidupkan.Apabila masbro mengalami hal serupa, maka kami sarankan mengikuti cara memperbaiki aki kering yang kami sampaikan di atas.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
 Sering kali motor atau kendaraan beroda empat tidak bisa hidup Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total Rusak atau SoakSyarat Perpanjangan SIM Sering kali motor atau kendaraan beroda empat tidak bisa hidup Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total Rusak atau SoakHarga Motor Gesits
 Sering kali motor atau kendaraan beroda empat tidak bisa hidup Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total Rusak atau SoakCara Mengatasi Mesin Overheat  Sering kali motor atau kendaraan beroda empat tidak bisa hidup Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total Rusak atau SoakMotor Custom Jokowi

Aki memang berperang sangat penting pada kendaraan beroda empat atau motor. Apabila sudah rusak, tentu kita akan kesulitan menghidupan mesin. Nah kami sudah menunjukkan cara memperbaiki aki kering yang paling simpel dan paling ampuh. Namun apabila cara di atas tak berhasil, maka bisa dipastikan sel-sel yang ada di dalam aki kering sudah rusak, jadi mau tak mau harus membeli aki gres biar motor atau kendaraan beroda empat bisa dihidupkan. Nah demikianlah tips otomotif kali ini, semoga gosip cara memperbaiki aki kering di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total Rusak Atau Soak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel