-->

iklan banner

Jenis Tanah Yang Cocok Untuk Flora Coklat Dan Perawatannya

Jenis tanah yang cocok untuk tumbuhan coklat menjadi topik lanjutan yang akan kita bahas. Tanaman coklat atau yang dikenal sebagai tumbuhan kakao merupakan jenis tumbuhan penghasil cokelat. Kakao juga merupakan jenis tumbuhan perkebunan yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.


Hal ini disebabkan lantaran tumbuhan cokelat atau kakao ini mempunyai harga jual yang ekonomis, termasuk komoditas yang bernilai tinggi serta usul baik di dalam dan luar negeri selalu tinggi sebagaimana pada Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.


Pusat perkebunan cokelat tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia terutama wilayah Sumatera. Tentunya dalam menanam tumbuhan cokelat hal yang harus diperhatikan yaitu kecocokan lokasi atau jenis tanah terhadap tanaman. Sebab jikalau tumbuhan cokelat ditanam pada tanah yang tidak cocok maka akan besar lengan berkuasa kepada produktivitas hasil.


Pada dasarnya tumbuhan cokelat sanggup ditanam di hampir semua jenis tanah. Nah, sebagai informasi embel-embel berikut ini merupakan  Jenis tanah yang cocok untuk tumbuhan coklat – Karakteristiknya.


Tanah Laterit


Dikenal sebagai  tanah laterit yang mengandung banyak mineral besi dan alumuniun.  Memiliki manfaat yang amat besar dalam kehidupan manusia. Mulai dari manfaat di bidang pertanian dan juga keuntungannya dalam mendukung acara manusia.


Tanah merah sanggup dengan gampang dikenali dari warna tanahnya yang mempunyai warna mencolok yakni warna kuning kemerah kemerahan mirip pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag. Hal ini disebabkan lantaran kandungan unsur mineral berupa besi yang diakibatkan oleh oksidasi besi  yang relatif tinggi sehingga menjadikan warna tanahnya ibarat karat besi.


Persebaran tanah merah hampir merata pada wilayah Indonesia. Tanah metah sendiri mempunyai pH antara 6-7 sehingga merupakan jenis tanah yang ideal untuk di tumbuhan kakao. Namun tentunya tetap harus memperhatikan asupan unsur hara yang harus tersedia untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan cokelat.


Sebab intinya tanah merah relatif mempunyai sedikit kandungan unsur hara. Sehingga biar unsur hara tetap tersedia untuk menyokong pertumbuhan tumbuhan cokelat maka harus diberikan dengan cara pemupukan yang intensif.


Tanah Andosol


Jenis tanah ini merupakan tanah yang paling subur lantaran mempunyai banyak kandungan unsur hara dan juga mineral yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan dalam budidaya tanaman.


Tanah andosol merupakan tanah yang terbentuk dari sisa sisa acara vulkanis dari ledakan gunung berapi sebagaimana pada Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.


Tanah yang dikeluarkan dari kawah gunung berapi yang meletus memang berbahaya Karen bersifat panas dan mematikan tumbuhan pada ketika pertama kali dikeluarkan. Namun sesudah 2-3 tahun tanah ini akan berkembang menjadi tanah andosol yang kaya akan unsur hara dan sangat subur.


Oleh lantaran itu, maka menanam kakao pada jenis tanah andosol merupakan langkah paling tepat lantaran kandungan unsur hara yang terkandung dalam tanah akan sanggup memenuhi kebutuhan tumbuhan cokelat.


Sehingga hasil panen dan produktifitasnya sanggup sesuai dengan apa yang diharapkan. Sebagai jenis tumbuhan tahunan, tumbuhan cokelat tentu membutuhkan asupan unsur hara yang banyak oleh lantaran itu faktor terpenting dalam menentukan jenis tanah yang tepat yaitu memperhatikan tingkat kesuburan tanahnya sehingga tumbuhan cokelat akan tumbuh optimal sebagaimana jenis tumbuhan yang cocok di tanah merah.







Tanah Latosol


Merupakan jenis tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan metamorf dan sendimen. Tanah latosol mempunyai perkembangan horizon yang relative lambat sampai sedang hal ini disebabkan lantaran persebaran tanah latosol yang terletak di tempat lembah.


Secara visual tanah latosol mempunyai warna merah sampai cokelat dengan pH berkisar antara 4,5-6,5. Kandungan unsur hara didalamnya juga berubah ubah mengikuti perkembangan horizon tanah.


Namun tanah andosol merupakan jenis tanah yang bisa menyerap air dengan baik sehingga bisa menahan erosi. Selain cocok ditanami cokelat, tanah latosol juga manis untuk tumbuhan tebu, pala, tembakau dan vanili, jenis tanah ini tersebar di pulau Sumatra, Jawa, Bali dan Sulawesi.


Tanah Regosol


Tanah regososl merupakan tanah yang terbentuk dari sisa sisa acara letusan gunung merapi namun belum mengalami perkembangan yang sempurna. Tanah regosol merupakan salah satu dari sub jenis tanah entisol.


Dimana tanah ini berasak dari pelapukan dari material sisa acara gunung berapi mirip debu, pasir, lahar dan lapili. Tanah ini mempunyai tekstur yang kasus dengan pH antara 6-7.


Kandungan unsur hara yang mendominasi tanah regosol yaitu unsur hara P dan K serta mengandung sedikit unsur  N. tanah regosol cenderung merupakan jenis tanah yang sulit menampung air sehingga akan cenderung terlihat tanah bersifat kering, sehingga selain cocok untuk di tanami tumbuhan coklat, jenis tumbuhan yang cocok lainnya yaitu palawija dan jenis tumbuhan buah yang cenderung tidak memerlukan banyak air.


Persebaran tanah regosol terdapat pada tempat yang mempunyai banyak gunung berapi mirip di pukau Sumatra, dan Nusa Tenggara.


Nah, itulah dari uraian singkat mengenai  Jenis tanah yang cocok untuk tumbuhan coklat – Karakteristiknya. Semoga sanggup menjadi rujukan pola bagi anda serta semoga artikel ini sanggup dipahami dan bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Tanah Yang Cocok Untuk Flora Coklat Dan Perawatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel