-->

iklan banner

Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Terong ialah tumbuhan yang buahnya mempunyai variasi bentuk dan warna yang umumnya dijadik Manfaat Terong Bagi Kesehatan
Terong ialah tumbuhan yang buahnya mempunyai variasi bentuk dan warna yang umumnya dijadikan sebagai sayuran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, terong atau terung (Solanum melongena) ialah tumbuhan yang buahnya sanggup dibentuk sebagai sayur atau dimakan mentah. Bentuk buahnya bervariasi antara bundar panjang, bundar telur, atau bundar pendek, warna buah bervariasi antara putih kehijau-hijauan, hijau pucat, atau ungu. Terong ialah kerabat akrab dari leunca dan kentang.


Tanaman terong tumbuh sampai tingginya mencapai 40-150 cm. Daunnya besar dan kasar. Batang terong biasanya berduri. Ia mempunyai bunga berwarna putih sampai ungu.


Selain dimasak dan dijadikan lalapan, tahukah Anda kalau terong mempunyai manfaat lain bagi kesehatan? Terong merupakan sumber fiber, vitamin B1, dan tembaga yang sangat baik. Terong juga merupakan sumber mangan, vitamin B6, niasin, potasium, folat, dan vitamin K yang baik. Ia juga mempunyai fitonutrien, ibarat nasunin dan asam klorogenik.


Beberapa Manfaat Terong Bagi Kesehatan


Berikut ini beberapa manfaat terong bagi kesehatan yang berhasil kami sadur:


Makanan bagi otak


Terong ialah tumbuhan yang buahnya mempunyai variasi bentuk dan warna yang umumnya dijadik Manfaat Terong Bagi Kesehatan
Kandungan nusinin pada kulit terong sangat mempunyai kegunaan untuk menutrisi salah satu organ terpenting dalam badan kita, yaitu otak.

Terong merupakan materi makanan yang baik bagi otak. Kulit terong mengandung nasunin. Nasunin ialah antioksidan dan penangkal radikal bebas yang sanggup melindungi sel membran dari kerusakan.


Antioksidan


Terong mengandung fitonutrisi yang penting sebagai antioksidan. Peneliti di US Agricultural Service in Beltsville, Maryland, mengungkapkan bahwa terong mengandung banyak antioksidan. Terong sanggup melindungi dirinya sendiri dari stress dan serangan kuman juga jamur. Terong juga berguna sebagai penangkal radikal bebas, antikanker, antibakteri, antikolesterol jahat, dan antivirus.


Kesehatan jantung dan penangkal radikal bebas


Penelitian ini dilakukan pada binatang yang mempunyai kolesterol tinggi. Hewan itu lalu diberi jus terong. Secara signifikan, kolesterol yang terdapat pada aorta binatang tersebut berkurang. Pembuluh darah binatang itu pun lalu menjadi lebih rileks dan pemikiran darahnya berangsur normal. Hal aktual ini bukan hanya disebabkan oleh kandungan nasunin, tapi juga oleh beberapa jenis fitonutrien lainnya yang terdapat di dalam terong.


Terong ialah tumbuhan yang buahnya mempunyai variasi bentuk dan warna yang umumnya dijadik Manfaat Terong Bagi Kesehatan
Terong sanggup mengurangi kelebihan zat besi dalam badan sehingga sanggup mengurangi resiko penyakit jantung, kanker maupun stroke kalau dikonsumsi secara rutin.

Nasunin bukan hanya berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, tetapi juga berfungsi untuk mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh. Zat besi bergotong-royong baik bagi perpindahan darah dalam tubuh, namun kelebihan zat besi bukanlah hal yang baik bagi tubuh. Kelebihan zat besi sanggup meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. Baca juga


Hal-hal yang perlu diperhatikan semoga kualitas terong tetap terjamin


Untuk mendapat manfaat utuh dari terong, sebaiknya Anda menentukan dan menyimpan terong ibarat berikut ini:



  1. Pilih terong yang keras dan berat. Kulitnya harus lembut dan bersinar. Pilihlah yang tidak borok, memar, atau yang warnanya pudar. Kondisi yang rusak menciptakan daging terongnya cepat hancur atau busuk.

  2. Pilihlah yang warna kelopaknya hijau cerah.

  3. Hindarilah membeli terong yang sudah diberi lilin. Gunakan ujung kuku dengan lembut untuk mengetahui apakah terong yang akan Anda beli dilapisi lilin atau tidak.

  4. Simpan terong di dalam kulkas dengan suhu 10 derajat Celsius. Jangan memotong terong sebelum disimpan ke kulkas. Terong sanggup mati (layu) dengan cepat sehabis kulitnya terkelupas atau dagingnya terlihat.

  5. Jangan memotong atau mencuci terong yang akan dimasukan ke dalam plastik di dalam kulkas.

  6. Jika Anda membeli terong yang dibalut plastik film, lepaskanlah plastik itu sesegera mungkin semoga terong sanggup bernapas dan mendapat udara segar.


Itulah manfaat terong dan bagaimana cara menentukan dan menyimpan terong dengan baik. Bagaimana pun, sesuatu yang diperlakukan dengan baik, pada balasannya akan berbuah baik pula. Kami juga menyediakan banyak sekali macam benih terong, mulai dari benih terong ungu, hijau sampai putih untuk ditanam dipekarangan rumah Anda silahkan cek disini.


Baca juga cara menanam terong ungu di polybag. Semoga warta ini bermanfaat 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Terong Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel