-->

iklan banner

Cara Menghitung 1 Dekade Berapa Tahun? Dan Teladan Soal

Rumusbilangan.com- Kali ini kita akan membahas materi perihal Bagaimana Cara Menghitung 1 Dekade Berapa Tahun? di mulai dari pengertian, cara mengkonversikannya serta teladan – teladan soalnya berikut pembahasannya.

Untuk yuk kita simak!

Kali ini kita akan membahas materi perihal Bagaimana Cara Menghitung  Cara Menghitung 1 Dekade Berapa Tahun? dan Contoh Soal

Pengertian Dekade

Pengertian Dekade atau biasa disebut Dasawarsa yaitu sebuah satuan waktu yang umum digunakan dalam ilmu matematika untuk memilih sebuah jumlah pada tahun. Dekade atau dasawarsa biasa dihubungkan dengan beberapa satuan waktu yang lain misalnyai tahun, windu, abad, semester serta bulan.

Kata dasawarsa berasal dari bahasa sangsekerta dasa (sepuluh) dan warsa (tahun).  Kosakata ini di serapa oleh bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Jawa.

Dekade dalam bahasa inggrisnya yaitu: decade mempunyai arti satuan waktu. Dekade ini sanggup digunakan untuk menyatakan sebuah periode (selang waktu), contohnya:

”sepeda motor ini sudah saya miliki selama kurang lebih 4 dekade”.

Dekade ini juga sanggup digunakan untuk menyatakan sebuah usia, contohnya: “sebuah kendaraan beroda empat mempunyai usia dari perakitan hingga kini sudah sekitar selama 5 dekade”.

Dasawarsa atau dekade yang merupakan sebuah unit waktu yang terdiri dari 10 tahun. Dasawarsa dimulai pada tahun yang berakhiran dengan angka 0, dan berakhir pada tahun yang berakhiran dengan angka 9.

Contoh: dasawarsa 80-an, dimulai dari tahun 1980 sampai 1989.

Pengertian Tahun

Satu tahun atau yang sanggup juga disebut warsa(dalam bahasa sangsekertanya) yaitu sebuah periode orbit Bumi yang bergerak dalam orbitnya mengililingi matahari.

Kemiringan sumbu Bumi pada satu tahun mengalami berlalunya sebuah  ekspresi dominan yang  ditandai dengan perubahan cuca, jam siang dan berdampak pada vegetasi dan kesuburan tanah. Di kawasan beriklim sedang dan sub kutub di seluruh dunia, empat ekspresi dominan umumnya diakui yaitu: ekspresi dominan semi, ekspresi dominan panas, ekspresi dominan gugur dan ekspresi dominan dingin. Di kawasan tropis dan bur  tropis dan sub tropis tidak ada ekspresi dominan yang jelas. Akan tetapi di kawasan tropis musiman, ekspresi dominan hujan dan kemarau tahunan diakui dan dilacak.

Didalam sebuah tahun kalender, asumsi jumlah hari dari periode orbit Bumi dihitung dalam kalender  tertentu. Kalender Gregorion atau modern, menyajikan tahun kalender untuk menjadi baik dari tahun biasa (365 hari) atau tahun kabisat yaitu: 366 hari, menyerupai juga kalender julian. Untuk kalender Gregorian panjang rata-rata tahun kalender (tahun rata-rata) di seluruh siklus lompatan lengkap 400 tahun ialah 365,2425 hari. Standar ISO ISO80000-3, Annex C, mendukung simbol “a” (untuk bahasa Latin annus) untuk mewakili satu tahun baik 365 hari atau 366 hari. Dalam bahasa Inggrisnya yaitu year, singkatannya yaitu: “y” dan “yr” yang umum digunakan.

Kata “tahun” juga digunakan untuk sebuah waktu yang terkait longgar dengan, tetapi tidak identik dengan, tahun kalender atau astronomi, sebagaimana tahun musiman, tahun fiskal, tahun akademik, dll.

Demikian pula, “tahun” sanggup berarti periode orbit planet manapun: misalnya, tahun Mars atau tahun Venus ialah teladan dari waktu yang dibutuhkan planet untuk satu transit orbit lengkap. Istilah ini juga sanggup digunakan dalam bentuk rujukan untuk sebuah periode atau siklus panjang, menyerupai Great Year.

Berikut ini yaitu klasifikasi hasil konversi dari dekade ke tahun:

1 dekade = 10 tahun

2 dekade = 20 tahun

3 dekade = 30 tahun

4 dekade = 40 tahun

5 dekade = 50 tahun

6 dekade = 60 tahun

7 dekade = 70 tahun

8 dekade = 80 tahun

9 dekade = 90 tahun

10 dekade = 100 tahun

Dari klasifikasi hasil konversi di atas, maka sanggup kita ketahui balasan dari sebuah pertanyaan,

1 Dekade Berapa tahun?

Jawabannya yaitu 10 tahun

Rumus Cara Menghitung Jumlah Konversi Dari 1 Dekade Ke tahun

Rumus yang sanggup di gunakan untuk menghitung dari dekade atau dasawarsa ke tahun adalah:

b = b.a dasawarsa/dekade

Keterangan :

  • b adalah untuk ukuran waktu satuan dasawarsa
  • a adalah untuk ukuran waktu satuan tahun

Contoh Soal dan Pembahasannya

Soal 1

1 dekade berapa tahun?

Jawab:

b = b.a

1 = 1.10 = 10 tahun

Soal 2

Pak Bakri seorang guru honorer di SD. Baliau sudah mengabdi terhitung dari sejak dia mulai berkerja hingga kini sudah terhitung sekitar 1,5 dekade. Berapa tahun pak Bakri tersebut mengabdi?

Jawab:

b = b.a

b = 1,5 x 10 = 15

Maka, pak Bakri sudah mengabdi selama 15 tahun

Soal 3

Sepeda Onta ini sudah berusia sekitar 15,5 dekade. Berapa tahun usia sepeda onta tersebut?

Jawab:

b = 15,5

b = 15,5 x 10 = 155

Maka, jumlah usia tersebut yaitu 155 tahun

Demikianlah pembahasan kita menganai Pertanyaan 1 Dekade Berapa Tahun?. Semoga bermanfaat …

Artikel Terkait :


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghitung 1 Dekade Berapa Tahun? Dan Teladan Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel