-->

iklan banner

Cara Stek Tanaman Sirih Gading Dan Perawatannya Yang Mudah

 mengenali cara stek tumbuhan sirih gading ini tidaklah sulit Cara Stek Tanaman Sirih Gading dan Perawatannya yang MudahSebenarnya, mengenali cara stek tumbuhan sirih gading ini tidaklah sulit. Tidak jauh berbeda dengan Cara Stek Pohon Langsat, nantinya ini merupakan salah satu cara yang kerap dipakai untuk memperbanyak dalam ilmu budidaya tanaman. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tumbuhan hias merambat yang gampang dikembangkan dan sangat gampang untuk didapatkan.


Ini juga merupakan salah satu jenis tumbuhan hias yang tidak rewel alias sangat gampang untuk dikembangkan walaupun dalam jumlah yang banyak. Berikut panduan untuk mengetahui cara stek tumbuhan sirih gading, yaitu :


1. Menentukan Lokasi Tumbuh


Walaupun jenis tumbuhan hias yang satu ini cukup unik, gampang dikembangkan dan tidak rewel, tapi tumbuhan ini juga sanggup dikembangkan dan tumbuh baik di kawasan beriklim sedang. Perkembangan dari tumbuhan hias yang satu ini sangat baik di kawasan hutan sub tropis dan hutan tropis.


Tanaman ini sudah berkembang dan tumbuh dengan baik di semua belahan dunia, termasuk di Asia Tenggara dan Australia. Ini juga tumbuhan yang mempunyai banyak nama menyerupai Golden pothos, sirih belanda, maupun devils’s ivy.


Tanaman hias yang satu ini memang dijuluki sebagai pohon setan alias Devils’s ivy alasannya yaitu memang sangta sulit untuk memberantas keberadaannya. Tumbuhan ini juga dengan gampang menginvasi tanah dan bahkan sanggup dijadikan sebagai tumbuhan hias sampai dianggap sebagai tanman keberuntungan.


2. Menentukan Metode Perkembangan Bibit


Dengan akomodasi untuk berkembang, maka flora sirih gading ini sanggup dikembangkan dengan bermacam-macam cara. Seperti Cara Stek Lidah Mertua, flora yang satu ini sanggup dikembangkan dengan cara stek tumbuhan sirih gading di air maupun memakai media tanah.


jadi, salah satu hal terpenting yaitu memilih dimana penanaman stek tumbuhan sirih gading ini nantinya akan ditempatkan. Entah itu memakai mrdia tanah atau air dikala telah dilakukan pembibitan memakai cara stek batang.


3. Menentukan Ciri-Ciri Morfologi Fisik


Agar nantinya metode dan cara stek tumbuhan sirih gading ini sanggup dengan gampang dilakukan, tentunya anda harus mengenali bagaimana bentuk atau ciri-ciri dari tumbuhan ini terlebih dahulu. Tak jauh berbeda dengan Manfaat Media Tanam Hidroponik dengan Sabut Kelapa, kenali bagaimana perkembangannya, habitatnya dan apa yang dibutuhkan untuk tumbuh subur.


Tanaman yang satu ini, sanggup tumbuh setinggi 15-25 meter, dengan cara merayap. Bahkan diameter dari batangnya sendiri sanggup mencapai 4 cm loh. Tanaman sirih gading ini juga mempunyai potongan akar yang gampang melekat pada kulit kayu atau potongan tumbuhan lainnya. Jadi, akan sangat indah kalau dijadikan sebagai tumbuhan hias untuk di pekarangan ataupun didalam ruangan.







4. Pengambilan Batang Indukan


Nah, sesudah memilih lokasi dan bagaimana cara stek tumbuhan sirih gading, maka yang selanjutnya yaitu pengambilan batang indukan menyerupai halnya Cara Stek Daun Bunga Gloxinia. Temukan tumbuhan sirih gading yang sudah berumur, mempunyai diameter batang yang cukup setidaknya 3 cm dan potong memakai gunting atau pisau yang tajam.


Kemudian potongan pangkal celupkan memakai zat perangsang akar. Setelah itu masukkan ke media tanam yang sudah dipilih sebelumnya. Ingat, anda sanggup memakai media air untuk menumbuhkan bibit dari stek tumbuhan sirih gading ini. Jika ditanam di dalam aquarium maka tumbuhan ini sanggup menjadi penyaring nitrat dan kotoran yang menciptakan spesies di sana teracuni.


5. Pemeliharaan


Setelah bibit tersebut sudah menumbuhkan akar dan tandanya sudah tumbuh tunas baru, maka sudah sanggup ditanam di tempat yang lebih besar atau eksklusif di tanah. Berikut hal yang penting dalam langkah ini:



  • pastikan tidak mendapat air yang terlalu banyak kalau ditanam di media tanah.

  • Usahakan untuk menjaga kelembaban dengan mengatur seberapa banyak air yang dibutuhkan setiap harinya.

  • Selalu buang air yang dipakai dalam wadah setidaknya sekali dalam 2 hari kalau pembibitan memakai air.


Nah demikianlah cara stek tumbuhan sirih gading, agar bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Stek Tanaman Sirih Gading Dan Perawatannya Yang Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel