-->

iklan banner

Kita Hidup Di Atas Bumi Yang Bergerak Jutaan Km Per Jam

Halo teman Wongunik, kembali lagi bersama aku dengan topik yang tak kalah serunya mengenai hal yang menarik di alam semesta ini sekaligus juga mengundang rasa ingin tau kita.


Rhett Herman, seorang profesor fisika asal Virginia di Universitas Radford, di buku yang berjudul “Ask the Experts: Astronomy” memperlihatkan klarifikasi mengenai pertanyaan perihal seberapa cepat bumi bergerak.


Adapun rangkuman dari klarifikasi tersebut kira-kira sebagai berikut. Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang-orang mengenai “seberapa cepat bumi bergerak” tidak lengkap. Lalu ia melengkapi pertanyaan tersebut; “Dibandingkan dengan apa?” Jika tidak ada teladan tertentu, kita tidak sanggup dengan gamblang menjawab pertanyaan terkait seberapa cepat bumi bergerak.


Pergerakan Permukaan Bumi Berputar pada Porosnya


Satu putaran penuh Bumi terjadi dalam setiap 23 jam 56 menit dan 4,09053 detik. Satu putaran ini disebut sebagai periode sidereal, dan keliling bumi kira-kira sepanjang 40.075 kilometer. Dengan demikian, kecepatan pergerakan permukaan bumi di lintang khatulistiwa yaitu 460 meter per detik atau sekitar 1.609 kilometer per jam.


Bumi Bergerak Mengelilingi Matahari


 kembali lagi bersama aku dengan topik yang tak kalah serunya mengenai hal yang menarik d Kita Hidup di Atas Bumi yang Bergerak Jutaan Km Per Jam
Sumber gambar: Faculty.wcas.northwestern.edu

Di sekolah, teman Wongunik mungkin sudah pernah juga berguru bahwa bumi bergerak mengelilingi matahari dengan orbit yang sangat melingkar (orbit yang melingkar yaitu “salah satu syarat” untuk suatu benda langit disebut sebagai planet). Keseluruhan rute orbit tersebut berkecepatan hampir 30 kilometer per detik, atau kira-kira 108.000 kilometer per jam.


Bumi Mengikuti Matahari Mengitari Pusat Bima Sakti


 kembali lagi bersama aku dengan topik yang tak kalah serunya mengenai hal yang menarik d Kita Hidup di Atas Bumi yang Bergerak Jutaan Km Per Jam
Sumber gambar: Astronomy.stackexchange.com — Orbit Tata Surya di galaksi Bima Sakti

Bumi kita terletak di Tata Surya yang berpusat pada bintang yang berjulukan Matahari. Selain itu, Tata Surya surya kita mengelilingi sebuah Black Hole (lubang hitam) berjulukan Sagittarius A* yang merupakan sentra galaksi Bima Sakti atau disebut juga Milky Way galaxy. Adapun kecepatan Tata Surya kita dalam mengelilingi Sagittarius A* yaitu sekitar 220 kilometer per detik, atau 792.000 kilometer per jam.


Galaksi Bima Sakti Bergerak Menuju “The Great Attractor”


 kembali lagi bersama aku dengan topik yang tak kalah serunya mengenai hal yang menarik d Kita Hidup di Atas Bumi yang Bergerak Jutaan Km Per Jam
Sumber gambar: Flaunt.com — The Great Attractor

Semakin besar skala ukuran teladan yang memicu pergerakan benda-benda langit, semakin cepat juga pergerakannya. Hal tersebut sanggup terbukti bahwa galaksi-galaksi yang ada di alam semesta juga bergerak dengan sangat cepat menerobos alam semesta. Sementara galaksi kita (Bima Sakti) bergerak dengan kecepatan 1.080.000 kilometer per jam menuju sebuah struktur yang disebut dengan Great Attractor (Penarik Besar)


Struktur besar ini berjarak sekitar 150 juta tahun cahaya dari galaksi kita. Dimana satu tahun cahaya yaitu sekitar 9,6 triliun kilometer jauhnya dari kita. Penarik Besar ini mempunyai massa 100.000.000.000.000.000 (atau 100 kuadriliun) kali lebih besar dari matahari kita dengan diameter 300 juta tahun cahaya. Struktur Penarik Besar ini terbuat dari bahan gelap (dark matter) yang tidak sanggup kita lihat.


Jadi, Seberapa Cepat Bumi Bergerak Menerobos Alam Semesta?


Dari beberapa klarifikasi di atas, maka pertanyaan yang relevan mengenai pergerakan benda-benda langit adalah; Apakah ada referensi skematik universal yang sanggup kita definisikan sebagai gerakan semua benda? Jawabannya telah disediakan oleh satelit COBE (Cosmic Background Explorer).


 kembali lagi bersama aku dengan topik yang tak kalah serunya mengenai hal yang menarik d Kita Hidup di Atas Bumi yang Bergerak Jutaan Km Per Jam
Sumber gambar: Amazingspace.org — Satelit COBE (Cosmic Background Explorer)

Pada tahun 1989, satelit COBE diluncurkan ke orbit Bumi. Bumi menjadi objek teladan untuk mengukur gema radiasi yang semenjak usang dileburkan dari kelahiran alam semesta. Radiasi tersebut merupakan sisa bola api primordial yang sangat panas dan padat dan merupakan awal dari alam semesta, atau dikenal sebagai radiasi latar belakang gelombang kosmik atau Cosmic Background Radiation (CBR). CBR dikala ini mencakup semua ruang. Hal ini sepadan dengan istilah untuk seluruh alam semesta yang disebut dengan “glowing with heat” (bersinar dengan panas).


Salah satu inovasi COBE yaitu bahwa pergerakan bumi ada kaitannya dengan CBR. Dimana bumi bergerak dengan kecepatan dan arah yang jelas. Karena CBR merembes ke semua ruang, karenanya kita sanggup menjawab pertanyaan mengenai “seberapa cepat bumi bergerak menerobos alam semesta” dengan memakai CBR sebagai kerangka acuan. Berdasarkan patokan CBR, bumi berkerak dengan kecepatan 390 kilometer per detik atau 1.404.000 kilometer per jam.


 kembali lagi bersama aku dengan topik yang tak kalah serunya mengenai hal yang menarik d Kita Hidup di Atas Bumi yang Bergerak Jutaan Km Per Jam
Sumber gambar: Youtube.com – CBR via channel crysknife007

Berdasarkan arah CPR, bumi bergerak mengarah ke konstelasi Leo dengan kecepatan 1.404.000 kilometer per jam. Sementara pertanyaan selanjutnya yang terpikir di benak kita adalah; bagaimana mungkin kita sanggup bangkit tegak di aatas permukaan Bumi dengan kecepatan jutaan kilometer bumi tanpa goyah sedikitpun.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kita Hidup Di Atas Bumi Yang Bergerak Jutaan Km Per Jam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel